Cara Monetisasi Video Youtube
Cara Monetisasi Video Youtube Yang Bisa Anda Coba
Maret 17, 2020
Revamp adalah
Apa itu Revamp? Kapan Waktu Tepat Untuk Melakukannya?
Maret 17, 2020
Show all

Cara Monetisasi Video Facebook dengan Syarat & Ketentuan

Cara Monetisasi Video Facebook

Cara Monetisasi Video Facebook

Monetisasi video saat ini tidak hanya bisa dilakukan di Youtube, salah satu platform media sosial yang sangat terkenal yaitu Facebook juga memiliki fungsi dimana Anda dapat menghasilkan pundi – pundi uang dengan memonetisasi video Anda di Facebook.

Platform untuk berbagi video yang selama ini didominasi oleh Youtube akan mendapatkan saingan yang cukup berat. Jumlah pengguna Facebook yang sangat banyak bisa menjadi kunci dari kesuksesan Facebook untuk menjadi platform untuk saling berbagi video.

Untuk bisa monetisasi video Facebook Anda, ada beberapa syarat yang harus Anda penuhi. Syarat – syarat tersebut akan kita bahas pada poin selanjutnya.

Syarat Monetisasi Video Facebook

Tidak semua video bisa dimonetisasi. Ada beberapa persyaratan yang harus Anda penuhi untuk bisa mulai memonetisasi video Anda. Berikut syarat – syarat nya:

Memiliki 10.000 Pengikut

Untuk bisa memonetisasi sebuah video, akun Fanpage Facebook Anda harus memiliki pengikut sejumlah  10.000 pengikut. Syarat ini ada karena salah satu tujuan dari monetisasi sendiri adalah menjadikan video Anda sebagai tempat untuk meletakan sebuah Facebook Ads.

Mendapatkan 30.000 Penonton Selama Satu Menit Untuk Video Berdurasi 3 Menit

Untuk bisa memenuhi persyaratan ini, minimal durasi video yang Anda upload untuk bisa dimonetisasi adalah 3 menit. Dalam durasi tersebut, Anda harus bisa mendapatkan 30.000 view dengan waktu menonton selama 1 menit. Video Anda akan direview terlebih dahulu oleh tim dari Facebook.

Standar Kelayakan Monetisasi

Pastikan konten Anda sudah sesuai dengan segala standar kelayakan yang sudah diterbitkan oleh Facebook. Standar kelayakan tersebut dikategorikan dalam beberapa kategori, seperti patuh terhadap ketentuan pembayaran dan ketentuan halaman, konten yang layak untuk ditonton, dan masih banyak lagi.

Setelah mengetahui syarat – syarat di atas, kini saatnya Anda mengetahui cara monetisasi video facebook.

Cara Monetisasi Video Facebook

Berikut Cara yang Harus Anda lakukan untuk bisa memonetisasi video – video Anda pada Facebook.

Cek Kelayakan dari Fanpage

Salah satu cara untuk bisa memonetisasi video pada facebook adalah dengan mengecek terlebih dahulu kelayakan dari fanpage. Anda bisa mengunjungi laman ini. Cek fanpage dan tunggu hingga proses loading selesai. Setelah itu akan muncul informasi apakah fanpage sudah bisa dimonetisasi atau belum.

Creator Studio Facebook

Setelah menyelesaikan langkah di atas, selanjutnya yang harus Anda lakukan adalah membuka creator studio Facebook. Di sana Anda akan menemukan tool bernama creator studio yang berguna untuk membuat dan mengelola video. Pada fase ini Anda sudah bisa mulai memasang iklan untuk video Anda.

Anda bisa mendapatkan informasi mengenai video yang sudah Anda upload dengan mengklik button “insight” pada dashboard Facebook for creator. Semakin banyak video Anda ditonton, maka akan semakin besar kemungkinan untuk dimonetisasi.

Aktifkan Monetisasi Video

Langkah selanjutnya untuk bisa monetisasi video Facebook adalah dengan mengaktifkan monetisasi dari video itu sendiri. Caranya adalah dengan mengaktifkan fitur ad breaks yang terdapat pada editor video yang bisa Anda temukan di perpustakaan konten. Berbeda dengan Youtube, pada Facebook iklan tidak bisa muncul secara otomatis pada semua video atau fanpage, sehingga Anda harus mengaktifkannya satu per satu pada video.

Kesimpulan

Setelah mengikuti berbagai langkah di atas Anda sudah bisa mulai untuk mencoba memonetisasi video facebook Anda, sehingga Anda bisa mendapatkan penghasilan dari konten yang sudah Anda buat.

Baca Juga: Cara Monetisasi Video Youtube Yang Bisa Anda Coba

Bagaimana? Apakah Anda sudah paham cara monetisasi video Facebook beserta syarat – syaratnya? Apabila Anda memiliki pertanyaan atau pendapat yang berbeda silahkan bagikan pada kolom komentar, dan jangan lupa untuk share artikel ini.

Farhan Agassi
Farhan Agassi
I am Farhan Agassi, content writer at Toffeedev. technology enthusiast, and avid any kind of entertainment watcher.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *