Perbedaan E Commerce dan Marketplace
Ayo Mengenal Perbedaan E-Commerce dan Marketplace
April 13, 2020
Apa Itu Kerja Sebagai Konsultan
Apa Itu Kerja Sebagai Konsultan? Apa saja Kriterianya?
April 14, 2020
Show all

Inilah Cara Presentasi yang Baik dan Benar Di Depan Klien

Cara Presentasi yang Baik

Cara Presentasi yang Baik

Mempresentasikan ide dan juga hasil pekerjaan Anda di depan klien adalah hal yang akan selalu Anda alami di dunia kerja. Bila kita mencoba untuk membaca pengertian dari presentasi, maka presentasi adalah adalah sebuah kegiatan dimana kita berbicara dihadapan banyak orang. Yang memiliki fungsi untuk memaparkan sebuah topik, pendapat, hasil kerja, ataupun informasi kepada orang lain. Presentasi bisa digunakan untuk berbagai macam tujuan, mulai dari membujuk audiens, memberi informasi kepada audiens, ataupun juga untuk meyakinkan kepada audiens. Namun bagaimana cara presentasi yang baik dan benar di depan klien? Dalam artikel ini kita akan mencoba untuk membahasnya.

Cara Presentasi yang Baik dan Benar Di Depan Klien

Untuk bisa memberikan presentasi yang baik dan juga menarik kepada klien, ada beberapa hal yang bisa menjadi perhatian Anda, seperti:

1. Percaya diri.

Cara presentasi yang baik dan benar pertama adalah dengan percaya diri. Percaya diri adalah hal penting yang harus dimiliki oleh seseorang ketika dia hendak memberikan presentasi. Banyak presentasi yang gagal karena rasa kepercayaan diri yang kurang. Maka sangat penting untuk membangun rasa percaya diri ini seawal mungkin. Mungkin salah satu cara yang paling mudah yang bisa dilakukan adalah dengan berbicara di depan kaca. Dari sana Anda dapat melihat plus dan minus dari cara presentasi Anda. Dari sana Anda hanya tinggal membenahinya untuk bisa menampilkan presentasi terbaik

2. Pembukaan yang jelas dan menarik

Dalam membuka sebuah presentasi, hal penting yang harus dilakukan adalah dengan menyampaikan tujuan awal kenapa Anda memberikan presentasi ini. Ini menjadi penting karena para audiens harus tau, kira – kira kenapa Anda harus berdiri di depan mereka dan mengetahui topik apa yang akan disampaikan. Dengan menyampaikan tujuan yang jelas tersebut, para audiens pun bisa semakin tertarik untuk mengikuti presentasi dari awal hingga akhir.

Momen pembukaan sebuah presentasi sangat penting untuk bisa menarik perhatian audiens. Pada dasarnya, apabila Anda bisa berhasil menarik perhatian dari para audiens, ada kemungkinan besar presentasi akan berjalan dengan lancar. Tapi, jika gagal dalam menyampaikan pembukaan, persentase akan terjadinya sebuah kegagalan bisa menjadi lebih besar juga. Persiapkan diri dengan baik untuk membuka presentasi dan lakukan dengan cara yang menarik juga.

3. Kuasai materi beserta audiens.

Cara presentasi yang baik dan benar ketiga adalah dengan dengan memahami materi dan audiens Anda. Menguasai materi dan juga audiens dengan baik bisa menjadi tanda apakah presentasi Anda bagus atau tidak. Beberapa faktor yang bisa mendukung keberhasilan dalam menguasai materi dan juga audiens adalah kepercayaan diri, penguasaan materi, pembelajaran, pandai berinteraksi dengan orang lain, dan juga mudah diajak bercanda adalah elemen – elemen penting untuk menjadi presentator yang baik.

4. Jelaskan setiap poin yang disampaikan dengan jelas.

Tujuan utama Anda dari dilakukanya sebuah presentasi adalah untuk memaparkan sebuah rencana atau sesuatu yang telah dibuat, sebisa mungkin jelaskan setiap poin yang akan disampaikan. Agar audiens paham dan mengerti dari yang Anda sampaikan.

Kesimpulan

Itulah beberapa cara presentasi yang baik dan benar yang bisa Anda manfaatkan untuk tampil di depan klien. Jangan lupa untuk selalu berlatih agar presentasi Anda lancar kedepannya. Apabila Anda memiliki pertanyaan atau pendapat yang berbeda silahkan bagikan pada kolom komentar, dan jangan lupa untuk share artikel ini.

Baca Juga: 5 Peraturan Rapat Online yang Harus Dipatuhi

Timotius
Timotius
Hello, I'm Timo. Working in the media industry since 2014, I want to absorb more experience in this industry and provide the best for my profession as a Content Writer.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *