Mockup Website Adalah
Mengenal Mockup Website dan Elemennya
Mei 6, 2020
4 Komponen Bisnis Online yang Penting
4 Komponen Bisnis Online yang Penting Saat Ini
Mei 8, 2020
Show all

Mengetahui Cara Kerja Google Trends yang Bermanfaat

Cara Kerja Google Trends

Cara Kerja Google Trends

Sebagai raksasa teknologi, Google Tidak pernah berhenti memberikan inovasi berbentuk produk baru. Setelah menciptakan Gmail, Google Drive, serta Google Calendar, Google juga menciptakan Google Trends. Google Trends adalah adalah statistik berbentuk grafik yang menunjukkan data pencarian di dalam website tentang topik apa saja yang sedang populer dalam kurun waktu tertentu. Tentu saja dalam penggunaannya ada cara kerja Google Trends yang sebenarnya perlu Anda ketahui ketika ingin menggunakannya.

Google Trends mungkin termasuk yang tidak sering digunakan oleh banyak orang. Padahal terdapat potensi besar yang ditawarkan Google Trends, khususnya dalam pembuatan konten dan optimasi SEO.  Dengan melimpahnya data yang tersedia di dalam Google Trends, tentunya bisa Anda manfaatkan dengan baik, asalkan tahu bagaimana cara kerja Google Trends.

Jadi, bagaimana cara kerjanya? Bagian apa saja yang bisa dimanfaatkan? Simak penjelasan lengkapnya di bawah ini.

Menggunakan Keyword

Dalam menggunakan Google Trends, Anda harus memasukkan keyword  di dalam boks yang telah tersedia. Kegunaan keyword  ini memang untuk mencari informasi yang ingin Anda dapatkan. Jika tidak adanya keyword  dalam menggunakan Google Trends, sebenarnya bisa saja, namun akan terasa hambar.

Apalagi tidak semua topik yang sedang populer menjadi penting untuk Anda. Pastinya Anda membutuhkan topik yang nantinya bisa dihubungkan dengan bisnis yang dimiliki. Itulah mengapa Anda harus menggunakan keyword  dalam penggunaan Google Trends.

Memberikan Topik Populer di Masing-masing Negara

Sebagai pusat data dari berbagai macam topik populer di masing-masing negara, Anda bisa mendapatkan data tersebut dengan mudah di Google Trends. Anda tidak perlu lagi bingung bagaimana mencari topik yang sedang naik daun pada hari ini.

Ketika Anda membuka Google Trends, secara otomatis posisi negara Anda akan dilacak. Kemudian Google Trends langsung menyajikan data-data yang dibutuhkan di homepage. Anda tidak perlu lagi masuk menjelajahi website ini. Semuanya sudah langsung dihadirkan.

Dibagi Berdasarkan Daerah

Ketika Anda mencari menggunakan keyword, hasilnya akan segera keluar. Namun tidak hanya hasil berapa banyak orang yang sedang mencari keyword itu, tetapi juga dibagi berdasarkan daerah. Anda jadi bisa tahu sebenarnya daerah mana saja di negara tersebut yang paling banyak mencari keyword tersebut. Informasi tambahan seperti ini memang menjadi kelebihan Google Trends. Apalagi data-data ini bisa Anda akses secara bebas dan gratis.

Memberikan Topik yang Berkaitan

Tidak hanya membagi data berdasarkan daerah saja, Google Trends juga akan memberikan topik yang berkaitan. Bagian ini ada di bawah hasil pencarian keyword. Biasanya dibagi dalam dua kolom yaitu Related Topics dan Related Queries. Anda bisa menjadi data-data tersebut untuk informasi dan ide tambahan.

Itulah cara kerja Google Trends yang perlu Anda ketahui. Dengan sudah mengetahui cara kerjanya, maka jangan sampai Anda melewatkan kesempatan menggunakan tool ciptaan Google ini. Apalagi Anda bisa menggunakannya secara gratis dan kapanpun Anda mau. Walaupun gratis, data yang dihadirkan bisa Anda olah untuk menjadi bentuk konten yang lebih maksimal lagi. Maka dari itu, cobalah menggunakan Google Trends hari ini.

Baca Juga: Memanfaatkan Google Trend SEO untuk Trafik Website

Semoga informasi yang diberikan di artikel ini bisa memberikan manfaat sekaligus wawasan terbaru kepada Anda. Selain itu, jangan lupa untuk memberikan komentar terkait isi artikel ini dan share artikel ini di media sosial Anda agar semakin banyak yang tahu informasi ini.

Timotius
Timotius
Hello, I'm Timo. Working in the media industry since 2014, I want to absorb more experience in this industry and provide the best for my profession as a Content Writer.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *