Strategi Promosi Melalui Sosial Media untuk Meningkatkan Penjualan

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Share This Article

Di era digital sekarang ini, banyak pebisnis yang mulai berlomba-lomba memasarkan produk secara online lewat jejaring sosial media. Oleh sebab itu, strategi promosi melalui sosial media perlu dilakukan, baik untuk bisnis dengan skala besar maupun kecil. Mengingat, sudah banyak kanal sosial media yang dapat digunakan untuk menjangkau pelanggan secara masif. Lantas, bagaimana strategi promosi melalui sosial media yang efektif untuk pemasaran bisnis Anda? Simak beberapa tekniknya sebagai berikut.

Strategi Promosi Melalui Sosial Media untuk Pebisnis Online

1. Membangun Kepercayaan Pelanggan

Strategi promosi melalui sosial media yang pertama yakni membangun kepercayaan dan kredibilitas brand Anda. Membangun kepercayaan untuk suatu bisnis di sosial media tidaklah serumit yang Anda bayangkan. Anda hanya perlu menghubungkan bisnis dengan niche atau target pasar yang tepat.

Strategi pemasaran ini dapat dimulai dengan membangun brand awareness. Anda bisa membangun brand awareness dengan menciptakan visibilitas online yang merupakan representasi dari bisnis yang sedang Anda jalankan.

Anda juga dapat menggambarkan identitas brand  secara visual dengan mendesain tampilan website, blog, dan media sosial sesuai dengan jenis bisnis Anda. Apabila tidak dapat melakukannya sendiri, Anda bisa meminta bantuan kepada desainer profesional untuk mempercantik blog dan website Anda agar lebih menarik.

2. Buat Konten yang Bernilai

Strategi promosi melalui sosial media dapat dikatakan efektif jika Anda mampu menyeimbangkan antara konten yang dikurasi maupun konten yang dibuat sendiri. Membuat konten sendiri memang memerlukan usaha yang lebih, tetapi apabila hal tersebut bisa dilakukan dengan baik, maka Anda dapat meningkatkan traffic website. 

Hal yang perlu Anda perhatikan dalam teknik pemasaran bisnis ini adalah Anda harus bisa memastikan bahwa setiap konten dibuat memiliki pesan yang berharga bagi pembaca, sehingga mereka akan mengulang untuk mengunjungi website Anda. Ciri konten yang bernilai adalah konten yang dapat menjawab pertanyaan para pembacanya secara tepat dan efektif.

Dengan membagikan konten yang bernilai, Anda bisa mendapatkan banyak manfaat saat memasarkan produk , seperti reputasi bisnis semakin membaik, ranking SEO semakin tinggi, hingga para influencer yang akan merekomendasikan bisnis Anda kepada media.

3. Mengadakan Kuis di Media Sosial untuk Meningkatkan Engagement

Strategi promosi melalui sosial media selanjutnya yakni dengan mengadakan kuis di jejaring sosial media yang Anda gunakan. Kuis merupakan salah satu cara paling ampuh dalam mempromosikan brand Anda di media sosial. Dengan strategi ini, brand Anda akan mendapatkan impresi dan keterlibatan yang tinggi dari target konsumen. Pasalnya,  target market dan konsumen Anda pasti tertarik dengan hadiah yang Anda berikan. Namun perlu diperhatikan bahwa Anda harus mengadakan kuis yang terkait dengan produk yang Anda jual.

Baca Juga: 4 Aplikasi Marketing Sosial Media Untuk Bisnis

4. Membagikan Pengetahuan Terkait Produk Anda

Selain dengan mengadakan kuis, salah satu strategi promosi melalui sosial media lainnya adalah dengan berbagi pengetahuan atau informasi ringan tentang produk yang Anda pasarkan. Berbagai cara kreatif dalam berbagi pengetahuan pun bisa Anda lakukan di jejaring sosial media, seperti membagikan tips penggunaan produk Anda, membuat video tutorial, dan lainnya.

5. Gunakan Gambar yang Atraktif

Penggunaan gambar yang atraktif mampu menarik perhatian pelanggan dengan cepat. Gambar bisa Anda gunakan ketika membuat konten-konten di akun Instagram, blog, Twitter, maupun Facebook. Selain sebagai sarana pemasaran produk, Anda juga dapat menggunakannya untuk mengedukasi pengunjung sehingga membuat informasi menjadi mudah dicerna.

6. Fokus pada Platform Social Media yang Sesuai dengan Target Market

Salah satu tips penting dalam pemasaran produk online yakni menemukan platform sosial media dimana Anda bisa membangun eksistensi yang kuat di sana. Banyaknya platform yang tersedia justru akan membuat Anda kesulitan untuk membangun keberadaan yang kuat di setiap platform. Menggunakan banyak sosial media tanpa adanya fokus yang jelas juga akan sangat membuang waktu karena tidak akan memberikan hasil apapun.

Tidak ada gunanya jika Anda menghabiskan banyak waktu dan sumber daya hanya untuk berinvestasi ke dalam sebuah platform yang hanya sedikit penggunanya. Anda bisa memaksimalkan bisnis Anda pada platform di mana Anda tahu bahwa pelanggan Anda banyak yang terlibat aktif di dalamnya.

7. Menjangkau Komunitas Online dengan Social Media Marketing

Tak jarang, media sosial adalah tempat berkumpulnya orang-orang yang memiliki kesamaan minat sehingga membentuk suatu komunitas. Hadirnya group komunitas tersebut tentu bisa menjadi sasaran para pelaku bisnis untuk mempromosikan produk mereka. Anda bisa melakukan strategi ini untuk mempromosikan produk Anda. Tapi ingat, Anda perlu melakukannya dengan cara soft selling untuk menarik perhatian audiens.

Baca Juga: 5 Sifat Pemasaran Sosial Media yang Perlu Diketahui

Demikian beberapa strategi promosi melalui sosial media yang bisa dilakukan untuk mengembangkan bisnis Anda. Jika Anda masih merasa kesulitan untuk memulai, mendesain, atau mempromosikan brand Anda di media sosial, ToffeeDev Digital Marketing Agency siap membantu Anda melalui jasa design social media untuk mengembangkan bisnis ke arah yang lebih baik. Hubungi kami untuk konsultasi lebih lanjut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

0 Comments

Related Post