Pemasaran Tidak Langsung dan Manfaatnya Bagi Bisnis

pemasaran tidak langsung

Apa yang telah Anda ketahui soal pemasaran tidak langsung atau indirect marketing? Atau bagaimana manfaat yang akan diperoleh ketika menggunakannya untuk mengembangkan bisnis? Pada umumnya, pemasaran tidak langsung adalah cara pemasaran yang tidak hanya berfokus pada proses penjualan produk atau jasa suatu bisnis, melainkan juga ingin mendapatkan kepercayaan dari pelanggan.

Lalu manfaatnya apa saat menerapkan strategi  indirect marketing ini pada bisnis Anda? Atau bahkan contoh-contoh dari penerapan indirect marketing atau strategi pemasaran tidak langsung ini seperti apa? Untuk mendapatkan jawaban yang lebih jelas dan lengkapnya, pastikan Anda untuk tetap berada pada artikel milik ToffeDev kali ini, ya. Sebab, semuanya sudah berhasil dirangkum sedemikian rupa. Simak yuk!

Apa Pengertian Pemasaran Tidak Langsung atau Indirect Marketing?

Pemasaran tidak langsung merupakan sebuah metode penjualan yang dilakukan dengan menggunakan saluran dan media secara tidak langsung kepada pembeli atau konsumen. Strategi pemasaran ini lebih berfokus kepada memanfaatkan pihak perantara yang sengaja ditujukan untuk menyentuh pikiran dan perasaan konsumen agar mendapatkan kepercayaan lebih seperti melalui bentuk iklan, public relation, website, blog, dan media iklan-iklan lainnya.

Banner Ads - General 2

4 Manfaat Pemasaran Tidak Langsung Bagi Bisnis

Berikut ini manfaat pemasaran tidak langsung bagi bisnis yang akan Anda dapatkan jika dilakukan secara tepat.

1. Lebih Dikenal Publik Secara Luas

Dikarenakan strategi pemasaran tidak langsung nantinya akan memanfaatkan beberapa media online. Maka dengan demikian, Anda bisa memasarkan produk atau jasa tidak hanya pada skala lingkup kecil. Melainkan, kegiatan pemasaran dapat dilakukan secara lebih luas karena banyak orang dapat mengaksesnya dengan mudah.

Sehingga, hal ini sangat memungkinkan produk atau jasa dari usaha Anda pun akhirnya memiliki pelanggan dalam jumlah yang banyak dari beberapa kota lainnya yang ada di Indonesia. Tidak menutup kemungkinan dapat dikenal hingga luar negeri.

Baca Juga: Ini 6 Manfaat Kalender Konten Untuk Pemasaran Media Sosial

2. Memiliki Pelanggan Loyal

Pembuatan konten menarik seperti testimoni dari pembelian para konsumen dan membagikannya melalui media yang telah Anda pilih akan bisa membantu dalam memasarkan bisnis secara tidak langsung. Hal ini memudahkan Anda untuk mendapatkan kepercayaan dari konsumen dan mereka akhirnya bersedia melakukan pembelian secara berulang.

Hal tersebut juga merupakan hasil dari usaha Anda karena telah menjaga kualitas produk atau jasa dari bisnis yang sedang dijalankan. Sebab, ketika kepercayaan telah terbentuk maka tidak mungkin bagi Anda untuk tidak mendapatkan pelanggan yang loyal.

Banner Ads - Ebook 2

3. Mudah Mendapatkan Pelanggan dengan Strategi yang Tepat

Nah, ketika menggunakan strategi pemasaran tidak langsung. Maka ada beberapa hal yang memang harus Anda lakukan yakni melihat situasi dan kondisi yang tercipta di lapangan seperti apa atau kemampuan riset yang baik. 

Sehingga, Anda bisa menyesuaikan strategi yang pas untuk digunakan. Mengingat, pemasaran tidak langsung yang sifatnya tidak berjumpa secara face to face atau langsung kepada konsumen. Oleh karena itu, Anda dituntut untuk memiliki pemikiran yang cukup kreatif dalam menciptakan ide-ide segar yang mampu menarik konsumen untuk membeli produk atau jasa yang ditawarkan.

Baca Juga: 11 Teknik Pemasaran dengan Media Sosial

4. Membantu Penjualan Pengusaha Pemula

Ketika ingin memulai untuk menjalankan sebuah bisnis atau usaha, strategi pemasaran tidak langsung ini sangat bisa menjadi pilihan yang tepat untuk digunakan. Sebab, dengan menggunakan media sosial sebagai langkah awal untuk memperkenalkan jenis bisnis Anda kepada khalayak, banyak kemudahan-kemudahan yang Anda dapat. 

Seperti modal yang bisa diminimalisir untuk melakukan promosi karena hanya membutuhkan akun sosial media, namun hebatnya dapat menjangkau banyak khalayak. Sehingga tidak heran, jika banyak suatu usaha dan bisnis mengawalinya dengan berjualan melalui online. 

Setelah usaha tersebut ramai dengan pelanggan dan berhasil dikenal juga oleh banyak orang, barulah mereka tidak ragu mencoba untuk membuka toko secara offline.

3 Contoh Penerapan Pemasaran Tidak Langsung

Berikut ini sederet contoh penerapan pemasaran tidak langsung yang dapat Anda coba lakukan untuk menjalankan dan mengembangkan usaha.

1. Social Media Marketing

Strategi pemasaran lewat media sosial sangat mampu menjadi salah satu bentuk pemasaran tidak langsung yang paling efektif dalam mengembangkan bisnis Anda. Sebab, dengan menggunakan jenis pemasaran ini akan membantu Anda tidak mengeluarkan biaya sedikit pun. Namun, hebatnya tetap sanggup menjangkau berbagai konsumen.

Maka usahakan untuk selalu membuat konten media sosial yang bermanfaat dan layak bagi target konsumen. Karena dengan demikian, nantinya Anda juga berkesempatan dalam menambah nilai (brand value) dari usaha atau bisnis yang sedang Anda jalankan. 

Baca Juga: Pentingnya Manajemen Waktu bagi Seorang Entrepreneur

2. Influencer Marketing

Influencer marketing merupakan salah satu jenis kemitraan yang ada pada social media marketing. Penerapan dari pemasaran menggunakan strategi ini akan mempromosikan produk atau bisnis melalui kegiatan endorsement dari seorang influencer. Contohnya antara lain, publik figur, atlet olahraga, pemimpin wilayah, atau influencer mikro. 

Banner Ads - Lead Gen 2

3. SEO

Search Engine Optimization (SEO) merupakan aktivitas yang sengaja dilakukan untuk menempatkan situs website bisnis milik Anda pada posisi teratas dalam daftar hasil pencarian. Melalui penggunaan SEO, nantinya situs online bisnis bisa memiliki kesempatan untuk tampil sebagai hasil yang paling relevan dan bahkan menjadi peringkat tertinggi saat calon konsumen mencoba untuk menelusuri layanan Anda.

Nah, demikian penjelasan seputar pemasaran tidak langsung, manfaatnya bagi bisnis, hingga beberapa contoh penerapan dari strategi pemasaran tidak langsung yang dapat menjadi pedoman Anda dalam menjalankan dan mengembangkan bisnis. Semoga artikel dari ToffeeDev kali ini dapat bermanfaat bagi Anda.

Dalam menjalankan bisnis pada kenyataannya tidaklah melalui proses yang mudah, melainkan terdapat banyak tahapan dan cara yang perlu dipertimbangkan hingga dilakukan. Terlebih lagi di era saat ini yang sudah mengharuskan kita untuk beralih ke online dengan turut mengandalkan kehadiran teknologi. Maka dari itu, langkah untuk mengembangkan bisnis milik Anda juga ikut berubah. Seperti melakukan pembuatan homepage website, iklan di sosial media dan sebagainya agar mampu mendatangkan banyak pelanggan.

Tenang, tidak perlu khawatir sebab Anda sangat bisa mengandalkan semuanya kepada ToffeeDev. Siap membantu mengembangkan bisnis dengan berbagai layanan yang kami tawarkan. Mulai dari pembuatan website, layanan SEO, hingga digital ads dan sebagainya. Untuk mendapatkan informasi lebih lengkapnya, jangan ragu untuk hubungi tim ToffeeDev sekarang juga ya!

Share this post :

Scroll to Top
WhatsApp chat