Engagement Marketing
Engagement Marketing: Membangun Relasi dengan Konsumen
Maret 31, 2020
Aplikasi Untuk Online Meeting
Barisan Aplikasi Untuk Online Meeting di Rumah
April 1, 2020
Show all

Cara Membuat SEO Report yang Baik untuk Klien Anda

SEO Report yang Baik untuk Klien Anda

SEO Report yang Baik untuk Klien Anda

Anda bisa menentukan seberapa bagusnya seorang SEO konsultan dengan melihat report yang mereka kerjakan. SEO report yang buruk akan berisi data yang tidak berguna, bahkan kurang, dan tidak memiliki masukan yang berguna untuk klien. Untuk SEO report yang bagus akan berisi simpulan dari data – data penting, saran berguna, hingga insight yang baik. Dan menjelaskan apa saja yang sudah dikerjakan dengan maksimal.

Apa itu SEO Report

Report ini akan memberikan gambaran umum tentang kinerja suatu website di mesin pencari. SEO yang baik akan didasarkan pada perencanaan dan benar-benar melakukan pekerjaan hari demi hari. SEO report adalah analisis perencanaan dan hasil proses pekerjaan untuk melihat efek apa yang sudah dihasilkan.

Report ini bukan hanya untuk Anda, namun lebih untuk klien Anda. Karena mereka tidak akan duduk disamping Anda selama proses pengerjaan optimasi SEO. 

SEO Report yang Efektif adalah

Untuk membuat repot yang efektif ada beberapa hal yang harus Anda ketahui adalah:

    • Progress: Tidak hanya karena pengetahuan yang Anda berikan kepada klien, laporan tersebut juga harus menunjukkan kemajuan. Contohnya berapa banyak Anda telah mengoptimasi website mereka selama sebulan. Dan apa saja yang sudah berubah dalam satu bulan tersebut.
    • Insights: Pengetahuan Anda tentang hal – hal yang bisa diterapkan untuk klien Anda, khususnya meng highlight isu – isu dan area yang bisa dikerjakan bulan mendatang.

 

  • Recommendation: Apa yang akan Anda rekomendasikan untuk klien meraih goals mereka.

 

Pada dasarnya, mereka ingin melihat ROI dari SEO mereka. Seorang klien akan selalu menginginkan bukti bahwa membayar untuk SEO akan membawa hasil investasi yang positif bagi perusahaan mereka.

Apa yang Ingin Dilihat Oleh Klien dalam Report Anda

Sebenarnya hal ini tergantung oleh klien. Namun ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan, karena beberapa hal ini ingin dilihat oleh klien. Beberapa diantaranya adalah:

  • SEO Health: Gambaran masalah teknis dan error yang dapat mempengaruhi visibilitas SEO.
  • Backlink Health: Melihat backlink seperti apa yang ada di website client
  • Ranking Progress: Lihat bagaimana peringkat dari website berubah dan mengawasi setiap potensi terjadinya penurunan.
  • Organic traffic progress: Memahami traffic organik dengan cepat dan melihat halaman apa saja yang mendatangkan traffic.
  • Sales/ Leads: Menampilkan ROI yang nyata dan diperoleh klien dari SEO.

Para client akan memilih jasa SEO yang bisa memberikan laporan dengan jelas dan insight yang baik.

Lalu Bagaimana Membuat SEO Report

Ada tiga hal yang harus Anda perhatikan untuk membuat report yang benar – benar ingin dilihat oleh klien. Laporan SEO yang efektif untuk klien akan memerlukan:

  • Data;
  • Penjelasan;
  • Buat rekomendasi lebih lanjut

Klien Anda juga orang yang memiliki kesibukan, oleh karena itu berikan laporan yang padat akan informasi dan berikan insight serta rekomendasi kedepannya. Report yang terlalu fancy juga bukan hal yang berguna. Report yang penuh akan informasi adalah hal yang paling tepat.

Kesimpulan

Report yang baik akan menjadi tanda bahwa Anda adalah seorang SEO optimizer yang profesional. Klien juga akan senang bila Anda memberikan report yang penuh akan informasi dan saran – saran yang baik untuk kedepannya.

Baca Juga: Bagaimana Bekerja Sebagai SEO Specialist di Tahun 2020?

Jadi bagaimana? Apakah Anda akan membuat report seperti ini? Apabila Anda memiliki pertanyaan atau pendapat yang berbeda silahkan bagikan pada kolom komentar, dan jangan lupa untuk share artikel ini.

Timotius
Timotius
Hello, I'm Timo. Working in the media industry since 2014, I want to absorb more experience in this industry and provide the best for my profession as a Content Writer.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *