Mengapa Konsep Pemasaran Sekarang Lebih Populer
Mengapa Konsep Pemasaran Sekarang Lebih Populer?
Mei 11, 2020
Etika Bisnis Online
Etika Bisnis Online yang Wajib Diketahui
Mei 12, 2020
Show all

Barisan Cara Meningkatkan Produktivitas Marketing

Cara Meningkatkan Produktivitas Marketing

Cara Meningkatkan Produktivitas Marketing

Menjaga produktivitas yang dimiliki oleh satu tim atau divisi bukanlah perkara mudah. Dengan banyaknya pekerjaan, urusan di luar pekerjaan, dan juga perbedaan antar individu, membuat hal ini terasa sulit dijalankan. Apalagi kalau itu berhubungan dengan urusan marketing. Namun sebenarnya ada beberapa cara meningkatkan produktivitas marketing yang bisa Anda lakukan.

Ya, tidak hanya mempertahankan produktivitas saja, tetapi juga meningkatkan produktivitas. Pastinya dalam setiap perusahaan, selalu ada usaha lebih yang harus dilakukan agar tiap waktunya, bisa terus naik level.

Sayangnya usaha untuk terus naik level itu tidak bisa menghasilkan sesuai target karena Anda tidak melakukan beberapa cara dengan benar. Jika memang Anda ingin tahu bagaimana cara meningkatkan produktivitas marketing dengan baik, simak penjelasan lengkap dan rincinya di bawah ini.

Siapkan Target yang Sesuai

Cara meningkatkan produktivitas marketing yang pertama adalah menyiapkan target yang sesuai. Target yang dipasang ini sebaiknya jangan diukur berdasarkan keinginan atasan atau malah karena menggunakan perhitungan yang sudah dijalankan perusahaan selama bertahun-tahun. Pasti pada masanya, perhitungan seperti itu akan dimakan zaman dan situasi.

Banyak masalah marketing yang tidak bisa membantu target penjualan karena tidak mampu beradaptasi dengan kondisi yang ada pada saat itu. Maka dari itu, cobalah membuat target yang sesuai dengan keadaan, bukan berdasarkan perhitungan mentah yang tidak memperhatikan dunia bisnis saat ini. Intinya adalah Anda yang beradaptasi atau Anda harus siap dengan konsekuensinya. Pilihan ada di tangan Anda.

Membuat Perencanaan dengan Matang

Ketika memang sudah memiliki target yang sesuai, Anda jangan lupa untuk membuat perencanaan yang matang. Untuk perencanaan ini memang harus dibahas secara mendalam bersama anggota tim marketing lainnya. Buatlah meeting internal secara berkala agar bisa tahu bagaimana membuat perencanaan yang matang. Masukan dari masing-masing anggota tim pun juga bisa diambil. Dari sana, bisa ditarik beberapa opsi yang menarik untuk dijalankan. Ide-ide segar biasanya datang dari meeting internal yang dilakukan secara berkala.

Jaga Kekompakan Tim

Kekompakan tim juga harus dijaga oleh semua pihak. Bagaimana caranya sebuah sistem bisa berjalan dengan baik, ditambah target yang wajib dicapai namun ada masalah antara anggota tim? Tentu saja hal itu sulit dilakukan. Dengan menjaga kekompakan tim, maka proses saling bantu, memberikan saran dan kritik bisa didapatkan di sana. Produktivitas marketing juga pasti menjadi lebih bagus karena sistem yang dijalankan tahu apa yang harus dikerjakan dan bisa saling membantu juga.

Evaluasi Tim Secara Berkala

Jika sudah tahu bagaimana sistemnya berjalan dan sudah dilakukan, jangan lupa untuk melakukan evaluasi tim secara berkala. Jadi, meeting internal yang dilakukan tidak hanya untuk mengolah ide-ide menarik yang harus dilakukan, namun juga evaluasi tim. Memang tidak dapat dipungkiri, performa tim itu pasti ada naik turunnya. Begitu juga performa tiap anggota tim. Demi bisa memperbaiki kekurangan yang terasa di dalam proses meningkatan produktivitas marketing, maka cobalah melakukan evaluasi tim. Dari evaluasi yang dilakukan, tiap anggota tim menjadi sadar bahwa ada sisi-sisi dari diri mereka yang harus diperbaiki. Hasilnya sudah pasti performa yang lebih baik daripada sebelumnya.

Baca Juga: Mengapa Konsep Pemasaran Sekarang Lebih Populer?

Itulah barisan cara meningkatkan produktivitas marketing. Semoga informasi yang diberikan di artikel ini bisa memberikan manfaat sekaligus wawasan terbaru kepada Anda. Jangan lupa untuk memberikan komentar tentang artikel ini dan share artikel ini di media sosial Anda agar semakin banyak yang tahu informasi ini.

Timotius
Timotius
Hello, I'm Timo. Working in the media industry since 2014, I want to absorb more experience in this industry and provide the best for my profession as a Content Writer.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *