Canonical URL Google
Canonical URL Google Berdasarkan Situs dan User Preference
Februari 3, 2020
Konten Duplikat
Pentingnya Memahami Konten Duplikat Dalam SEO Anda
Februari 4, 2020
Show all

Strategi SEO Topic-Focused: Cara Terbaik Tingkatkan Ranking

Cara terbaik tingkatkan ranking

Cara terbaik tingkatkan ranking

Keyword adalah primadona dalam melaksanakan strategi SEO Anda, dan selalu menjadi topik dalam pembahasan SEO bersamaan dengan keyword research. Namun, algoritma dari search engine yang tidak bisa diprediksi membawa sebuah cara baru dalam melakukan SEO.  Memberikan fokus lebih terhadap topik, dikatakan dapat membawa hasil yang lebih baik sebagai cara terbaik tingkatkan ranking walaupun keyword masih dianggap cukup penting.

Apa Perbedaan dari Keyword dan Topik?

Bila keyword masih penting, lalu apa bedanya antara topik dan keyword?”.

Mungkin itu adalah pertanyaan yang muncul dari statement diatas, Anda dapat melihat topik sebagai pendekatan secara keseluruhan terhadap “keyword research”.

Topik dapat terdiri dari berbagai term dan queries yang bisa dikategorikan ke berbagai area dalam perjalanan dari user.

Ada beberapa tipe dari konten yang dapat Anda buat dari sebuah topik seperti, konten yang mengcover sebuah early-journey dari topik pembelajaran, atau konten dimana produk atau servis yang ditawarkan dapat menyelesaikan sebuah masalah.

Secara gampang, topik adalah sebuah ide yang didalamnya memiliki banyak keyword yang bisa Anda gunakan.

Mulai dengan Strategi

Anda dapat mulai dengan membuat strategi mengenai topik yang ingin difokuskan. Setelah mendapatkan topik yang ingin Anda fokuskan, maka Anda bisa melanjutkan ke proses keyword research.

Anda akan ingin memperluas proses riset ini dengan mencakup term yang lebih relevan secara semantik terhadap topik. Bukan hanya keyword utama.

Perhatikan juga area di sekitar topik Anda, yang bisa dimanfaatkan untuk memuaskan kebutuhan dari pengguna. 

Anda dapat menanyakan kepada diri sendiri apakah ada pertanyaan yang kemungkinan ditanyakan mengenai topik. Dan lakukan riset mengenai term tersebut. Bertanya secara langsung dengan orang-orang dalam demografi target Anda, dapat memberikan insight yang berbeda.

Jangan Lupa Lakukan Riset Terhadap Kompetitor Anda

Setelah memahami konten seperti apa yang Anda butuhkan untuk bersaing, maka perhatikan siapa saja yang ada dalam “space” di sekitar konten Anda.

Bila mereka memiliki performa yang dirasa baik dalam space tersebut, maka akan ada baiknya memonitor hal ini.

Setelah mengidentifikasi kompetitor, ada baiknya melakukan site audit untuk melihat bagaimana mereka dapat tetap relevan. Akan ada info mengenai bagaimana mereka menstruktur konten mereka.

Selain itu Anda dapat melihat bagaimana konten tersebut disampaikan.

Dan Anda dapat menarik beberapa info dari riset ini yang bisa Anda terapkan dalam strategi Anda.

Baca Juga: Penjelasan Lengkap Image SEO Dengan Alt Text

Pertimbangkan Intent dari User

Dengan hadirnya update BERT, maka ada baiknya jika Anda memikirkan bagaimana user-intent queries yang Anda gunakan dalam membuat konten Anda.

Ada banyak tool yang bisa Anda manfaatkan, namun ada cara yang lebih mudah dengan menggunakan incognito window dan mencari query tersebut.

Cara ini akan memberikan Anda hasil yang tidak terduga.

Jangan Lupakan Site Structure

Jangan hanya sekedar membuat konten, mengorganisir konten yang masuk akal untuk di crawl dan menunjukan Anda memiliki authority dalam subjek ini.

Anda dapat menggunakan Breadcrumbs untuk menunjukan flow dalam website Anda. hal ini akan menolong crawler untuk berpindah dari poin A ke poin B.

Breadcrumbs juga bisa membantu Anda memindahkan struktur dari situs Anda tanpa harus mengganti URL, yang cukup berbahaya dalam SEO.

Waktunya Mendominasi

Setelah mengidentifikasi topik dan memiliki roadmap yang direncanakan maka tiba saatnya untuk diimplementasikan.

Ada baiknya dalam membuat konten anda memikirkan konten yang dapat menolong user dibandingkan faktor lainnya.

Jangan lupa untuk menambahkan keyword dan kalimat relevan yang Anda gunakan ke dalam keyword tracking tool yang Anda miliki. Anda akan membutuhkan data ini untuk membuat baseline yang akan menunjukan progress untuk kedepannya.

Dan perhatikan juga bagaimana performa dari kompetitor Anda, buatlah perubahan yang dibutuhkan seminimal mungkin dan berikan waktu untuk crawler mengerti mengenai konten Anda.

Setelah itu, Anda dapat melihat hasil yang akan didapatkan.

Bagaimana? Apakah Anda memiliki pendapat yang berbeda tentang cara terbaik tingkatkan ranking seperti yang ada? Atau ada masukan untuk artikel ini? Silahkan tulis dalam kolom komentar dan jangan lupa untuk share artikel ini.

Ryan Adam
Ryan Adam
SEO Specialist di ToffeeDev sejak 2019

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *