Bagaimana Cara Menjadi Content Writer
Bagaimana Cara Menjadi Content Writer?
April 16, 2020
Cara Kerja Google Search Engine
Bagaimana Cara Kerja Google Search Engine?
April 16, 2020
Show all

Mengenal Cara Kerja Menjadi Penulis Online

Cara Kerja Menjadi Penulis Online

Cara Kerja Menjadi Penulis Online

Perkembangan zaman pada saat ini membuat banyak peluang pekerjaan baru yang terbuka. Tentunya jika Anda tahu bagaimana cara memanfaatkannya, Anda bisa meraup keuntungan yang cukup besar. Keahlian Anda dalam satu bidang tertentu, khususnya mengenai ilmu pengetahuannya di sana bisa dikonversi menjadi uang jika tahu bagaimana cara kerja menjadi penulis online.

Mungkin tidak banyak yang tahu bahwa pada saat ini, banyak perusahaan yang membutuh penulis online handal yang paham dengan industri yang sesuai. Mereka membutuhkan penulis yang mampu membuat konten untuk industri tertentu dan pastinya itu digunakan untuk promosi. Maka dari itu, jika Anda mau mencari tahu cara kerja menjadi penulis online, Anda bisa mendapatkan beberapa tipsnya di bawah ini.

Cari Pekerjaan via Internet

Seperti yang telah dituliskan di atas, perkembangan zaman pada saat ini menghadirkan kemudahan kepada Anda jika ingin mencari pendapatan di internet. Itulah mengapa mulai marak peluang kerja menjadi penulis online. Anda bisa mencari pekerjaan tersebut via internet. Anda tinggal masuk ke beberapa situs lowongan pekerjaan. Jika Anda sabar mencarinya, maka Anda bisa mendapatkan pekerjaan tersebut. Biasanya perusahaan yang membutuhkan penulis online tidak mewajibkan Anda datang ke kantor mereka. Anda hanya diminta memberikan CV dan contoh artikel yang pernah dibuat.

Siapkan Contoh Artikel

Memang untuk bisa meyakinkan perusahaan tersebut bahwa Anda adalah penulis yang handal adalah dengan memberikan contoh artikel. Maka dari itu, sebelum Anda mulai mengirimkan lamaran pekerjaan, Anda sudah harus menyiapkan contoh tulisan dari sekarang. Buatlah tulisan atau artikel yang memang sesuai dengan industri bisnis perusahaan tersebut. Jangan sampai Anda malah mengirimkan artikel tentang kesehatan ke perusahan yang bergerak di bidang teknologi. Begitu juga sebaliknya. Sebaiknya samakan tema artikel Anda dengan industri perusahaan yang ingin Anda masuki agar bisa lebih mudah diterima oleh mereka.

Mampu Membuat Artikel yang Baik

Untuk cara ini, tentu saja harus Anda miliki. Jangan sampai Anda merasa bahwa diri Anda sudah mampu membuat artikel yang baik, padahal sebenarnya tidak. Bagaimana cara untuk mengukur kemampuan menulis Anda? Ada dua cara. Pertama, Anda percaya diri untuk mengirimkan CV ke beberapa perusahaan yang membutuhkan penulis online dan lihat jawaban mereka. Kedua, Anda bisa meminta orang lain, seperti kerabat atau teman terdekat untuk mengecek apakah artikel Anda sudah bagus atau belum. Dari sana, maka Anda bisa mendapatkan penilaian yang kiranya bisa menjawab apakah Anda sudah membuat artikel yang baik atau belum.

Menghormati Deadline

Untuk bisa kerja menjadi penulis online, Anda diwajibkan menghormati deadline yang nantinya diberikan oleh perusahaan tersebut. Tipikal orang Indonesia, banyak yang tidak sadar bahwa mereka harus menghormati deadline yang memang harus dipatuhi sejak awal karena terbiasa telat dan dimaklumi. Apalagi sebagai seorang penulis online. Sudah sejak awal, penulis online harus tahu bagaimana bekerja membuat artikel tanpa harus melewati deadline yang ada. Dengan bisa kerja tanpa melewati deadline, maka pihak perusahaan tahu bahwa Anda sudah bekerja dengan baik sekaligus profesional. Ingat, deadline adalah sahabat paling dekat penulis online. Dan Anda harus tahu bagaimana mengurusnya.

Baca Juga: Bagaimana Cara Menjadi Content Writer?

Itulah cara kerja menjadi penulis online yang bisa Anda jadikan pekerjaan sampingan atau memang menjadi pekerjaan utama. Jangan lupa untuk share artikel ini dan memberikan komentar. Semoga bermanfaat untuk Anda.

Timotius
Timotius
Hello, I'm Timo. Working in the media industry since 2014, I want to absorb more experience in this industry and provide the best for my profession as a Content Writer.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *