Pengertian JavaScript
Pengertian JavaScript dan Sejarahnya yang Penting
Februari 21, 2020
Pengertian Pagination
Pengertian Pagination yang Sebenarnya Sering Digunakan
Februari 21, 2020
Show all

Cara Mempromosikan Podcast Anda Lewat Spotify

Podcast Spotify

Podcast Spotify

Demam layanan streaming musik pada saat ini membuat semakin banyak orang yang merasakan manfaatnya. Ketika dulu untuk mendengarkan musik harus membeli rilisan fisik seperti CD dan kaset, atau harus mengunduh lagu-lagu tersebut lalu dimasukkan ke ponsel dan laptop/PC yang dimliki. Untungnya sekarang tidak perlu melakukan cara merepotkan itu lagi hanya untuk mendengarkan lagu. Kehadiran layanan streaming musik menjadikan aktivitas ini menjadi jauh lebih mudah.

Ada beberapa layanan streaming musik yang bisa dipilih. Dimulai dari Apple Music, Joox, hingga Spotify. Namun saat ini, Spotify menjadi yang paling banyak digunakan. Hebatnya lagi Spotify tidak hanya digunakan untuk mendengarkan musik saja, tetapi juga podcast.

Definisi Podcast

Apa itu podcast? Podcast adalah episode program yang tersedia di internet. Bisanya podcast itu berisi suara rekaman audio yang dibentuk sedemikian rupa sehingga seperti talkshow yang biasanya ada di program TV, radio, dan lainnya. Podcast pun juga semakin diminati pada saat ini. Awalnya hanya untuk menjadi sarana pendidikan, sekarang podcast sudah berisi berbagai topik beragam, dari yang penting hingga yang tidak penting sekalipun. Tidak hanya dari pelaku podcast saja yang mulai menjamur, pendengarnya pun malah lebih banyak lagi. Inilah yang membuat podcast semakin terkenal.

Spotify Untuk Podcast

Untungnya, Spotify sudah bisa menjadi platform bagi Anda yang membutuhkan tempat untuk menaruh podcast yang dibuat agar semakin banyak orang yang mendengarkan. Sekarang pertanyaannya adalah bagaimana cara mempromosikan podcast lewat Spotify? Bagi yang penasaran, simak penjelasannya di bawah ini.

  1. Masuk ke halaman Spotify for Podcaster. Langkah pertama yang perlu Anda lakukan untuk mengunggah podcast Anda adalah masuk ke halaman Spotify for Podcaster. Jika Anda tidak tahu alamat websitenya, ini adalah alamatnya: https://podcasters.spotify.com/.
  2. Masuk gunakan akun Spotify. Selanjutnya Anda harus masuk/login dengan akun Spotify yang dimiliki. Agar bisa lebih nyaman dalam penggunaannya, sebaiknya akun Spotify yang Anda miliki sudah versi Premium.
  3. Saatnya memulai. Untuk memulai proses unggah podcast, Anda pilih opsi Get Started di bagian halaman Submit Your Podcast.
  4. Ikuti aturan yang ada. Seperti biasa, di dalam proses seperti ini selalu ada Terms and Conditions yang harus dipenuhi. Centang saja kotak di halaman tersebut, lalu klik Continue.
  5. Gunakan link RSS feed. Sebenarnya Anda tidak bisa mengunggah file audio dari podcast ke dalam Spotify. Anda memerlukan host website podcast yang sudah banyak tersebar di internet, seperti Blubbry, Buzzsprout, Castos, Podiant, SoundCloud, PodBean, Spreaker, Libsyn, hingga Simplecast. Ada yang bisa Anda gunakan secara gratis, tapi ada juga yang berbayar. Anda bisa memilih sesuai keinginan. Jika sudah mengunggah di salah satu host tersebut, Anda memasukkan link RSS feed dari audio podcast ke kotak yang telah disediakan.
  6. Semua menjadi otomatis. Anda tidak perlu lagi mengunggah cover image dari podcast yang dimiliki karena nantinya sudah pasti muncul di Spotify. Anda tinggal klik Next.
  7. Lengkapi data. Di bagian Add Podcast Info, Anda perlu memasukkan informasi bahasa yang digunakan di dalam podcast, negara tempat berasal, kategori podcast, dan penyedia layanan. Jika sudah, segera klik Next.
  8. Lakukan review. Sebelum benar-benar selesai, sebaiknya lakukan review untuk semua konten yang ada di dalamnya, khususnya di bagian data. Jika memang semua sudah oke, Anda tinggal pilih Submit. 

Kesimpulan

Setelah Anda melakukan langkah-langkah di atas, podcast yang diunggah akan di-review terlebih dahulu oleh tim Spotify sebelum nantinya bisa muncul di Spotify. Namun bagian ini tidak akan memakan waktu berhari-hari. Hanya perlu beberapa jam saja.

Itulah cara mempromosikan podcast Anda lewat Spotify. Jangan sampai melewatkan layanan streaming musik ini untuk menjadi platform dari podcast Anda. Semoga informasi ini berguna dan jangan lupa berikan komentar serta share artikel ini.

Farhan Agassi
Farhan Agassi
I am Farhan Agassi, content writer at Toffeedev. technology enthusiast, and avid any kind of entertainment watcher.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *