10 Strategi Bersaing dalam Bisnis Online di Era Digital

Strategi Bersaing dalam Bisnis

Membangun bisnis bukanlah hal yang bisa dilakukan semudah membalikan telapak tangan. Apalagi, persaingan bisnis adalah sesuatu yang tidak bisa dihindari. Oleh karena itu, perlu adanya strategi bersaing dalam bisnis. Di era digital, strategi bersaing dalam bisnis makin beragam. Lalu, apa saja yang bisa Anda lakukan untuk jadi bisnis yang unggul di era digital? Simak penjelasannya di bawah ini.

Persaingan Bisnis di Era Sekarang

Persaingan dalam bisnis adalah hal yang sudah biasa. Namun, saat ini, persaingan dalam bisnis makin ketat, apalagi di era digital yang serba cepat. Anda harus menggunakan strategi bersaing dalam bisnis yang paling tepat untuk bertahan. Perlu ada metode dan evaluasi yang mendalam untuk bisa memenangkan persaingan bisnis di era digital. Bagaimana caranya?

10 Strategi Bersaing dalam Bisnis

Kabar baiknya, ada banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk bersaing dalam bisnis di era digital. Berikut beberapa di antaranya:

1. Manfaatkan Media Sosial

Manfaatkan Media Sosial

Sebagai seorang pelaku bisnis, Anda harus menyadari bahwa saat ini media sosial menjadi bagian penting dari kehidupan masyarakat. Karenanya, Anda harus bisa memanfaatkan media sosial dengan maksimal dalam strategi bisnis. Media sosial dapat menjadi alat yang ampuh untuk mempromosikan produk bisnis. 

Agar promosi bisa maksimal, sebaiknya manfaatkan semua jenis media sosial. Namun, di sini Anda harus memahami karakteristik dari masing-masing media sosial karena tentu akan sangat berbeda-beda. Dengan begitu, promosi yang Anda lakukan pun harus bisa menyesuaikan jenis media sosial yang dipakai.

Misalnya untuk promosi di Instagram, konten yang ditonjolkan adalah gambar. Ini karena Instagram merupakan media sosial yang lebih fokus pada gambar dan video. Karena karakteristik Instagram yang menonjolkan visual, maka Anda bisa menggunakannya sebagai media untuk menampilkan katalog produk.

2. Gunakan Strategi Digital Marketing

Kemudian, pada era digital ini, untuk membuat bisnis bisa bersaing, strategi Digital Marketing menjadi sangat penting untuk dilakukan. Digital Marketing adalah cara memasarkan produk melalui media digital. 

Dalam menjalankan Digital Marketing, Anda memerlukan seseorang yang sudah ahli agar bisa memaksimalkannya. Namun, sekarang juga sudah banyak agensi Digital Marketing yang bisa Anda gunakan jasanya. Ini bisa menjadi cara yang lebih praktis bila Anda tidak menguasai Digital Marketing. Apalagi jika Anda menggunakan jasa Digital Marketing secara menyeluruh seperti yang disediakan ToffeeDev, Anda pun nantinya akan dibantu dalam pembuatan website, strategi SEO, bahkan hingga pemasangan ads di media sosial.

Baca juga: 7 Cara Mengatasi Masalah Bisnis Online yang Sering Dihadapi

3. Manfaatkan Aplikasi untuk Bisnis

Strategi lain yang tidak kalah strategis adalah dengan memanfaatkan aplikasi bisnis. Saat ini, banyak sekali aplikasi yang bisa dipakai untuk mengelola suatu bisnis, salah satu contohnya adalah aplikasi pengelola keuangan. Ini akan sangat memudahkan Anda dalam mengelola keuangan bisnis karena Anda tak perlu melakukannya secara manual. Risiko human error seperti salah hitung pun bisa diminimalisir sehingga berdampak baik pada produktivitas kerja.

4. Pastikan Promosi Mobile Friendly

Selanjutnya, masih berhubungan dengan dunia digital, pastikanlah Anda melakukan promosi dengan menyediakan konten yang mobile friendly. Maksudnya, setiap promosi yang dilakukan harus bisa dilihat dengan mudah menggunakan gadget apa pun, terutama ponsel, karena sekarang hampir semua orang memiliki ponsel. Jadi, jika Anda melakukan promosi melalui website atau media lainnya, pastikan tampilannya mobile friendly. 

5. Selalu Berinovasi dalam Berbisnis

Selalu Berinovasi dalam Berbisnis

Inovasi sangat diperlukan untuk bisa bersaing di era digital. Inovasi dibuat agar bisnis tidak monoton dan bisa selalu relevan dengan perkembangan kebutuhan target pasar. Jika tetap terpaku pada produk dan layanan yang itu-itu saja, bukan tidak mungkin target konsumen Anda akan kabur ke kompetitor karena menganggap bisnis Anda tidak up-to-date.

Jasa SEO

6. Cari Tahu Target Pasar

Bagian ini tidak kalah penting untuk menentukan strategi bersaing dalam bisnis online di era digital. Anda harus mengetahui target pasar untuk bisa melakukan promosi yang lebih tepat sasaran. Misalnya, jika target pasar Anda adalah anak muda dari kalangan Gen Z, media sosial seperti TikTok bisa menjadi pilihan lebih tepat. Sementara itu, Instagram lebih tepat dipilih jika target pasar Anda adalah ibu-ibu berusia 30-45 tahun.

Baca juga: 12 Penerapan Strategi Perang Sun Tzu dalam Bisnis Online

7. Buat Brand Story

Buat Brand Story

Selanjutnya, brand story bisa menjadi cara yang ampuh untuk menumbuhkan kepercayaan dan loyalitas konsumen. Setiap pebisnis pasti memiliki cerita sendiri dalam proses membangun bisnisnya. Anda bisa menggunakan itu untuk membangun brand story yang menarik.

8. Berikan Pelayanan Terbaik

Kemudian, pelayanan terbaik juga menjadi salah satu kunci untuk bisa sukses dalam bisnis. Sebagai pelaku bisnis, memberikan pelayanan terbaik sudah menjadi kewajiban sehari-hari. Apalagi di era digital, pelanggan yang merasa tidak puas bisa langsung menyebarkan ketidakpuasannya di media sosial sehingga dapat memengaruhi citra perusahaan di mata masyarakat. 

9. Kenali Kompetitor Anda

Selain mengetahui target pasar, tentu Anda juga harus mengetahui siapa kompetitor Anda. Dengan mengenalinya, Anda bisa menentukan strategi terbaik yang bisa dipakai untuk memenangkan persaingan bisnis. Cari tahu kebutuhan target konsumen yang belum disediakan oleh kompetitor, dari sinilah Anda bisa menjadi unggul.

10. Selalu Lakukan Evaluasi

Terakhir, setelah semua proses dilakukan, Anda perlu melakukan evaluasi secara rutin. Dengan evaluasi, Anda bisa melihat perkembangan bisnis serta kendala yang masih harus diperbaiki. Dari sini, Anda dapat menentukan ide dan langkah selanjutnya untuk membuat bisnis makin berkembang.
Demikian sepuluh strategi bersaing dalam bisnis yang bisa coba Anda terapkan. Khusus untuk strategi terkait Digital Marketing, serahkan pada tim ToffeeDev agar hasilnya makin optimal. Mulai dari pembuatan website, strategi SEO, hingga pemasangan ads, kami siap melakukannya sesuai kebutuhan bisnis Anda. Segera klik di sini untuk membuat bisnis Anda unggul bersama ToffeeDev!

Share this post :

Scroll to Top
WhatsApp chat