Tugas Customer Service dan Syarat yang Diperlukan

tugas customer service

Anda mungkin sudah tidak asing lagi dengan pekerjaan customer service, namun apakah Anda mengetahui berbagai tugas customer service? Seperti yang telah diketahui, dalam setiap perusahaan baik yang menyediakan barang maupun jasa, terdapat sebuah layanan pelanggan yang diciptakan untuk mendengarkan, menanggapi, dan memberikan solusi atas permasalahan pelanggan.

Layanan inilah yang disebut dengan customer service. Menariknya, adanya customer service ini tak hanya terbatas pada lingkup telepon saja, tetapi saat ini juga merambah ke media sosial agar pelanggan dapat lebih mudah memberikan feedback atau keluhannya. Ingin mengetahui lebih lanjut seputar customer service? Cari tahu informasi selengkapnya di bawah ini.

Apa Tugas Seorang Customer Service?

Customer service merupakan posisi yang sangat penting bagi perusahaan sebab bertugas untuk membantu pelanggan dan memastikan kepuasan pelanggan terhadap produk yang disediakan perusahaan. Beberapa tugas yang biasanya dilakukan oleh seorang customer service antara lain:

1. Melayani Pelanggan

Seperti yang telah diketahui bersama, tugas utama seorang customer service adalah melayani pelanggan dengan baik. Mereka harus siap sedia untuk menjawab pertanyaan pelanggan, membantu memecahkan masalah, dan memberikan saran atau solusi terbaik atas permasalahan atau keluhan yang dirasakan. 

2. Memastikan Kepuasan Pelanggan

Customer service harus memastikan bahwa pelayanan yang diberikan dapat meningkatkan kepuasan pada pelanggan. Sebab itu, dalam menjalankan pekerjaan, customer service harus bersikap proaktif untuk mengidentifikasi dan menyelesaikan masalah terkait produk perusahaan serta memberikan pelayanan yang lebih baik dari yang diharapkan pelanggan. 

Baca Juga: Customer Service: Pengertian, Tugas, dan Skill yang Dimiliki

3. Menjaga Hubungan dengan Pelanggan

Tugas lain dari customer service yang tidak banyak diketahui adalah menjaga hubungan perusahaan dan pelanggan dengan cara memberikan pelayanan yang konsisten dan tepercaya. Maka dari itu, setiap orang yang bekerja sebagai customer service harus memiliki kemampuan untuk berkomunikasi yang baik, solutif, ramah, dan cepat tanggap. 

Kemampuan ini dibutuhkan agar pelanggan merasa nyaman dan dapat mempercayai perusahaan. Customer service yang baik harus mampu memperkirakan kebutuhan pelanggan dan memberikan pelayanan yang memenuhi harapan pelanggan.

4. Meningkatkan Penjualan

Selain tugas-tugas di atas, customer service juga berperan dalam meningkatkan penjualan perusahaan. Pasalnya, sebagai customer service, Anda dapat memberikan saran atau rekomendasi produk kepada pelanggan sesuai dengan kebutuhannya atau melakukan penjualan langsung. 

Berapa Gaji Seorang Customer Service?

Sebenarnya, dalam hal gaji, pekerjaan customer service memiliki besaran gaji yang bervariasi tergantung pada perusahaan dan lokasi kerja. Namun, secara umum, gaji seorang customer service di Indonesia berkisar antara 2-5 juta rupiah per bulan. Terdapat beberapa faktor yang dapat memengaruhi besaran gaji customer service, berikut ulasan lengkapnya:

1. Pengalaman Kerja

Seperti pada lingkup pekerjaan lainnya, pengalaman kerja juga dapat menjadi faktor penting dalam menentukan gaji customer service. Semakin lama pengalaman kerja yang dimiliki, maka semakin tinggi pula gaji yang diterima. Customer service yang berpengalaman juga biasanya memiliki nilai yang lebih tinggi di mata perusahaan dan bahkan pelanggan.

2. Kualifikasi Pendidikan

Kualifikasi pendidikan dapat memengaruhi besaran gaji seorang customer service. Seorang yang mendaftarkan diri sebagai customer service dengan pendidikan yang lebih tinggi biasanya memiliki peluang yang lebih besar untuk menerima gaji yang lebih tinggi dibandingkan dengan yang memiliki pendidikan menengah atau kurang.

Baca Juga: Customer Experience: Pengertian, Strategi, dan Cara Membangunnya

3. Lokasi Kerja

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, lokasi kerja dapat menjadi salah satu faktor utama yang menentukan besaran gaji customer service. Pasalnya, gaji yang diterima pada pekerjaan customer service pada perusahaan yang berlokasi di kota besar seperti Jakarta biasanya lebih tinggi dibandingkan dengan di kota kecil atau di pedesaan.

4. Ukuran Perusahaan

Ukuran perusahaan juga dapat menjadi salah satu faktor yang memengaruhi nilai gaji yang diterima customer service. Perusahaan besar umumnya memiliki kebutuhan yang lebih besar untuk customer service, sehingga perusahaan cenderung memberikan gaji yang lebih tinggi untuk menarik kandidat yang berkualitas.

Apa Syarat Menjadi Customer Service?

Apakah Anda berminat untuk bekerja pada jenis pekerjaan ini? Berikut adalah beberapa syarat yang harus dipenuhi untuk menjadi seorang customer service yang baik:

1. Kemampuan Komunikasi yang Baik

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, customer service harus memiliki kemampuan komunikasi yang baik secara lisan maupun tulisan. Mereka harus dapat mengkomunikasikan informasi dengan jelas dan mudah dipahami oleh pelanggan.

2. Kemampuan Interpersonal yang Baik

Kemampuan interpersonal yang baik sangat penting dalam menjalin hubungan dengan pelanggan. Sebagai customer service, Anda tentu harus dapat merespons setiap pertanyaan, keluhan, hingga kritik dengan cepat dan tetap ramah.

Baca Juga: Brand Positioning: Pengertian, Jenis-Jenis, dan Strategi Penerapannya

3. Memiliki Pengetahuan Tentang Produk atau Layanan Perusahaan

Customer service harus memiliki pengetahuan yang cukup tentang produk atau layanan yang ditawarkan oleh perusahaan. Sebagai customer service, Anda harus dapat memberikan informasi yang akurat dan relevan seputar produk kepada pelanggan agar dapat menjualnya atau memberikan solusi atas permasalahan produk dengan tepat.

4. Kemampuan Mengatasi Konflik

Customer service harus mampu mengatasi konflik dengan baik, terutama dalam situasi yang sulit atau pelanggan yang tidak puas terhadap layanan jasa atau barang yang diterima. Anda harus memiliki kemampuan untuk mendengarkan keluhan pelanggan dan memberikan solusi yang tepat. Saat mengatasi hal ini, pastikan untuk dapat mengelola emosi sebab mungkin saja pelanggan akan menyampaikan keluhannya dalam keadaan marah.

banner

Apa Bedanya Customer Service dengan Call Center?

Customer service dan call center seringkali dianggap sebagai jenis pekerjaan yang sama, padahal sebenarnya keduanya memiliki perbedaan yang cukup signifikan. Berikut adalah beberapa perbedaan antara customer service dan call center:

1. Lingkup Tugas

Customer service memiliki lingkup tugas yang lebih luas dibandingkan dengan call center. Selain melayani panggilan telepon, customer service juga dapat melayani pelanggan melalui email, chat, media sosial, atau media komunikasi lainnya.

2. Fokus Pelayanan

Customer service lebih fokus pada pelayanan yang ramah dan memberikan solusi terbaik untuk pelanggan. Sedangkan call center hanya berfokus pada penanganan panggilan telepon dan memberikan informasi yang diperlukan.

3. Komunikasi

Komunikasi dalam customer service biasanya jauh lebih interaktif dan personal agar dapat menenangkan pelanggan, sedangkan call center umumnya memiliki mode komunikasi yang lebih formal dan profesional. Customer service juga lebih mengutamakan kemampuan interpersonal, sedangkan call center lebih mengutamakan kemampuan teknis seperti pengoperasian sistem telepon.

Secara umum, customer service memang cenderung memiliki peran yang lebih luas dalam hal pelayanan pelanggan, sedangkan call center lebih fokus pada penanganan panggilan telepon dan memberikan informasi yang diperlukan saja. 

Kesimpulannya, tugas customer service merupakan salah satu hal penting dalam mengelola hubungan antara perusahaan dan pelanggan. Untuk dapat memberikan pelayanan yang baik dan memuaskan, perusahaan harus memastikan bahwa customer service memiliki keterampilan dan pengetahuan yang cukup.

Sebelum menjalankan tugasnya, sebaiknya perusahaan memberikan pelatihan dan pengembangan keterampilan secara berkala. Di samping itu sebagai pelanggan, Anda juga dapat berperan dalam membantu perusahaan meningkatkan kualitas pelayanan dan tugas customer service dengan memberikan masukan dan umpan balik yang membangun. 

Jadi perusahaan dapat membangun hubungan yang lebih kuat dengan pelanggan mereka dan mencapai kesuksesan dalam bisnisnya. Nah, setelah membaca informasi tentang customer service di atas, apakah Anda sekarang lebih memahaminya? 

Ada satu hal lagi yang bisa dilakukan perusahaan untuk membuat bisnis menjadi lebih berkembang dan sukses, yaitu dengan memaksimalkan digital marketing sebagai metode pemasaran produknya. Untuk membantu mewujudkan hal tersebut, Anda dapat mengandalkan ToffeeDev. 

Sebagai digital marketing agency tepercaya dan unggul, ToffeeDev berkomitmen untuk membantu Anda memperluas jangkauan bisnis dan membuat produk dikenal oleh lebih banyak orang melalui strategi digital yang tepat sasaran. 

Tunggu apalagi? Hubungi ToffeeDev sekarang dan optimalkan penggunaan media digital perusahaan Anda untuk menarik lebih banyak pelanggan!

Share this post :

Scroll to Top
WhatsApp chat