15 Tips Bisnis Online Agar Sukses

15 Tips Bisnis Online Agar Sukses

Pengusaha perlu memperkaya pengetahuan tentang tips bisnis online agar usahanya makin berhasil. Anda justru akan merasa kewalahan selama menjalankan bisnis online jika tidak memahami tips pentingnya. Kali ini, ToffeeDev akan memberikan tips ampuh agar bisnis online Anda makin berjaya. Langsung simak saja artikel ini untuk mengetahui tipsnya.

Peluang Bisnis Online pada Era Ini

Tahun 2020-an menjadi peluang besar bagi bisnis online untuk berjaya. Banyak pengusaha baru memilih bisnis online sebagai sumber penghasilan mereka. Perusahaan lama yang telah berdiri di Indonesia juga memutuskan untuk membuka ‘cabang’ online di media sosial atau marketplace Indonesia.

Tidak bisa dimungkiri bahwa bisnis online merupakan model bisnis yang banyak diminati pada saat ini. Pengguna internet, tepatnya media sosial, makin bertambah sehingga meningkatkan peluang keberhasilan berjualan online. Sejak pandemi Covid-19 pun, masyarakat lebih memilih untuk membeli barang secara online karena lebih aman dan nyaman. Kesibukan sehari-hari juga menjadi alasan mereka lebih menyukai belanja online.

Baca Juga: 10 Strategi Memulai Bisnis Online dengan Modal Kecil

Tips Bisnis Online Agar Sukses yang Harus Dicoba

Memanfaatkan peluang saja tidak cukup untuk membuat bisnis online makin sukses. Anda harus menerapkan sejumlah tips penting yang bisa meningkatkan keberhasilan bisnis online. Apa saja tipsnya?

1. Kuasai Platform Bisnis Online

Penting sekali memahami fitur dan cara kerja platform bisnis online yang digunakan agar makin maksimal dalam menggunakannya. Fitur di situs jual-beli tidak sama dengan platform media sosial, jadi Anda perlu menguasai seluruh fiturnya satu per satu. Pelanggan akan memercayai bisnis Anda karena mampu menggunakan platform dengan baik.

Jasa SEO

2. Pilih Distributor atau Supplier Tepercaya

Distributor atau supplier merupakan mitra bisnis yang krusial sehingga Anda perlu mengecek kredibilitasnya. Pastikan mereka memiliki bahan baku atau produk dengan kualitas yang baik dan bermutu tinggi. Buat pula kesepakatan mengenai pengiriman produk agar tidak merugikan bisnis Anda.

Baca Juga: 10 Strategi Bersaing dalam Bisnis Online di Era Digital

3. Buat Foto Produk yang Profesional

Kesalahan yang sering disepelekan oleh pebisnis online pemula adalah asal mengunggah foto. Faktanya, Foto yang diambil secara profesional justru meningkatkan value produk dan bisnis Anda. Pelanggan juga menganggap bahwa bisnis Anda lebih profesional apabila serius dalam mengemas katalognya.

4. Tuliskan Deskripsi Produk dengan Jelas

Pelanggan lebih mudah memutuskan untuk membeli produk Anda setelah melihat deskripsi produknya. Anda perlu menulis deskripsi produk yang mencirikan nama, spesifikasi, dan harga produk yang akan dijual. Mereka pun tidak akan repot bertanya jika produknya telah memiliki deskripsi yang lengkap.

5. Buat Tema atau Desain yang Autentik

Bisnis online yang memiliki ciri khas dalam desain atau tema juga lebih cepat sukses karena lebih mudah diingat oleh pelanggan. Untuk tips ini, Anda dapat membuat desain dan tema online shop sesuai produk atau target pelanggan. Selain desain, Anda bisa pula menerapkan cara berjualan dan promosi yang unik.

Baca Juga: 7 Tahapan Pengembangan Produk Baru untuk Tingkatkan Brand Value

6. Fokuslah Melayani, Bukan Menjual

Berikan pelayanan yang terbaik kepada pelanggan, apalagi jika mereka baru pertama kali berbelanja di toko Anda. Jangan hanya menjual produk, Anda pun harus melayani pertanyaan dan mengenali masalah yang mereka hadapi. Niscaya Anda akan mendapatkan pelanggan setia dengan tips ini.

7. Bangun Hubungan dengan Pengikut Media Sosial

Pengikut Media Sosial

Anda pun harus membangun engagement dengan pengikut di media sosial. Caranya, Anda bisa mengunggah post atau story yang memancing mereka untuk memberikan respons. Tips ini perlu dilakukan secara konsisten hingga Anda memiliki pelanggan yang selalu membeli produknya.

Baca Juga: Strategi Meningkatkan Engagement Rate Melalui Digital Marketing

8. Tetapkan Harga yang Sesuai

Terdapat beberapa pertimbangan yang bisa dilakukan untuk menetapkan harga produk yang cocok. Pertama, memperhatikan target pasar atau karakteristik pelanggan dari buying behavior mereka. Kedua, membandingkan harga produk yang sama di toko kompetitor. Terakhir, menyesuaikan harga bahan baku dari supplier agar mendapatkan laba yang diharapkan.

9. Kenali Topik atau Tren Terbaru

Bisnis online Anda pun bisa menjadi ‘terdepan’ apabila ada topik atau tren menarik untuk dijadikan konten media sosial bisnis. Tentunya, sesuaikan tren tersebut dengan bisnis dan segmentasi pasar Anda. Pelanggan makin tertarik membeli produknya bila Anda membuat konten iklan yang kekinian.

10. Terus Belajar dari Ahlinya

Calon pebisnis online yang sukses selalu mau mempelajari hal-hal baru untuk mengembangkan usahanya. Anda bisa belajar dari orang yang berpengalaman dalam menjalankan bisnis online atau di bidang industri bisnis yang digeluti. Ikuti pula seminar atau kelas online biar kemampuan Anda makin mumpuni.

Baca Juga: 12 Penerapan Strategi Perang Sun Tzu dalam Bisnis Online

11. Sediakan Opsi Pembayaran

Opsi Pembayaran

Tips ini perlu dilakukan supaya proses transaksi berjalan lancar dan mudah. Pelanggan bisa mentransfer uangnya ke rekening pembayaran atau e-wallet yang dibutuhkan tanpa perlu khawatir mengenai biaya administrasinya. Namun, jangan lupa catat setiap transaksi yang masuk supaya arus kas Anda makin terjaga.

12. Berinvestasi di Peralatan atau Aplikasi Terbaik

Masa depan bisnis yang sukses dapat ditingkatkan dengan menggunakan peralatan terbaik. Contohnya, Anda bisa menggunakan aplikasi pencatat invoice untuk mencatat pesanan pelanggan yang sudah membludak. Ada pula printer mini untuk mencetak label berisi informasi penerima alamat tujuan penerima pesanan.

13. Jaga Kerahasiaan Data Pelanggan

Risiko bisnis online terletak pada kebocoran data jika komputer Anda tidak memiliki keamanan yang memadai. Anda perlu menyimpan data pelanggan di perangkat yang aman dan dipasangi sistem keamanan berlapis. Kebocoran data justru bisa menurunkan kepercayaan pelanggan terhadap bisnis online secara keseluruhan.

Baca Juga: Pentingnya Branding Bagi Bisnis Online

14. Rajin Mempromosikan Produk

Manfaatkan setiap fitur dalam platform untuk mempromosikan produk Anda, mulai dari story, foto, hingga reels. Teruslah konsisten dan rajin melakukan promosi hingga ada pelanggan yang tertarik dengan produk Anda. Jika diperlukan, Anda bisa memasang iklan di media sosial untuk menjangkau target pasar yang lebih besar.

15. Bangun Platform Website

Media sosial bukanlah satu-satunya cara untuk mencari pelanggan. Anda dapat membangun website e-commerce sebagai sarana transaksi yang lebih efisien apabila telah memiliki banyak pelanggan baru dan pelanggan setia. Website pun bermanfaat sebagai sarana branding supaya bisnisnya makin banyak diingat oleh pelanggan Anda.

Membangun dan menjalankan website tentunya lebih menantang daripada mengoperasikan akun media sosial. Belum lagi Anda harus menerapkan strategi SEO agar website-nya lebih mudah dicari di Google. Namun, jangan tunda impian untuk memiliki website sendiri karena Anda bisa menggunakan jasa Digital Marketing dari ToffeeDev.

ToffeeDev akan membuat website sesuai branding bisnis Anda dan mengoptimasinya hingga muncul di halaman pertama Google. Ingin mengetahui lebih lanjut tentang layanan kami? Hubungi kami segera dan kembangkan bisnis online Anda menjadi lebih besar hanya bersama ToffeeDev.
Itulah tips sukses menjalankan bisnis online dari ToffeeDev. Lakukan semua tips bisnis online di atas supaya usaha Anda mampu meraih keberhasilan.

Share this post :

Scroll to Top
WhatsApp chat