Ketahui 7 Cara Mengidentifikasi Target Pemasaran Produk UMKM

7 Cara Mengidentifikasi Target Pemasaran Produk UMKM

Setiap UMKM harus dapat menentukan target pemasaran produk mereka agar dapat memaksimalkan pemasaran yang dilakukan. UMKM, yang biasanya tidak memiliki modal besar, akan sangat terbantu jika dapat menentukan target pasarnya secara efektif. Dengan begitu, modal yang dikeluarkan untuk melakukan pemasaran yang dimaksimalkan sebaik mungkin.

Melalui artikel ini, Anda akan mempelajari secara mendalam mengenai apa itu target pemasaran produk. Selain itu, Anda juga akan mendapatkan penjelasan mengenai bagaimana cara mengidentifikasi target pemasaran produk bagi UMKM. Mari simak selengkapnya di bawah ini!

Pengertian Target Pemasaran Produk

Pengertian Target Pemasaran Produk

Target pemasaran produk adalah strategi pemasaran yang memecah pasar menjadi segmen-segmen dan kemudian memusatkan upaya pemasaran Anda pada satu atau beberapa segmen utama. Segmen tersebut dapat terdiri dari konsumen yang kebutuhan dan keinginannya paling sesuai dengan produk atau layanan yang Anda tawarkan. Target pemasaran produk bisa menjadi kunci untuk menarik konsumen baru, meningkatkan penjualan, dan membuat bisnis Anda sukses.

Bagi UMKM, target pemasaran produk adalah hal yang sangat wajib dilakukan. Dengan mengetahui kelompok mana yang ingin difokuskan, UMKM dapat mengarahkan upaya pemasaran pada kelompok konsumen tersebut untuk membuat promosi, penetapan harga, dan distribusi produk dan/atau layanan Anda. Hal ini tentu dapat membuat pemasaran menjadi lebih mudah dan lebih hemat biaya, yang mana akan sangat berguna bagi UMKM.

Baca Juga: Hindari Kesalahan Ini Dalam Menentukan Target Pasar

7 Cara Mengidentifikasi Target Pemasaran Produk UMKM

Untuk mengefektifkan pemasaran yang dilakukan, setiap bisnis harus menentukan target pemasaran produknya. Selain itu, menentukan target pemasaran produk juga dapat membantu menghemat pengeluaran ketika melakukan pemasaran. Berikut ini adalah beberapa cara mengidentifikasi target pemasaran produk UMKM.

1. Melakukan Riset Pasar

Melakukan Riset Pasar

Riset pasar adalah hal yang wajib dilakukan oleh setiap bisnis, baik yang baru akan berjalan maupun yang sudah berjalan dan ingin mengeluarkan produk baru. Tujuan dari riset pasar adalah untuk melihat pasar yang terkait dengan barang atau jasa tertentu untuk memastikan bagaimana audiens akan menerimanya.

Riset pasar dapat mencakup pengumpulan informasi untuk tujuan segmentasi pasar dan diferensiasi produk, yang kemudian dapat digunakan untuk menyesuaikan upaya pemasaran atau menentukan fitur mana yang dipandang sebagai prioritas bagi konsumen. Bagi UMKM, hal ini akan sangat berguna karena dapat menghemat pengeluaran.

Baca Juga: 5 Manfaat Riset Pemasaran Bagi Bisnis Online yang Sedang Berkembang

2. Identifikasi Konsumen yang Sudah Ada

Apabila bisnis Anda sudah berjalan, coba identifikasi konsumen yang sudah ada. Sebagai pemilik UMKM, Anda mungkin sudah memiliki konsumen setia walaupun jumlahnya masih sedikit. Coba buat daftar konsumen tersebut dan gunakan informasi mereka untuk mulai mencari karakteristik khusus dari target pemasaran produk yang sesuai dengan bisnis Anda.

