6 Plugin Ongkos Kirim untuk Toko Online Terbaik

Plugin ongkos kirim

Ongkos kirim adalah biaya yang dibutuhkan untuk mengirimkan produk dari penjual ke alamat tujuan konsumen. Hal ini menjadi salah satu pertimbangan penting bagi pelanggan ketika melakukan pembelian secara online. 

Perusahaan pemilik website yang menjual produk harus memanfaatkan plugin ongkos kirim. Plugin ini akan memungkinkan pengunjung website Anda, baik calon pelanggan maupun pelanggan setia, untuk mengecek berapa biaya yang harus dikeluarkan untuk mengirimkan produk ke alamat tujuan.

Namun, sebelum penjelasan lebih lanjut apakah Anda sudah mengetahui apa itu plugin ongkos kirim secara rinci? ToffeeDev akan menjelaskannya secara lengkap berikut ini.

Apa Itu Plugin Ongkos Kirim?

Apa Itu Plugin Ongkos Kirim?

Salah satu hal penting yang perlu diperhatikan saat membuat toko online adalah penggunaan plugin yang sesuai dengan kebutuhan. Plugin adalah sebuah software yang akan menambahkan fitur tertentu pada sebuah program tanpa perlu mengubah program tersebut. 

Plugin dapat membantu meningkatkan performa dan tampilan toko online Anda sehingga akan lebih mudah bagi calon pelanggan untuk menemukan dan membeli produk yang diinginkan. Salah satu plugin yang sering digunakan oleh toko online adalah plugin ongkos kirim, yang memungkinkan pengunjung website untuk mengetahui biaya pengiriman ke alamat yang dituju.

Jika Anda menggunakan platform WordPress untuk membuat website bisnis, maka Anda dapat dengan mudah menambahkan fitur pengecekan ongkos kirim dengan menggunakan plugin ongkos kirim. Terdapat berbagai macam plugin ongkos kirim yang bisa Anda gunakan, baik yang gratis maupun yang berbayar. 

Anda dapat memilih plugin yang sesuai dengan kebutuhan dan anggaran. Setelah menginstal plugin tersebut, Anda bisa mengatur biaya pengiriman sesuai dengan kebijakan bisnis masing-masing.

Baca Juga: Mengetahui 12 Cara Mempertahankan Pelanggan

6 Plugin Ongkos Kirim untuk Toko Online Terbaik

6 Plugin Ongkos Kirim untuk Toko Online Terbaik

Untuk mendapatkan plugin ongkos kirim terbaik dan bahkan gratis, berikut adalah beberapa rekomendasi yang dapat Anda pertimbangkan:

1. RajaOngkir

RajaOngkir adalah sebuah perusahaan yang menyediakan layanan otomatisasi ongkos kirim untuk toko online dan aplikasi e-commerce. Perusahaan ini menyediakan plugin ongkos kirim yang dapat diintegrasikan dengan platform WordPress, sehingga Anda dapat dengan mudah menambahkan fitur pengecekan ongkos kirim pada website toko online. 

Plugin ongkos kirim RajaOngkir menyediakan berbagai macam opsi pengiriman, mulai dari jasa ekspedisi nasional hingga internasional. Selain itu, plugin ini juga dapat diintegrasikan dengan berbagai macam metode pembayaran, sehingga akan memudahkan pelanggan dalam melakukan pembayaran produk yang dibeli.

Baca Juga: 5 Plugin Security untuk WordPress

2.Plugin Ongkos Kirim Tonjoo Studio

Tonjoo Studio menawarkan plugin WordPress bernama Plugin Ongkos Kirim. Plugin ini awalnya menggunakan dokumentasi API dari RajaOngkir, namun kini sudah mengembangkan dokumentasi API-nya secara mandiri. Plugin Ongkos Kirim dari Tonjoo Studio ini tersedia dalam empat paket, yaitu Basic, Personal, Multi, dan Developer. 

