Manfaat Digital Marketing
Manfaat Digital Marketing Dalam Bisnis Anda
April 22, 2020
Digital Marketing B2B vs B2C
Perbandingan Strategi Digital Marketing B2B vs B2C
April 22, 2020
Show all

Bagaimana Karakteristik Website Yang Ideal?

Karakteristik Website yang Ideal

Karakteristik Website yang Ideal

Memiliki website sudah menjadi kewajiban pada saat ini untuk para perusahaan di luar sana. Jika tidak memilki website sendiri, maka perusahaan tersebut terlihat kurang profesional. Sebenarnya sangat bagus untuk memiliki website karena itu menjadi pertanda bahwa perusahaan itu profesional dan memiliki arah bisnis yang jelas. Dalam website sendiri, sebenarnya ada karakteristik website yang ideal.

Untuk membuat website sendiri, memang bukan perkara yang mudah. Banyak sekali aspek yang harus diperhatikan dan harus dicek secara terus menerus sebelum akhirnya dinyatakan layak. Apalagi ini merupakan website perusahaan. Citra perusahaan akan terlihat dari website yang terlihat di internet.

Jadi, bagaimana karakteristik website yang ideal? Bagian apa saja yang harus diperhatikan? Untuk menjawab pertanyaan tersebut, simak penjelasannya di bawah ini.

Konten

Dalam sebuah website, pastinya ada konten di dalamnya. Untuk konten website perusahaan yang baik, maka ada beberapa hal yang wajib ada. Dimulai dari halaman muka (homepage), About Us, Contact Us, FAQ, Ketentuan Penggunaan, Kebijakan Privasi, dan Produk. Selain itu, konten yang lengkap dan jelas, khususnya di bagian About Us, Contact Us, Produk, dan FAQ harus dipenuhi dari awal. Jika  sebuah website perusahaan tidak memiliki konten yang lengkap di bagian itu, maka akan terlihat tidak profesional serta tidak layak untuk dijadikan website untuk representasi sebuah usaha.

Jangan anggap remeh bagian konten karena cukup banyak kasus dari sebuah website perusahaan yang hanya mementingkan bagian Contact Us dan About Us, namun tidak memiliki deskripsi produk yang jelas. Dengan begitu, maka orang yang membuka website tersebut tidak tahu secara pasti apa isi website-nya.

Desain Visual

Selain konten, desain visual dari website juga harus sesuai dengan citra perusahaan. Gunakan warna yang nyaman dipandang mata atau warna yang menjadi representasi dari perusahaan tersebut. Permainan warna di dalamnya bisa diambil juga dari logo perusahaan.

Selain urusan warna, bagian layout, elemen, dan tipografi juga menjadi nilai penting. Ketika perusahaan ingin menunjukkan citra mereka yang sebenarnya dibentuk, sebenarnya sangat bisa diperlihatkan melalui website yang dimiliki. Maka dari itu, urusan desain visual harus benar-benar diurus dengan baik agar tidak menimbulkan efek negatif.

Loading Time

Website yang lambat ketika dibuka atau loading time terlalu lama dalam membuka satu halaman secara sempurna pastinya memiliki nilai yang jelek bagi pengunjungnya. Kondisi ini sudah pasti harus dihindari. Apalagi dengan kecepatan internet di Indonesia yang masih belum terlalu bagus, harus dipikirkan sedemikian rupa tentang cara agar loading time bisa tetap bagus. Agar loading time cepat, salah satu caranya adalah dengan menggunakan media dengan size yang kecil. Maka kecepatan internet seperti apapun tetap bisa membuka website dengan cepat.

Interaktif

Interaktif yang dibahas di poin ini adalah bagaimana pengunjung bisa mendapatkan informasi yang mereka butuhkan dengan cepat di dalam website. Maka dari itu, diperlukan desain yang baik dan optimal. Jangan sampai pengunjung harus masuk terlalu dalam ketika sedang mencari informasi di website.

Perlu penempatan tautan (link) yang simpel namun berada di lokasi yang tepat untuk menuju ke halaman-halaman lainnya dari website tersebut. Biasanya bagian atas dari halaman muka menjadi bagian yang paling tepat untuk penempatan tautan.

Baca Juga: Apa saja Isi Dari Struktur Website yang Baik?

Itulah penjelasan tentang karakteristik website yang ideal. Semoga informasi yang diberikan di artikel ini bisa memberikan manfaat sekaligus wawasan terbaru kepada Anda. Jangan lupa untuk memberikan komentar tentang artikel ini dan share artikel ini di media sosial Anda agar semakin banyak yang tahu informasi ini.

Timotius
Timotius
Hello, I'm Timo. Working in the media industry since 2014, I want to absorb more experience in this industry and provide the best for my profession as a Content Writer.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *