Memulai Viral Marketing

Memulai Viral Marketing

Hai selamat pagi dan selamat datang di Toffee #sharingmonday. Hari ini 15 Oktober 2018, saya Dwi Nurul selaku marketing communication di Toffeedev, akan memberikan seputar update atau info terkait dunia internet. Dan untuk hari ini saya akan membagikan update apa sih yang disebut strategi viral marketing atau strategi pemasaran viral.

Apa itu Pengertian Viral Marketing?

Sebetulnya di antara kalian mungkin beberapa sudah sadar apa sih pengertian viral marketing? Kalau kita artikan secara general, viral itu kan yang sedang up gitu ya, ramai dibicarakan orang. Dan marketing adalah cara pemasarannya. Jadi kalau digabung, viral marketing adalah salah satu teknik pemasaran atau konten marketing yang secara tidak langsung itu sedang ramai dibicarakan orang. Dan kontennya bisa bermacam-macam bisa foto, video, artikel, seperti itu.

Mungkin, belakangan yang ramai dibicarakan adalah video viral marketing. Pertama, itu paling gampang untuk disebar atau dibagikan karena mudah menarik perhatian pengguna internet dan calon konsumen. Selain itu kita juga bisa menikmati audio visualnya. Kita bisa melihat konten marketingnya dari bentuk video. Jadi messagenya lebih mudah menjangkau audiens bisnis, seperti itu.

Sebetulnya kalau misalkan kita berbicara tentang strategi viral marketing, tanpa kita sadari secara natural kita membagikan konten yang sedang viral itu ke media sosial kita. Kenapa? Karena tujuan mereka adalah meningkatkan brand awareness. Walaupun kamu bukan.target konten marketing mereka, kamu akan teringat langsung ke brandnya. Tujuan brand tersebut seperti itu. Jadi jangan heran kalau kamu membagikan konten yang sebenarnya kamu brandnya aja nggak pakai gitu. Karena memang tujuan mereka seperti itu.

Jasa SEO

Kelebihan Viral Marketing

Ada beberapa kelebihan viral marketing, karena untuk membuat sebuah konten yang viral atau viral marketing, sebetulnya nggak sembarangan asal viral saja. Konsepnya pun sudah dipikirkan matang-matang oleh brand ini. Ada 3 kelebihan utama yang saya rangkum dari viral marketing:

1. Less Cost

Keuntungan pertama dari strategi marketing ini adalah less cost. Ini sudah pasti karena orang-orang secara natural membagikan konten marketing ke media sosial mereka. Jadi, si brand ini nggak perlu ribet ngeshare ke sana kemari. Mungkin pertama kali dia buat di akun YouTube mereka. Tapi setelah itu orang dengan natural membagikan konten tersebut ke media sosial mereka, udah pasti less cost.

Baca Juga: 5 Strategi Pemasaran Online yang Relevan Saat ini

2. Brand Awareness

Yang kedua, dengan strategi marketing ini, brand awareness secara tidak langsung akan sangat meningkat. Meskipun mungkin sales tidak mencapai target. Tapi brand awareness bisnis tersebut semakin meningkat seiring tersebarnya konten marketing yang viral ini.

3. Membantu Aktivitas Marketing yang Lain

Dan untuk kelebihan yang ketiga, dengan adanya viral marketing ini, tidak mengganggu aktivitas marketing yang sedang kamu lakukan.

Misalkan, kamu sedang menjalankan SEO, sedang menjalankan Google ads, si viral marketing ini tidak mengganggu aktivitas ini. Malah membantu meningkatkan brand awareness seperti keuntungan yang kedua tadi yang sudah saya sebutkan. Jadi dari tiga ini saja sebetulnya viral marketing sedang digandrungi berbagai produk atau brand di Indonesia maupun dunia.

Contoh Viral Marketing

Untuk lebih mengenal lagi apa itu viral marketing, mungkin ada beberapa contoh konten viral yang bisa saya sebutkan. Pertama salah satu marketplace yang brandnya warnanya ungu, mungkin kamu sudah tahu itu apa. Dia pernah membuat satu video di YouTube itu tentang salah satu fitur terbarunya yaitu bisa negosiasi langsung dengan penjual di dalam marketplacenya. Gitu. Di video itu diperankan oleh seorang wanita paruh baya yang menyanyikan lagu itu dengan aksen yang mudah diingat. Nah, itu kan secara tidak langsung meski kamu belinya di marketplace yang berwarna hijau, tapi ketika kamu melihat iklan ini, karena iklannya menghibur dan gampang diingat, kamu membagikan secara langsung ke media sosial kamu. Itu secara tidak langsung kamu sudah membantu dia untuk meningkatkan brandnya mereka.

Dan untuk contoh yang lain lagi sebenarnya banyak dan ada lagi satu merek air mineral, dia membuat hashtag yang banyak berkeliaran di Twitter maupun Facebook. Dia mengeluarkan video yang diperankan oleh Dian Sastro dan berbarengan dengan munculnya film AADC 2. Itu benar-benar viral dan menshare video tersebut ke sosial media mereka. Secara tidak langsung kamu sudah memasarkan brand itu. Gitu. Mungkin itu sedikit gambaran apa itu viral marketing dan kelebihannya. Jadi kalau kamu seorang marketer dan mau membuat cara yang lagi hits ini boleh banget, apalagi kita lihat less cost banget ya jadi boleh mengikuti tren yang lagi viral ini.

Oke sekian dari saya jangan lupa terus saksikan Toffeedev #sharingmonday setiap Senin jam 09.30 hanya di pagenya Toffeedev. Sampai jumpa!

Share this on :

Follow Us