18 Rekomendasi Social Listening Tools yang Cocok Untuk Bisnis Anda

Social listening tools sudah menjadi salah satu hal yang menjadi perhatian Anda di era media sosial ini. Dengan media sosial, pelanggan dapat langsung menyebarkan pujian atau membuat komplain yang bisa membuat Anda terlihat tidak kompeten. Akan sangat membantu untuk mengetahui apa yang dikatakan orang lain tentang bisnis Anda di media sosial. Sehingga Anda dapat bereaksi dengan tepat, mengendalikan situasi jika diperlukan. 

Tidak peduli jika bisnis yang Anda jalankan dalam skala kecil ataupun besar, media sosial akan menjadi kewajiban yang harus dipenuhi. Bahkan korporasi yang besar juga harus memperhatikan mengenai apa yang dikatakan pelanggan di media sosial. Platform media sosial ini akan membantu Anda terhubung dengan pelanggan, meningkatkan kesadaran tentang merek, dan meningkatkan prospek dan penjualan Anda. Dengan lebih dari tiga miliar orang di seluruh dunia menggunakan media sosial setiap harinya, maka akan menjadi kerugian besar jika tidak memberikan fokus pada hal ini.

Satu platform media sosial tidak akan cukup untuk menunjukan kehadiran Anda kepada para pelanggan. Umumnya, Anda akan menggunakan lebih dari satu media sosial untuk bisa menjangkau dan berkomunikasi dengan pelanggan. Akan sangat sulit memonitor berbagai macam hal yang terjadi, apalagi jika harus mengikuti trend yang selalu berubah-ubah. Menghasilkan hal baru untuk Anda ikuti untuk bisa berkomunikasi dengan para pelanggan secara efektif.

Lalu, bagaimana caranya untuk bisa mendengarkan apa saja yang dibicarakan oleh para pelanggan di media sosial mengenai Anda? Maka Anda akan membutuhkan social listening tools.

Apa itu Social Listening Tools?

Social listening tools akan memberitahu Anda mengapa para pelanggan mengatakan hal-hal tertentu tentang atau terkait dengan brand Anda di media sosial. Tools ini akan melakukan pemantauan profil media sosial Anda baik untuk feedback pelanggan, mention mengenai brand Anda, dan percakapan apa pun dengan kata kunci, topik, pesaing, atau industri yang relevan. Diikuti dengan analisis informasi tersebut. Kesimpulan apa pun yang dihasilkan akan membantu Anda menentukan cara terbaik untuk meningkatkan strategi media sosial, brand awareness, dan social presence Anda.

Lalu apa yang membedakannya dengan social media monitoring? Kedua istilah ini sebenarnya bisa saja digunakan secara bergantian. Bahkan social media listening harus dimulai sesudah melakukan social media monitoring, mengidentifikasi dan menanggapi mention mengenai brand di media sosial melalui komentar, pesan langsung, dan banyak lagi. Hal ini menjadi langkah pertama dalam proses memahami apa yang dipikirkan dan dikatakan audiens Anda tentang merek Anda di media sosial.

Lalu, tools apa saja yang bagus untuk Anda gunakan? Berikut ini adalah beberapa rekomendasi yang bisa menjadi pertimbangan Anda ketika memilih tools apa yang ingin digunakan nantinya.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Tools Social Media Monitoring

1. HubSpot Social Media Management Software

Dengan HubSpot, Anda dapat dengan mudah memantau interaksi, percakapan, dan audiens media sosial melalui satu dashboard. Anda juga memiliki alat yang diperlukan untuk mengelola interaksi dan keterlibatan sehari-hari di media sosial serta menargetkan audiens tertentu. Anda dapat mengelola seluruh strategi sosial, mulai dari perencanaan hingga analisis dari satu tools.

Anda dapat menangani semua akun sosial menggunakan alat ini serta dengan mudah mengubah penawaran menjadi konten untuk di posting di media sosial. Dengan HubSpot, Anda tidak perlu khawatir tentang proses login ke profil Anda untuk memposting konten, bahkan menjadwalkan posting berminggu-minggu sebelumnya di semua profil dapat dilakukan dari dalam tools ini untuk menghemat waktu yang berharga. Apapun cara Anda memposting tidak akan pernah mempengaruhi kemampuan untuk membuat laporan dari keberhasilan postingan tersebut karena Anda dapat memposting dari mana saja. 

Balas siapa pun yang mengomentari postingan yang Anda publikasikan melalui HubSpot dengan mudah. Khusus untuk Twitter, tools ini akan membantu Anda untuk bisa tetap mengikuti perkembangan terkini dan tren dengan memantau kata kunci tertentu yang dianggap penting bagi merek Anda. Sehingga, tidak ada lagi yang namanya ketinggalan tren yang bisa mengganggu proses engagement Anda dengan para pelanggan. Kelola profil sosial di Facebook, Instagram, Twitter, dan LinkedIn dari satu tools saja.

2. Sprout Social

Sprout Social adalah platform manajemen media sosial yang komprehensif. Menyediakan solusi untuk social listening dan analitik, layanan pelanggan, dan advokasi karyawan. Beberapa fitur penting dari tools yang satu ini adalah:

  • Pantau dan kelola interaksi di seluruh jaringan sosial di Smart Inbox terpadu.
  • Petakan strategi konten dan jadwalkan postingan.
  • Temukan tren dalam percakapan sosial, pelajari tentang audiens Anda, dan dapatkan wawasan yang dapat digunakan dalam merancang strategi pemasaran Anda dengan social listening tools yang terintegrasi.

Jasa SEO

3. Brand24

Tools yang satu ini bisa memberikan Anda wawasan mengenai apa yang orang katakan secara online tentang brand Anda. Brand24 menargetkan bisnis dari semua ukuran. Melalui tools Ini, Anda dapat melihat mention feed, berisi apa saja yang orang katakan tentang brand secara real time. Anda dapat bergabung dan terlibat dalam diskusi langsung dari tools ini. Ada juga Discussion Volume Chart, yang secara grafis menggambarkan penyebutan brand Anda, sehingga bisa dengan mudah melihat lonjakan dari mention yang akan membantu dalam menemukan apakah ada masalah. Memang, Dapatkan analitik secara penuh yang akan memberikan Anda pemahaman yang lebih baik tentang siapa yang berbicara mengenai Anda di berbagai media sosial.

Brand24 juga mengembangkan Skor Influencer mereka sendiri. Ini bisa menjadi tolak ukur Anda untuk menentukan influencer mana yang cocok dengan industri Anda. Sehingga akan bisa lebih mudah membangun hubungan baik dan engagement dengan para pelanggan dan calon pelanggan di niche Anda. Ada juga analisis sentimen yang akan memberikan indikasi apakah mention yang didapatkan ini bernada positif, negatif, atau netral.

4. Agora Pulse

Satu lagi aplikasi manajemen media sosial profesional yang menyertakan fitur Social listening dengan fitur interface yang sangat bersih dan mudah di navigasikan. Rasakan kemudahan dalam mengatur parameter mengenai hal yang relevan dengan bisnis. Memungkinkan Anda mendengarkan percakapan yang sesuai dengan brand. Anda dapat lebih menyempurnakan pencarian YouTube, dan Twitter dengan memberikan kata-kata TIDAK untuk disertakan dalam pencarian tersimpan Anda. Tambahkan parameter lokasi dan/atau bahasa ke pencarian Twitter jika Anda ingin hasil yang lebih spesifik. Agora Pulse dapat membantu Anda mengambil tindakan atas apa yang didengar. Anda dapat mengklik item pemantauan dan menyukai, me-retweet, membalas komentar, atau membalas DM yang masuk. Berikan label,untuk mempermudah pemantauan apa pun dari rekan tim atau klien sehingga mereka dapat bertindak sesuai dengan apa yang harus dilakukan.

Baca Juga: Social Media Marketing Adalah Strategi Penting Dalam Bisnis

5. Hootsuite

Tools ini memungkinkan Anda untuk melihat dan menanggapi semua pesan, komentar, dan mention atas brand Anda di beberapa saluran sosial dalam satu dashboard yang ringkas. Anda juga dapat melacak influencer dalam daftar yang dapat diimpor dan dibagikan dengan orang lain di perusahaan Anda.

Beberapa keunggulan yang harus Anda ketahui adalah:

  • Kelola dan pantau semua aktivitas media sosial.
  • Pantau mention dengan mudah dan tanggapi langsung di platform.
  • Sesuaikan kampanye media sosial berbayar dengan opsi Boost yang menyeimbangkan jangkauan organik dan iklan berbayar untuk membantu mengoptimalkan keterlibatan konten Anda.
  • Ukur kesuksesan di sejumlah platform sosial yang kompatibel dengan Hootsuite termasuk Facebook, Instagram, Twitter, Youtube, LinkedIn, dan Pinterest.
  • Tambahkan salah satu dari banyak integrasi jaringan sosial yang kompatibel dan lihat dari interface Hootsuite Anda.

6. Buffer

Tools freemium ini menciptakan pengalaman omnichannel untuk media sosial dan tim Anda. Alat ini bisa mempermudah Anda dalam menemukan percakapan yang paling penting, bergabung dengan percakapan tersebut, dan membuat audiens Anda menjadi senang. Hal ini karena Anda dapat dengan mudah memposting konten dan terlibat langsung dalam mention dari satu dasbor terpusat melalui team-inbox. Rencanakan kampanye sosial yang efektif menggunakan fitur penjadwalan dan penerbitan. Setelah itu Anda bisa memantau kinerja tim dengan mengukur engagement dan perilaku audiens melalui laporan dan alat analitik. Manfaatkan juga fitur story monitoring untuk merekam dan menganalisis cerita Anda di saluran seperti Facebook dan Instagram.

Baca Juga: Strategi Promosi Melalui Sosial Media untuk Meningkatkan Penjualan

7. Buzzsumo

Ini adalah tools analisis konten tetapi juga bertindak sebagai social listening tools untuk berbagai platform media sosial. Memungkinkan Anda menelusuri web untuk konten apa pun yang memuat istilah pencarian Anda. Tidak hanya memberi hasil pencarian, tetapi juga ada informasi mengenai jumlah keterlibatan yang terkait dengan setiap hasil pencarian. Informasi yang Anda dapatkan tidak hanya ketika seseorang menulis posting blog yang mengkritik layanan perusahaan Anda atau memberi pujian, namun tools ini juga memberitahu bahwa orang-orang sudah membagikan artikel itu 26 kali di Facebook, dan men-tweet mengenai postingan tersebut sebanyak 478 kali. Melalui hal ini maka Anda bisa melihat dampak dari mention mengenai brand Anda. Buzzsumo juga menyediakan fitur peringatan untuk melacak mention mengenai brand Anda merek, pesaing, konten dari situs web, kata kunci, feedback, dan lain-lain. Anda dapat mengatur parameter yang bisa menyesuaikannya dengan kebutuhan.

8. Brandwatch

Tools yang satu ini akan membantu Anda menemukan wawasan penting dalam percakapan yang terjadi online setiap hari. Membantu untuk mengenal pelanggan. Anda dapat menggunakannya untuk menemukan insight dari konsumen utama, mendorong inovasi produk, dan tetap menjadi yang terdepan dalam persaingan.

Brandwatch terdiri dari tiga produk:

  • Analytics untuk menganalisis percakapan
  • Vizia untuk berbagi insight
  • Audiens untuk memahami orang

Brandwatch Analytics adalah platform social listening. Anda menggunakannya dalam empat langkah:

  • Menelusuri web untuk ulasan, artikel, komentar, dan percakapan
  • Segmentasikan data ke dalam kategori yang relevan dengan bisnis Anda
  • Analisis data untuk menemukan insight yang baru
  • Bereaksi secara real-time dengan peringatan email instan

Ada 95.635.729 situs web yang sudah di crawl untuk mencari mention mengenai Anda atau istilah lain yang relevan dengan bisnis.

Baca Juga: Memahami Seluruh Jenis Pemasaran Digital

9. Keyhole

Jika Anda membutuhkan social listening tools yang berfokus pada Twitter dan Instagram, maka tools yang satu ini akan cocok untuk kebutuhan Anda. Alat ini memungkinkan Anda untuk melacak hashtag, mention, dan lainnya di kedua platform media sosial ini.

Ditambah dengan heat map yang mengesankan akan menunjukkan perbedaan mention dan engagement dengan brand Anda di seluruh dunia. Memungkinkan Anda untuk bisa lebih memahami audiens dan bagaimana cara berinteraksi secara efektif dengan mereka. Alat ini juga akan memastikan bahwa postingan dan mention yang menyertakan hashtag Anda akan dicatat secara real-time sehingga informasi terbaru akan selalu dengan mudah didapatkan. Prediksi seberapa baik kinerja hashtag Anda dengan fitur AI yang disediakan.

10. Meltwater

Meltwater memberikan insight berbasis AI, mencakup banyak aspek aktivitas perusahaan. Kelebihan dari alat ini adalah perangkat lunak pemantauan dan keterlibatan media sosialnya, berfokus pada analitik dan engagement yang tertuju. Alat ini akan melihat lebih dari jutaan post setiap hari dari platform media sosial, blog, dan situs berita. Menyaring mention yang tidak relevan dan memberikan sentimen untuk mention yang relevan dan menarik minat Anda.

Anda dapat menggunakan Meltwater untuk mengatur pencarian, menemukan influencer utama, dan melacak kinerja online Anda. Ada berbagai macam dasbor, termasuk yang memantau, membandingkan, dan menganalisis aktivitas online Anda. Desain dasbor yang sesuai dengan kebutuhan Anda untuk mendapatkan hasil yang lebih optimal. Anda juga dapat menambahkan banyak filter untuk menyaring hasil. Guna mendapatkan insight yang benar-benar dibutuhkan.

Baca Juga: 4 Cara Beriklan Di Facebook Ads untuk Para Entrepreneur

11. Mention

Mention memiliki kapasitas untuk melacak jutaan sumber konten dalam 42 bahasa. Berguna untuk memantau mention dari brand Anda di seluruh dunia. Anda dapat memilih konten apa yang ingin diabaikan sehingga hanya memperhatikan tren yang penting. Terdapat juga alat analisis kompetitif yang memungkinkan Anda membandingkan merek dengan dua atau lebih pesaing. Membantu dalam memastikan konten selalu relevan, tepat waktu, dan unik jika dibandingkan dengan pesaing lainnya.

Gunakan fitur Tim agar karyawan dapat berkolaborasi sekaligus saling mengingatkan saat membutuhkan bantuan. Kelola secara efektif segala hal yang berhubungan dengan media sosial atau situasi krisis yang menghadang Anda dengan fitur Crisis Management.

12. Digimind Social

Digimind Social adalah tools media sosial yang menggunakan AI untuk bisa memberikan berbagai insight unik untuk kemajuan bisnis Anda. Dapatkan data secara real-time dalam mendengarkan berbagai hal mengenai Anda di media sosial. Alat Ini menunjukkan percakapan sosial mengenai brand dan membaginya menjadi beberapa kategori. Tidak ketinggalan pemberian sentimen positif, negatif, atau netral agar bisa lebih mudah memahami pandangan publik dan menentukan apa yang harus dilakukan selanjutnya.

Anda juga dapat menggunakannya untuk mengukur kinerja konten. Analisis dan bandingkan kinerja sejumlah akun media sosial untuk melihat bagaimana konten tersebut diterima di berbagai macam platform yang tersedia. Digimind Social juga memungkinkan Anda untuk melihat citra dari brand Anda berdasarkan perilaku pencarian Google. Ikuti secara real-time mengenai apa yang ingin diketahui pelanggan dari brand, produk, dan pesaing Anda melalui satu alat yang terintegrasi dengan baik.

Baca Juga: Bagaimana Manfaat Sosial Media Untuk Berkomunikasi Dengan Tujuan

13. Synthesio

Alat ini adalah platform social listening yang memantau keberadaan online bisnis dan memberikan insight yang bisa digunakan untuk meningkatkan engagement dengan para klien di media sosial. Saat ini, Synthesio memiliki intelijen media sosial dari 195 negara dalam lebih dari 80 bahasa. Akan ada dashboard social listening yang dapat disesuaikan, menampilkan sejumlah besar data yang berkaitan dengan mention yang didapatkan oleh brand Anda. Synthesio Social Listening Platform akan menggabungkan metadata yang kuat tentang konten, penulis, dan nada/sentimennya. Semuanya bisa disaring dengan mudah.

Anda juga dapat melacak like, reply, retweet, dan berbagi hal lainnya dari Facebook, Twitter, Instagram, dan YouTube langsung di dasbor Anda. Ada juga tambahan untuk kecerdasan bisnis tingkat tinggi dengan widget Media Value and Engagement Rate. Synthesio memungkinkan Anda untuk mengekspor kumpulan data besar yang telah difilter sebelumnya melalui API atau menggunakan alat internal.

14. Cyfe

Cyfe menyediakan dasbor bisnis lengkap. Dapat menampilkan media sosial, analisis web, pemasaran, penjualan, dukungan, infrastruktur, dan banyak lagi. Anda dapat mengambil data dari layanan populer seperti Google, Salesforce, Xero, QuickBooks, dan banyak lagi layanan lainnya menggunakan widget yang sudah ada. Atau, Anda dapat membuat widget sendiri. Cyfe adalah dasbor yang friendly dengan Start-up. Karena mencakup berbagai macam fitur  yang berguna seperti data tentang pendaftaran baru, unduhan aplikasi, langganan, KPI, media sosial, pemasaran, klien, analisis web, keuangan, penjualan, dan manajemen proyek. Kemampuan social listening yang dimiliki juga akan sangat membantu. Untuk Dashboard Media Sosial, Cyfe menggunakan data dan metrik secara real-time untuk mulai melacak kinerja brand atau klien Anda di Facebook, Instagram, Twitter, YouTube, Google+, Pinterest, YouTube, LinkedIn, dan Vimeo.

Jika Anda memilih Cyfe Premium, Anda mendapatkan akses tanpa batas ke dashboard dan widget. Anda dapat melihat data yang sudah melewati 30 hari terakhir

Baca Juga: Cara Meningkatkan Engagement Instagram

15. Oktopost

Platform manajemen media sosial satu ini dimaksudkan untuk memantau dan mengukur semua aktivitas media sosial untuk pemasar B2B. Alat ini memiliki fitur yang membantu dalam mengelola dan memahami kampanye media sosial, kalender editorial, kurasi konten, pertumbuhan, dan social listening. Gunakan advance reporting untuk menentukan ROI media sosial Anda. Publikasikan konten ke LinkedIn, Facebook, Twitter, Instagram, YouTube, bahkan WeChat dengan mudah melalui platform ini. Serta ibatkan audiens sosial Anda dengan PDF sharing and tracking.

16. Reputology

Anda dapat menggunakan Reputology untuk memantau, menanggapi, dan menganalisis semua ulasan online yang didapatkan brand Anda dari satu tempat. Menawarkan pemantauan ulasan 24/7 lebih dari 100 situs ulasan, termasuk Google, Facebook, dan direktori pencarian lokal, situs ulasan karyawan, direktori aplikasi, dan banyak lagi. Anda dapat melacak ulasan yang ditulis tentang lokasi, produk, dan layanan Anda. Tanggapi ulasan dari dalam platform Reputology. Rasakan juga teknologi analisis semantik yang mengubah konten tidak terstruktur dari ulasan & umpan balik menjadi data yang dapat digunakan dalam berbagai hal untuk meningkatkan bisnis Anda.

Baca Juga: 5 Cara Menggunakan Hashtag Social Media Untuk Menarik Audiens

17. Sprinklr

Alat ini merupakan sebuah social listening tool yang diperuntukan bagi perusahaan. Ada empat elemen penting dalam platform ini:

  • Social engagement
  • Social advertising
  • Social care
  • Social advocacy

Bagian utama dari suite ini adalah kemampuan social listening yang dimiliki. Alat ini mendengarkan lebih dari 3 Miliar konsumen di 350 Juta sumber, termasuk 26 saluran sosial. Memungkinkan Anda untuk melihat volume, konteks, dan sentimen percakapan online, secara historis maupun real-time dan menggunakan informasi tersebut untuk membuat keputusan strategis yang mendukung bisnis untuk maju lebih jauh.

18. Tailwind

Ini adalah alat analitik dan penjadwalan Instagram dan Pinterest. Untuk Instagram, Anda bisa menjadwalkan konten untuk di posting secara otomatis. Manfaatkan Smart Scheduler untuk mengidentifikasi waktu yang ideal dalam membagikan konten dan dapatkan juga saran untuk hashtag yang bisa digunakan. Untuk Pinterest, jadwalkan pin selama seminggu dalam waktu kurang dari 20 menit, gunakan analitik untuk pin dan board, dan buat hingga 10 pin hanya dalam satu klik.

Fitur menarik dari Tailwind adalah:

  • Kemampuan untuk menentukan waktu terbaik untuk memposting di Instagram dan Pinterest dan hashtag mana yang digunakan untuk meningkatkan keterlibatan.
  • Rencanakan konten sosial dan otomatiskan irama posting Anda.
  • Lacak kesuksesan Anda di Instagram dan Pinterest dengan alat analisis, pemantauan, dan pelacakan yang mendalam.
  • Gunakan Tailwind untuk mengelola semua aspek konten media sosial Instagram dan Pinterest Anda mulai dari perencanaan hingga reporting.

Baca Juga: Twitter SEO: Optimalisasi Media Sosial untuk Search Engine

Mengapa Social listening Itu Penting?

Jika Anda tidak menggunakan social listening, maka ada banyak insight penting yang akan terlewat begitu saja. Anda mungkin kehilangan sebagian besar insight tentang brand Anda yang mungkin sedang dibicarakan orang secara aktif. Anda ingin tahu apa yang orang katakan. Pelanggan akan memberitahu Anda apa yang mereka inginkan dari brand. Jika Anda peduli dengan mereka, maka ada banyak hal yang akan bisa didapatkan melalui kegiatan social listening.

Berikut adalah beberapa hal yang akan bisa Anda lakukan jika menjalankan social listening dengan baik:

1. Terlibat dengan pelanggan

Mendengarkan secara sosial memberi Anda peluang untuk terlibat dengan pelanggan. Misalnya, pelanggan mungkin telah men-tweet tentang betapa mereka menyukai produk Anda, atau mereka mungkin telah menghubungi Anda di media sosial untuk permintaan layanan pelanggan. Jika Anda bisa dengan cepat mengetahui hal ini terjadi, tentu respon yang diberikan akan lebih cepat dan ada insight penting yang bisa membantu Anda berkembang.

2. Kelola krisis

Social listening memungkinkan Anda melacak sentimen secara real time. Dengan begitu, Anda dapat melihat postingan mana yang berkinerja baik untuk merek Anda, dan mana yang tidak. Jika Anda mendapatkan banyak engagement positif, cari alasan di baliknya. Pelanggan akan membagikan banyak informasi berguna tentang apa yang mereka sukai dan apa yang tidak mereka sukai. 

Hal ini juga bisa membantu Anda mengatasi bencana PR sebelum menjadi tidak terkendali. Jika sentimen menurun, tinjau feedback sebagai bahan pelajaran yang dapat mencegah kesalahan langkah serupa di masa mendatang.

Baca Juga: Mengenal ‘Digital Marketing Concept’

3. Lacak pesaing Anda

Hal ini lebih dari sekedar memahami apa yang orang katakan tentang Anda. Pasti ada keingintahuan mengenai apa yang akan mereka katakan kepada pesaing Anda. Ini memberi Anda insight penting mengenai posisi Anda dan pesaing di pasar. Anda juga akan mempelajari apa yang dilakukan pesaing secara real-time. Apakah mereka meluncurkan produk baru? Mengembangkan kampanye pemasaran baru? Mendengarkan secara sosial memungkinkan Anda mencari tahu tentang peluang dan ancaman baru ini saat itu terjadi, sehingga Anda dapat merencanakan dan merespons dengan tepat.

4. Temukan banyak pain point

Memantau percakapan di sekitar industri mengungkap banyak sekali insight yang menunjukan berbagai kebutuhan para pelanggan. Informasi ini adalah tambang emas untuk tim pemasaran Anda. Anda bisa mengubah produk yang sudah ada atau menambahkan fitur untuk menyelesaikan masalah yang dirasakan banyak orange. Hal ini juga akan memungkinkan untuk menghasilkan ide dan produk baru.

Baca Juga: Pengertian dan Belajar Marketing Funnel

5. Temukan prospek baru

Pelanggan menyukai ketika Anda memecahkan masalah mereka dan mereka akan benci jika langsung mendapatkan penawaran yang bertubi-tubi yang akan mengganggu mereka. Melalui social listening, Anda mengembangkan hubungan dengan pelanggan potensial di industri yang dapat dibina menjadi hubungan untuk melakukan penjualan. Jangkau mereka, buat koneksi, dan bagikan informasi bermanfaat. Ini akan membantu membangun brand Anda sebagai sumber daya terbaik ketika tiba saatnya untuk membuat keputusan pembelian.

Apa yang Harus Anda Dengarkan?

Social listening akan bisa Anda mulai dengan mendengarkan atau melacak beberapa poin berikut ini:

  • Nama brand dan handles Anda
  • Nama produk Anda, termasuk typo yang umum
  • Nama brand, nama produk, dan pegangan pesaing Anda
  • Kata kunci industri
  • Slogan Anda dan slogan pesaing Anda
  • Nama orang-orang kunci di perusahaan Anda dan perusahaan pesaing Anda (CEO, juru bicara, dll.)
  • Nama kampanye atau kata kunci
  • Hashtag bermerek Anda dan tagar pesaing Anda
  • Hashtag tidak bermerek yang terkait dengan industri Anda

Seberapa Penting Media Sosial Untuk Bisnis?

Bagi Anda yang masih belum yakin betapa pentingnya hal ini untuk mendukung kesuksesan bisnis Anda, maka beberapa informasi ini mungkin bisa merubah pandangan Anda.

1. Dapatkan Perhatian dan Bangun Awareness

Jika orang tidak tahu tentang bisnis Anda, mereka tidak bisa menjadi pelanggan Anda. Media sosial meningkatkan visibilitas Anda di antara calon pelanggan, memberikan Anda kemampuan untuk bisa menjangkau khalayak luas. Serta bisa menjadi opsi gratis untuk membuat profil bisnis di semua jejaring sosial utama.Faktanya, konten media sosial akan mendapatkan perhatian. Apakah Anda ingin pelanggan baru menemukan layanan Anda? Apakah Anda berharap untuk membawa lebih banyak pembeli lokal ke toko Anda? Buatlah strategi yang spesifik, dan tentukan saluran media sosial mana yang paling cocok untuk bisnis Anda.

2. Tunjukkan Authenticity

Pelanggan tidak tertarik pada bisnis yang mempublikasikan postingan media sosial bergaya korporat yang membosankan dan terkesan seperti template. Biarkan kepribadian dari merek muncul di setiap postingan yang dibagikan di media sosial. Jujurlah mengenai siapa Anda, bukan siapa yang Anda pikirkan atau ingin ditiru. Pengikut ingin melihat orang sungguhan di balik profil media sosial brand atau perusahaan.

3. Mendorong Engagement

Terkadang, postingan media sosial yang tampaknya sederhana, seperti mempromosikan barang, ada beberapa like, komentar, dan share yang didapatkan. Orang bahkan dapat bertanya kepada orang asing di kolom komentar postingan Anda  mengenai barang tersebut. Media sosial membuka percakapan untuk interaksi instan, membangun hubungan, dan loyalitas pelanggan.

Baca Juga: Hashtag Marketing, Strategi Bermanfaat Untuk Bisnis Anda

4. Menyediakan Dukungan

Platform media sosial telah berhasil meruntuhkan penghalang antara perusahaan dan pelanggan. Dibandingkan menelepon layanan pelanggan, banyak orang beralih ke Facebook atau Twitter untuk memecahkan masalah atau mencari informasi.

Kembangkan reputasi Anda sebagai merek yang responsif dan peduli dengan menawarkan dukungan melalui saluran sosial. Cara yang bisa dilakukan adalah sebagai berikut:

  • Gunakan sistem untuk melacak komentar, pertanyaan, dan keluhan pelanggan di media sosial.
  • Tanggapi secepat mungkin untuk pertanyaan dan kekhawatiran.
  • Dengarkan kritik dan buat pelanggan merasa didengarkan.
  • Ketahui kapan harus menyelesaikan percakapan publik dalam pesan pribadi.

5. Tunjukkan Otoritas

Cari cara untuk menunjukkan keahlian Anda sebagai thought leader di industri Anda. Bisa dengan menuliskan konten yang terkait dengan keahlian Anda atau memperluas misi perusahaan. Dengan menunjukkan apa yang ditawarkan dan dihargai oleh bisnis Anda,maka kepercayaan dari calon pelanggan akan bisa terbentuk dan dibangun secara perlahan. Gunakan saluran sosial ini sebaik mungkin untuk bisa menunjukan otoritas dari brand atau perusahaan.

Itulah dia berbagai informasi berguna mengenai social listening tools dan berbagai informasi lainnya yang berguna untuk memahami hal yang satu ini. Selain media sosial, perkuat pemasaran produk dan situs web dengan SEO. Percayakan kepada jasa SEO ToffeeDev untuk membantu bisnis Anda melangkah ke tahap selanjutnya. Mari mulai konsultasi dengan kami di sini.

Share This Article

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

0 Comments

Step bye step SEO

Related Post

WhatsApp chat