Berikut ini adalah beberapa petunjuk untuk membantu Anda mengumpulkan informasi yang tepat (yang akan membentuk profil target pemasaran produk):

  • Usia
  • Gender
  • Etnis
  • Pekerjaan
  • Perilaku pembelian (seberapa sering membeli, di waktu apa mereka membeli, dan lain sebagainya)
  • Tempat tinggal
  • Kepribadian

Selain poin-poin di atas, masih ada banyak informasi yang dapat digunakan untuk menentukan target pemasaran produk. Pastikan saja Anda mengumpulkan informasi sebanyak mungkin.

Gunakan media sosial, survei, dan telepon penawaran produk untuk mendapatkan informasi lebih lanjut tentang konsumen yang sudah ada. Anda juga bisa mendapatkan informasi dari tim sales jika punya. Jika Anda tidak mendapatkan tanggapan yang cukup, pertimbangkan untuk menawarkan insentif seperti pemberian diskon kepada konsumen sebagai ganti waktunya.

Baca Juga: 5 Cara Memenangkan Hati Konsumen dengan Mudah

3. Mengetahui Segmentasi Konsumen

Segmentasi konsumen dapat berguna untuk lebih menspesifikasi konsumen yang akan dituju. Setidaknya ada empat segmentasi pasar yang dapat dipertimbangkan, antara lain:

  • Demografis: mengklasifikasikan konsumen berdasarkan atribut tertentu, seperti usia atau tingkat pendapatan.
  • Psikografis: mengklasifikasikan konsumen berdasarkan sifat psikologis dan pribadi mereka, seperti nilai dan sikap.
  • Geografis: mengklasifikasikan konsumen berdasarkan berdasarkan lokasi.
  • Perilaku: mengklasifikasikan konsumen berdasarkan perilaku mereka di sekitar produk atau layanan, seperti ketika mereka memutuskan untuk membelinya dan bagaimana mereka menggunakannya.

Baca Juga: Apa Yang Harus Kamu Pertimbangkan Dalam Memilih Segmentasi?

4. Memahami Kebutuhan Konsumen

Orang-orang membeli suatu produk bukan karena mereka hanya sekadar menginginkannya, tetapi karena mereka membutuhkannya. Dengan mengetahui kebutuhan konsumen, Anda dapat mengklasifikasikan target pemasaran produk dengan lebih spesifik lagi. Cari tahu juga alasan mengapa konsumen yang sudah ada sering membeli produk Anda.

Jasa SEO

5. Analisis dan Evaluasi

Ketika seluruh data mengenai calon konsumen dan konsumen yang sudah ada terkumpul, selanjutnya coba analisis dan evaluasi ulang data tersebut. Cari tahu aspek apa dari produk Anda yang paling disukai konsumen, dan coba bandingkan dengan apa yang dibutuhkan oleh orang-orang atau calon konsumen. Dari sana, Anda bisa mendapatkan daftar target pasar yang potensial.

6. Evaluasi Opini Pasar

Sekarang setelah Anda memiliki daftar target pasar yang potensial, cari beberapa orang di media sosial yang sesuai dengan profil tersebut. Melakukan hal tersebut dapat memberi tahu Anda jika profil Anda terlalu luas atau terlalu spesifik. Jika Anda menemukan terlalu banyak orang dengan profil yang sama, kemungkinan target pasar Anda masih terlalu luas. Di sisi lain, jika Anda tidak menemukan cukup banyak orang yang sesuai dengan profil tersebut, kemungkinan deskripsinya terlalu spesifik.

Baca Juga: 5 Jenis Segmentasi Pasar yang Perlu Anda Ketahui

7. Tentukan Strategi Pemasaran

Apabila sudah mendapatkan profil target pemasaran produk yang potential, sekarang Anda dapat mulai menentukan strategi pemasaran apa yang paling sesuai dengan mereka. Salah satu strategi pemasaran yang paling umum digunakan saat ini, dan dapat diterapkan pada berbagai kalangan, adalah digital marketing.Di era yang sudah serba digital, hampir setiap orang dari berbagai kalangan menggunakan perangkat digital seperti smartphone dan laptop. Beberapa jenis digital marketing yang dapat Anda lakukan adalah SEO dan Facebook Ads. Jika tertarik menerapkan strategi digital marketing, gunakan saja jasa dari ToffeeDev!

Share this post :

Scroll to Top
WhatsApp chat