Memaksimalkan Digital Marketing Untuk Bisnis
Juli 23, 2018
Google Update Algoritma Awal Agustus 2018
Agustus 6, 2018
Show all

Cara Mendapatkan Leads Melalui Facebook

Hai, kembali lagi dengan Ryan Kristomuljono dari ToffeeDev. Dalam video kali ini saya ingin membagikan kepada teman-teman bagaimana caranya kita untuk mendapatkan lebih banyak leads menggunakan Facebook. Apabila anda memiliki bisnis atau marketer yang bisnisnya sering berhadapan dengan kegunaan dari mendapatkan banyak leads, maka ini adalah cara-cara yang bisa anda gunakan untuk mendapatkan lebih banyak leads. Leads disini maksudnya adalah calon pelanggan atau orang yang menghubungi bisnis anda untuk melihat lebih jauh atau bertanya lebih jauh mengenai produk atau jasa yang anda tawarkan. Jadi, kita akan bahas bagaimana mendapatkan leads lebih banyak menggunakan Facebook.

Seperti yang anda ketahui bahwa sekarang ini Facebook adalah salah satu tempat dimana kita bisa memasarkan produk kita dengan lebih mudah di internet. Jadi, ini juga adalah salah satu tempat yang sangat bagus apabila anda menggunakan Facebook untuk bisnis anda. Yang paling banyak ditanyakan adalah bagaimana Facebook sebagai social media bisa digunakan untuk mendapatkan lebih banyak leads dan ada banyak cara yang bisa digunakan untuk mendapatkan leads di Facebook. Tapi, kali ini saya akan membagikan 3 cara bagaimakan kita bisa menggunakannya untuk bisnis kita dengan lebih efektif. Jadi, akan ada 3 cara yang akan saya berikan.

Yang pertama adalah menggunakan Ads yaitu menggunakan Lead Forms yang kedua adalah Ads untuk menggunakan Messenger Ads dan yang ketiga adalah Ads untuk menggunakan Comment Post. Ketiga cara-cara ini yang paling banyak digunakan orang untuk mendapatkan banyak leads atau mengumpulkan leads. Yang dimaksud dengan leads disini adalah setidaknya anda mengumpulkan nama, email, nomor telefon atau setidaknya dapat terhubung dengan user-nya anda.

Jadi, yang pertama adalah Ads-Lead Forms, untuk anda yang live bersama saya kali ini anda bisa juga memberikan komentar, klik like, love atau apapun yang bisa menyemangati saya bahwa anda live bersama dengan saya untuk melihat video ini. Ads-Lead Forms ini adalah salah satu fitur yang dibuat Facebook untuk kita pemilik bisnis untuk memiliki lebih banyak leads. Kalau anda pernah melihat iklan di mobile phone anda contohnya seperti ini, dimana anda bisa melihat iklan seperti biasa, sponsor ads tapi pada saat anda mengklik iklannya seperti kanvas, seperti langsung live dan disini anda bisa yang menarik adalah anda bisa menemukan bahwa data anda sudah terisi dikolom email, full name, atau bisa juga minta untuk nomor telefon. Ini sangat powerful karena ini yang disebut Prepopulated Field.

Jadi Facebook memberikan ijin kepada anda sebagai pemilik bisnis untuk meminta data dari para pengguna Facebook untuk terhubung dengan bisnisnya anda dan semuanya secara otomatis, customer anda tidak usah lagi mengisi nama, email, nomor telefon. Mereka bisa mengganti, of course. Dan setelah mereka submit maka kita masuk ke Thankyou Page. Tapi yang menarik adalah dibagian tengah ini anda bisa meminta apapun kepada mereka. Anda bisa meminta tempat bekerjanya mereka, gender, umur, atau apapun. Disitu anda bisa targetkan minta kepada user-nya anda. Menarik? Nah, ini adalah yang pertama Facebook Lead-Ads namanya.

Cara yang kedua adalah dengan menggunakan Ads, Ads juga tapi kita menggunakan Messenger Ads. Seperti apa contohnya? Saya akan tunjukkan pada anda, adalah contohnya seperti ini, kalau anda, ini adalah contoh. Saya tadi sudah meng-create setelah satu iklan, ini adalah news feed dan kebetulan disini ada iklan yang akan saya gunakan sebagai contoh. Apabila kita klik iklan ini, maka kita akan langsung terhubung dengan Messenger. Nah, dan pada saat mereka berkomunikasi dengan kita menggunakan Messenger seperti ini, maka orang tersebut akan terhubung dengan kita di Messenger-nya kita, sehingga kita bisa melakukan broadcast atau terhubung dan orang ini dengan user-nya kita melalui Messenger.

Menarik? Jadi, data ini anda bisa kumpulkan di Messenger bisa di broadcast, kita menggunakan tools yang digunakan sebagai chat board untuk bisa terhubung dengan orang-orang ini. Jadi, ini menggunakan basisnya dari Facebook. Facebook menggunakan alat ini supaya kita bisa lebih engage dengan target audience-nya kita, user-nya kita. Jadi, ini adalah cara kedua yang akan share dalam video kali ini.

Cara ketiga yang akan saya share adalah Comment Post. Apakah anda pernah melihat satu comment satu post di Facebook, dimana anda bisa memberikan komen, biasanya bisnis memberitahukan bahwa “Oke, yang mau mendapatkan apa, tulis di komentar. Mau.” atau sejenisnya. Seperti apa pengaplikasiannya, saya berikan contoh disini. Saya tadi buat post untuk di I Am Bot. I Am Bot adalah chat board consultant berbasis di Indonesia. Maka, disini ada post yang paling baru, di atas sini. Kita kasih tau “We are giving away FREE report everything you need to know about Artificial Intelligence in 2018”. Ini saya close terlebih dahulu. Tulis “Mau” di kolom komentar. Maka, kalau ada 1 orang tulis “Mau” disini saya akan merubahnya menjadi saya dan disini saya ketikan “Mau”. Apa yang akan terjadi? Secara otomatis juga bahwa kita bisa terhubung dengan Messenger yang bisa kita communicate dengan char master-nya anda. Jadi, ini adalah salah satu cara yang bisa kita gunakan untuk mendapatkan lebih banyak leads di dalam bisnisnya kita.

Jadi, 3 cara yang saya bagikan kali ini ada Facebook Lead-Ads, ada Ads menggunakan Messenger Ads dan yang ketiga adalah menggunakan comment tools. Jadi, comment di post untuk terhubung dan mendapatkan mereka menjadi leads. Semoga video ini bisa berguna bagi bisnis anda dan anda bisa menggunakannya untuk mendapat lebih banyak leads. Untuk anda yang ingin belajar lebih lanjut mengenai video-video digital marketing atau yang berhubungan dengan digital marketing, anda bisa subscribe di youtube.com/toffeedev untuk mendapatkan video-video yang lebih banyak dan anda bisa meningkatkan bisnis anda di dunia online. Sampai sini video kali ini, sampai jumpa di kesempatan berikutnya.

Ryan Kristomuljono
Ryan Kristomuljono
Internet Marketing & Website Consultant. Untuk membantu bisnis berkembang di dunia internet adalah tujuan saya dalam setiap meeting, conference, workshop, dsb. Get connected with me.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *