Faktor Tips Memilih Jasa Pembuatan Website adalah desain yang baik
Tips Memilih Jasa Pembuatan Website yang Benar
Agustus 3, 2020
Cara Membuat Website Toko Online
Cara Membuat Website Toko Online dengan Mudah untuk E-commerce
Oktober 5, 2020
Show all

Strategi Buat Toko Online Profesional untuk Bisnis Pemula

Buat Toko Online Profesional yang bisa diakses dengan mudah

Image by Photo Mix from Pixabay

Terdapat beberapa cara membuat toko online profesional. Anda bisa memilih untuk mendesain sendiri, maupun menggunakan Jasa Pembuatan Website Profesional untuk merancang situs tersebut. Namun, jika Anda memutuskan untuk buat toko online profesional secara mandiri, berikut beberapa strategi yang dapat Anda terapkan.

Membuat Domain

Menentukan nama domain bagi website merupakan keharusan yang tidak boleh disepelekan, karena domain ini yang membuat user mengunjungi situweb Anda. Jangan memberi nama domain terlalu panjang, tidak familiar, serta terkesan “ ngawur”. Misalnya seperti nama domain apaapanyadong.com, tentu saja web ini tidak akan dikunjungi orang karena terlalu panjang.

Dalam membuat domain, terdapat beberapa strategi yang perlu Anda lakukan, antara lain:

  1. Sederhana. Berilah nama website Anda sesederhana mungkin tetapi mudah diingat oleh user atau pelanggan. Contoh : www.taupasar.com untuk memberi info soal pemasaran atau marketing.
  2. Pilih .com (dot com). Hal ini perlu dilakukan karena masyarakat awam atau user lebih familiar dengan .com dibandingkan .net, .org atau co.id.
  3. Keyword. Gunakan keyword yang senama dengan domain sehingga memudahkan user untuk mengingat nama domain website Anda.
  4. Web Hosting. Pada saat Anda sudah mempunyai domain berbayar, berarti situs web Anda sudah menjelma menjadi situs web profesional karena sudah tidak gratisan lagi. Agar website Anda memiliki banyak konten, maka diperlukan hosting yang berfungsi untuk menyediakan space tambahan bagi situs web Anda. Hosting menjadikan suatu situs web berkapasitas besar hingga beberapa halaman (page web). Akan tetapi hosting ini memiliki masa kadaluarsa seperti domain, sehingga Anda harus membayar iuran supaya domain dan hosting situs web Anda terus aktif. 

Mendesain Website Toko Online

  1. Komputer Anda harus sudah disertai Windows 10 dan Microsoft Office 2016. Bukalah Microsoft Publisher;
  2. Pilih dan buka folder “web sites”. Selanjutnya Anda tinggal memilih tampilan (template) desain seperti yang Anda inginkan;
  3. Jika sudah memilih salah satu template yang telah disediakan, Anda harus memberi tanda silang pada semua kolom site goal untuk melengkapi fitur Homepage Anda;
  4. Kemudian klik “OK”. Template situs web Anda pun sudah jadi. Anda tinggal mengedit sesuai kreasi Anda dengan tools yang disediakan di Microsoft Publisher;
  5. Preview desain website Anda  setelah online;
  6. Kalau Anda ingin memiliki website dalam waktu singkat, Anda dapat download melalui situs web yang menawarkan gratis.

Menulis Sales Letter

Sales letter  merupakan bahasa komersial untuk menjual produk Anda. Anda bisa membuat sales letter sendiri atau menggunakan jasa copywriter. Contoh sales letter yaitu:  “Beli  1 Gratis 1, Pesan Arloji Nonex Sekarang!!! Hanya $250.000,- Saja. Free Ongkos Kirim.

Jika Anda ingin membuat sales letter sendiri, maka Anda harus memperhatikan hal-hal berikut ini:

  • Headline & Subline

Dasar  utama  dalam  menuliskan sales letter adalah menentukan headline beserta sub headline. Ini sangat penting karena ketika user membuka situs web Anda, perhatiannya akan tertuju pada headline situs web. Jika kalimat headline situs web Anda kurang menarik maka user tidak akan melanjutkan melanjutkan browsing ke seluruh konten situs web Anda.

  • Menawarkan Solusi

Sales letter yang bagus juga memberikan solusi bagi user atau konsumen. Contoh: “Mobil Anda rusak berat? Kami beli dengan harga sehat!”. Menawarkan  solusi bagi pelanggan bisa menjadi selling point produk Anda.

  • Mengenalkan Produk Anda

Anda harus menuliskan  secara lengkap spesifikasi dan keunggulan produk yang Anda jual, sehingga pelanggan tidak ragu untuk memenuhi kebutuhan mereka terhadap produk tersebut.

  • Tuliskan Testimoni Pelanggan

Menuliskan testimoni dari pelanggan lain yang puas terhadap produk Anda bisa meyakinkan calon pelanggan berikutnya. Jenis-jenis testimoni ada 5 yaitu:

  • Testimoni berupa tulisan (tulisan pelanggan);
  • Testimoni berupa tulisan dan foto (tulisan dan foto pelanggan);
  • Testimoni berupa suara (suara pelanggan terekam dalam audio klip);
  • Testimoni berupa suara dan foto pelanggan;
  • Testimoni berupa video.

Sediakan Proses Pembayaran

Setelah sales letter Anda menghasilkan penjualan langkah selanjutnya yaitu menentukan proses pembayaran. Pembayaran secara elektronik sangat memudahkan Anda berbisnis online karena Anda tidak perlu repot datang ke bank untuk mencairkan uang dari pelanggan. Sistem pembayaran elektronik ini biasa disebut dengan e-banking. Pembayaran online yang dapat Anda sediakan meliputi:

  • Transfer ATM

Anda harus memiliki rekening bank agar pelanggan Anda dapat membayar via transfer ATM ke rekening Anda. Anda dapat menampilkan nama dan nomor rekening bank dalam situs web Anda. Hal ini akan memudahkan pelanggan Anda melakukan pembayaran terhadap produk yang sudah dibeli. Pembayaran via ATM ini khusus untuk transaksi dalam negeri. 

  • Internet Banking

Pembayaran melalui internet banking lebih global. Pembayaran transaksi dalam negeri bisa langsung dilakukan antara rekening konsumen dan rekening Anda, sedangkan pembayaran online dari transaksi bank luar negeri harus melalui perantara karena bank-bank nasional belum mengadakan kerjasama dengan bank luar negeri. Untuk transaksi lintas dunia, yang paling populer di Indonesia mungkin hanya PayPal.

  • PayPal

Bank luar negeri termasuk kartu kredit akan membayarkan sejumlah uang ke account PayPal. PayPal lalu memberi verifikasi sah terhadap pembayaran itu. Kemudian PayPal baru memberikannya ke rekening atau kartu kredit Anda. Jika pembayaran melalui kartu kredit maka untuk menarik tunai Anda harus mentransfer lagi ke rekening bank Anda.

Nah, itu dia beberapa cara buat toko online profesional. Bagaimana menurut Anda? Apakah Anda punya usulan lain? Tuangkan ide Anda pada kolom komentar di bawah ini, ya!

Farhan Agassi
Farhan Agassi
I am Farhan Agassi, content writer at Toffeedev. technology enthusiast, and avid any kind of entertainment watcher.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *