Tipe-tipe Konsumen dalam Bisnis dan Cara Menghadapinya

tipe tipe konsumen

Perlu diketahui bahwasannya yang menjadi salah satu faktor penting dalam menentukan bisnis yang Anda sedang jalankan dapat dikatakan berhasil adalah kemampuan untuk memperlakukan konsumen dengan sebaik mungkin. Sedangkan pada kenyataannya, mereka semua yang nantinya menjadi konsumen Anda tentu memiliki karakter yang berbeda-beda. 

Oleh karena itu, pemahaman karakter yang dimiliki setiap konsumen sangat perlu Anda kuasai. Lalu, seperti apa saja tipe-tipe konsumen yang ada dan bagaimana cara untuk menghadapinya? Berikut ini di balik alasan ToffeeDev memberikan artikel kepada Anda karena semua jawabannya akan dijelaskan di bawah ini!

9 Tipe Konsumen dalam Bisnis dan Cara Menghadapinya 

Tanpa perlu basa-basi kembali, berikut ini adalah 9 tipe konsumen yang mungkin nanti akan Anda jumpai saat menjalankan bisnis dan bagaimana cara untuk menghadapinya. Simak lebih lengkapnya di sini!

1. Konsumen Baru

Tipe konsumen pertama yang akan dijelaskan di poin ini adalah konsumen yang baru pertama kalinya membeli produk di toko Anda. Sebenarnya, tipe konsumen baru ini sangat memiliki peluang untuk menjadi konsumen setia Anda ke depannya. 

Oleh karena itu dalam menghadapi tipe konsumen baru, usahakan selalu untuk memberikan pelayanan yang unggul agar tertanam kesan yang baik di benak konsumen hingga mereka pun bersedia kembali berbelanja di toko Anda. Pelayanan yang bisa Anda berikan misalnya dengan memberikan informasi tentang suatu produk yang konsumen inginkan secara lengkap dan jangan lupa untuk menyampaikannya secara ramah dan responsif.

Baca Juga: Memahami Tahapan Proses Pengambilan Keputusan Konsumen

2. Konsumen yang Belanja Sesuai Kebutuhan

Tipe konsumen berikutnya adalah konsumen yang akan berbelanja dengan memperhatikan soal apa saja yang menjadi kebutuhan mereka. Jika diamati, konsumen ini memiliki kebiasaan yang nampak yakni saat masuk ke dalam toko mereka akan langsung menuju etalase produk yang dituju, tanpa memiliki keinginan untuk melihat produk-produk lainnya.

Meskipun tipe konsumen ini sudah mengerti barang apa yang hendak dibeli, tetapi sebenarnya mereka tetap akan membandingkan tiap brand dari segi manfaat hingga harga. 

Nah, dengan melihat kebiasaan-kebiasaan yang dimiliki tipe konsumen satu ini, penting bagi Anda untuk melakukan promosi menarik dan menentukan harga yang tepat untuk produk tersebut. Tujuannya tentu agar mereka bisa menjadi konsumen yang loyal untuk brand Anda.

3. Konsumen Loyal

Berbanding terbalik dengan tipe konsumen baru yang akan melakukan pembelian untuk pertama kalinya, maka tipe konsumen loyal merupakan mereka yang telah melakukan pembelian secara berulang.

Nah, sehingga penting untuk mempertahankan tipe konsumen satu ini untuk keberlangsungan bisnis Anda. Lalu, bagaimana caranya? Cukup mudah, salah satunya adalah menerapkan strategi yang tepat. Misalnya dengan mengadakan loyalty program seperti memberikan rewards pada setiap pembelian dengan jumlah tertentu hingga voucher diskon produk.

Baca Juga: 8 Cara Menawarkan Produk ke Konsumen agar Laris Manis

4. Konsumen yang Ekspresif

Tipe lain dari konsumen yang perlu Anda hadapi dengan perlakuan tepat selanjutnya adalah konsumen yang ekspresif. Alasan mengapa dikatakan ekspresif karena mereka lebih cenderung mengungkapkan semua emosinya dengan jelas, baik itu senang, kecewa, ataupun marah. 

Lalu, bagaimana cara menghadapi tipe konsumen ini? Pertama-tama, cobalah untuk mengajak mereka berbicara secara langsung namun tetap dengan santai untuk meningkatkan hubungan yang baik antar kalian berdua. Selain itu, Anda juga bisa memasukkan ke dalam obrolan tersebut mengenai penjelasan keunggulan produk. Niscaya, cara yang telah Anda lakukan tadi dapat membangun kepercayaan mereka terhadap bisnis Anda. 

5. Konsumen yang Pencari Diskon

Nah, tipe konsumen satu ini biasanya sangat menyukai saat mereka mendapatkan promo atau diskon besar pada suatu produk yang sifatnya menguntungkan. Adanya tipe konsumen ini bisa sekali Anda manfaatkan dengan menurunkan harga barang atau diskon hingga menawarkan promo yang menarik. 

Misalnya dengan menggunakan metode bundling package yaitu jika konsumen membeli 2 produk justru biaya yang harus dibayarkan jauh lebih murah. Lalu, juga bisa dengan memberikan promo apabila melakukan pembelian minimal 3 barang nantinya akan mendapatkan reward. Nah, dengan begitu dijamin Anda bisa memiliki konsumen yang loyal.

banner

6. Konsumen Impulsif

Penting bagi Anda untuk mengenal tipe konsumen satu ini karena sebenarnya mereka dapat membantu dalam meningkatkan penjualan. Mengapa demikian? Pasalnya, konsumen impulsif merupakan konsumen dengan jumlah nilai pembelian yang dihasilkan terbilang cukup tinggi setelah konsumen loyal. 

Sebab, lebih seringnya mereka mengambil keputusan secara cepat saat hendak melakukan pembelian. Biasanya hal tersebut dipengaruhi oleh harga hingga kemudahan dalam proses pemesanannya. 

Sehingga, usaha yang perlu Anda lakukan untuk mendapatkan atensi dari konsumen impulsif ini tidak begitu susah karena mereka akan dengan mudah membeli produk jika diberikan layanan yang baik. Misalnya Anda harus mampu menjadi penjual yang sangat responsif dalam menjawab segala pertanyaan mereka terkait suatu produk. Selain itu, tawarkan juga kemudahan layanan transaksi ketika mereka hendak melakukan pembelian. 

7. Konsumen yang Cuma Lihat-Lihat

Tipe konsumen ini sekadar mementingkan pengalaman mengitari toko, sambil melihat-lihat produk tanpa mengharuskan mereka untuk berbelanja. Hal tersebut juga lebih sering kita sebut sebagai aktivitas window shopping

Namun, bukan berarti konsumen tipe ini tidak memiliki kemungkinan untuk melakukan pembelian. Mereka akan benar-benar membeli jika merasa tertarik dengan produk tersebut dan tentunya semakin dikuatkan apabila adanya promo atau bahkan harga yang sesuai. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk mengadakan berbagai promo menarik yang berbeda setiap waktunya.

Baca Juga: Pengertian, Aspek, dan Indikator Kepercayaan Konsumen

8. Konsumen yang Sangat Detail

Konsumen dengan tipe detail ini biasanya akan menanyakan segala sesuatu secara rinci yang tujuannya agar mendapatkan informasi dengan jelas. Hal tersebut dilakukannya juga karena mereka memiliki pertimbangan yang sangat matang saat akan membeli produk ataupun menggunakan jasa yang ditawarkan. Oleh karena itu, Anda harus mampu menguasai setiap detail produk agar mampu menjelaskan dengan baik kepada konsumen dengan tipe ini.

9. Konsumen yang Suka Membandingkan

Tipe konsumen yang mungkin Anda temui terakhir adalah konsumen yang selalu senang membandingkan antara produk dari brand satu dengan brand lainnya. Sebenarnya, mereka melakukan hal tersebut karena justru dilandasi dengan pemahaman yang sangat baik mengenai produk yang Anda miliki dan juga produk para kompetitor. Oleh karena itu, pahami dengan benar perihal produk Anda dan juga produk miliki kompetitor saat menghadapi konsumen dengan tipe ini.

Nah, itu tadi sederet berbagai tipe konsumen yang perlu Anda ketahui sekaligus cara untuk menghadapinya. Tentunya setelah membaca artikel kali ini, pemahaman Anda semakin meningkat terkait pemberian pelayanan konsumen sebaik mungkin demi keberlangsungan bisnis Anda. 

Tertarik juga untuk mengembangkan bisnis secara online? Ada beberapa skill yang juga penting Anda pahami. Misalnya seputar bagaimana cara membuat website yang tidak hanya memiliki tampilan bagus, namun juga mampu menarik pelanggan. 

Tenang, hal tersebut tidak perlu Anda risaukan karena sudah seharusnya untuk menyerahkan saja semuanya pada ahlinya. Salah satunya adalah ToffeeDev yang siap membantu bisnis Anda dengan berbagai layanan terbaik. 

Mulai dari jasa pembuatan website, layanan SEO, hingga digital ads dan sebagainya. Untuk mendapatkan informasi lebih lengkapnya, jangan ragu untuk hubungi tim ToffeeDev sekarang juga ya!

Share this post :

Tingkatkan Traffic, Tingkatkan Penjualan!

Dapatkan Konsultasi Gratis bersama ToffeeDev!
Scroll to Top
WhatsApp chat