Anda bisa mendapatkan Paket Basic secara gratis, yang sudah mencakup fitur free API ongkir sampai tingkat kecamatan, berbagai pilihan kurir, akses support forum, dan masa aktif 14 hari. Jika ingin memperpanjang masa aktif, Anda bisa meningkatkan paket menjadi Personal, Multi, atau Developer dengan mengeluarkan biaya mulai dari 280 ribu rupiah per tahun. 

Plugin Ongkos Kirim juga menawarkan fitur penting seperti shipping report dan kupon diskon untuk toko online Anda.

banner

3. WooCommerce JNE Shipping

WooCommerce JNE Shipping adalah sebuah plugin WordPress yang dapat menambahkan fitur pengecekan ongkos kirim dari JNE ke website toko online yang menggunakan platform WooCommerce. 

Plugin ini dapat membantu Anda menampilkan estimasi biaya pengiriman dari JNE ke berbagai daerah tujuan sehingga pelanggan dapat mengetahui ongkos kirim yang dibutuhkan saat melakukan pembelian. Selain itu, plugin ini juga menyediakan fitur untuk mengatur biaya pengiriman, seperti menambah biaya pengiriman ke daerah tertentu atau menambah biaya pengiriman untuk produk tertentu. 

4. Woongkir

Woongkir adalah sebuah plugin ongkos kirim gratis yang dapat membantu toko online dalam menyediakan fitur pengecekan ongkos kirim. Plugin ini menggunakan dokumentasi API dari RajaOngkir dan menawarkan berbagai pilihan kurir, seperti POS Indonesia, TIKI, JNE, dan lainnya. 

Baca Juga: Retensi Pelanggan: Pengertian serta Tips Meningkatkannya

5. IndoOngkir

IndoOngkir adalah salah satu plugin ongkos kirim terbaik yang selanjutnya. Sayangnya, plugin ini tidak tersedia dalam versi gratis. Jika ingin menggunakannya, Anda perlu berlangganan dengan harga Rp297.000 per-tahun dan akan mendapatkan paket Basic. Paket ini hanya memungkinkan Anda untuk memasang plugin pada satu website saja.

Selain paket Basic, IndoOngkir juga tersedia dalam dua paket lainnya yaitu Extend dan Pro. Kedua paket ini memungkinkan Anda untuk memasang plugin pada lima hingga sepuluh situs web. Meskipun perbedaan antara ketiga paket ini mungkin hanya terletak pada jumlah website yang dapat dipasang, namun semua paket ini menyediakan fitur yang relatif sama.

6. Biteship

Plugin ini merupakan salah satu plugin ongkos kirim terbaru yang dihasilkan oleh platform WordPress. Walaupun masih baru, plugin ini sudah memiliki fitur yang sangat lengkap. Seluruh akses terhadap fitur-fitur yang tersedia dalam Biteship juga dapat Anda akses secara gratis.

Biteship memiliki widget yang terhubung langsung ke situs web bisnis Anda dan fitur cek ongkir. Selain itu, plugin ini juga sudah terintegrasi dengan banyak perusahaan jasa kurir dan ekspedisi di Indonesia.

Untuk plugin ongkos kirim gratis, Biteship adalah rekomendasi terbaik bagi Anda yang masih baru dalam dunia jual beli di internet. Selain bisa menghemat biaya pemasangan plugin, Biteship juga memiliki banyak fitur menarik yang pastinya sangat bermanfaat bagi situs toko online Anda.

Demikian beberapa pembahasan mengenai plugin ongkos kirim untuk toko online terbaik. Untuk menghasilkan plugin ongkos kirim untuk toko online yang efektif dan terukur, sebaiknya serahkan pembuatannya kepada penyedia jasa web developer berpengalaman seperti ToffeeDev.

Tim ToffeeDev akan membuat website toko online yang disesuaikan dengan kebutuhan dan kemauan bisnis Anda. Jangan tunggu lama, segera kunjungi ToffeeDev untuk terhubung dengan tim kami!

Share this post :

Scroll to Top
WhatsApp chat