Strategi B2B Digital Marketing
Rekomendasi Barisan Strategi B2B Digital Marketing
April 22, 2020
Karakteristik Website yang Ideal
Bagaimana Karakteristik Website Yang Ideal?
April 22, 2020
Show all

Manfaat Digital Marketing Dalam Bisnis Anda

Manfaat Digital Marketing

Manfaat Digital Marketing

Digital Marketing adalah sistem pemasaran yang lebih fokus kepada hal-hal berbau digital. Kemunculan Digital Marketing tidak lepas dari kemajuan teknologi sendiri. Ketika awalnya pemasaran atau marketing hanya bisa dilakukan dengan cara konvensional saja, sekarang sudah tidak perlu lagi. Digital Marketing memberikan kelebihan yang tidak bisa dirasakan dengan cara ini. Ada beberapa manfaat Digital Marketing yang bisa dirasakan dalam bisnis Anda ketika sudah menerapkannya.

Digital Marketing sebenarnya terdiri dari beberapa cara yang sebenarnya sudah pernah Anda lihat sebelumnya, seperti:

  • Search Engine Optimization (SEO): memanfaatkan search engine untuk marketing dan promosi.
  • Iklan online: memasang iklan di beberapa media sosial dan platform lainnya, seperti Google, Facebook, Instagram, Twitter, YouTube, dan lainnya.
  • Email marketing: memanfaatkan email blasting untuk melakukan promosi.
  • Videotron: menggunakan papan reklame/billboard elektronik untuk iklan.
  • Iklan di TV & radio: memasang iklan di dua media tersebut.

Dengan banyaknya cara yang ada di dalam Digital Marketing, maka Anda perlu tahu beberapa manfaat Digital Marketing. Apa saja itu? Simak penjelasannya di bawah ini.

Bisa Lebih Mudah Terhubung dengan Konsumen

Ketika berbicara mengenai manfaat Digital Marketing, maka salah satu yang paling terasa adalah bisa lebih mudah terhubung dengan konsumen. Dengan sistem online dan menggunakan jaringan internet yang sudah lumrah di tengah-tengah masyakarat pada saat ini, maka Anda lebih mudah dekat dengan mereka. Selain itu, sistem online yang ada ini bisa membuat bisnis Anda lebih lancar dalam perjalanannya.

Kalau pada awalnya semua orang harus membeli produk atau jasa dengan langsung datang kepada produsen, sekarang sudah tidak perlu lagi. Hanya dengan smartphone saja, produk atau jasa yang dibutuhkan bisa langsung datang ke konsumen.

Dari sisi bisnis pun, pendapatan juga menjadi lebih cepat naik karena target masyarakat yang ingin diraih lebih luas daripada yang biasanya. Semakin dekat dengan dunia digital, maka semakin mudah bisnis Anda berjalan.

Bisa Lebih Mudah Beradaptasi

Adaptasi memang menjadi kata kunci Digital Marketing. Tidak dapat dipungkiri, pada saat ini semua bisnis harus bisa beradaptasi dengan teknologi. Jika tidak, maka cepat atau lambat akan mati juga walaupun bisnis tersebut sudah besar.

Namun dengan pendekatan teknologi yang sudah terasa di dalam kehidupan atau aktivitas Anda sehari-hari, maka sudah seharusnya Anda lebih mudah mengenal teknologi di dalam Digital Marketing itu sendiri. Anda bisa lebih mudah memberikan apa yang dibutuhkan konsumen karena Anda pun sudah tahu tentang hal-hal itu.

Mampu Melacak Perilaku Konsumen

Konsumen memiliki beragam perilaku. Kalau pada awalnya Anda hanya bisa menerka bagaimana perilaku konsumen dalam bisnis Anda dengan cara manual, sekarang sudah tidak perlu lagi. Anda bisa melacak dengan cara digital yang pastinya membawa manfaat besar. Dengan menggunakan beberapa tools seperti Google Analytics serta SEO, maka Anda bisa lebih mudah tahu hal itu. Selain itu, dengan mengetahui perilaku konsumen, maka bisa lebih mudah untuk mengetahui strategi berikutnya di dalam bisnis Anda agar bisa memenuhi keinginan konsumen.

Baca Juga: Rekomendasi Barisan Strategi B2B Digital Marketing

Itulah manfaat Digital Marketing dalam bisnis Anda yang bisa digunakan pada saat ini. Semoga informasi yang diberikan di artikel ini bisa memberikan manfaat sekaligus wawasan terbaru kepada Anda. Jangan lupa untuk memberikan komentar tentang artikel ini dan share artikel ini di media sosial Anda agar semakin banyak yang tahu informasi ini.

Timotius
Timotius
Hello, I'm Timo. Working in the media industry since 2014, I want to absorb more experience in this industry and provide the best for my profession as a Content Writer.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *