Barisan Aplikasi Untuk Digital Marketing
Rekomendasi 5 Aplikasi Untuk Digital Marketing
April 17, 2020
Mengenal Fungsi Cache Dalam Browser
Mengenal Fungsi Cache Dalam Browser Anda
April 17, 2020
Show all

Rekomendasi Tips Meeting Dengan Klien

Barisan Tips Meeting Dengan Klien

Barisan Tips Meeting Dengan Klien

Bekerja di industri, khususnya industri kreatif membuat Anda sudah sangat mengenal apa itu klien. Sebagai pihak yang membutuhkan jasa Anda, klien selalu meminta Anda memberikan solusi yang bisa membuat bisnis mereka bisa berkembang dengan baik. Perlu perlakuan khusus bagi masing-masing klien karena tidak dapat dipungkiri, setiap perusahaan memiliki gaya yang berbeda-beda. Anda juga pasti sering melakukan meeting dengan klien. Sebenarnya bagaimana tips meeting dengan klien?

Banyak klien yang meminta waktu untuk meeting setiap satu bulan sekali atau bahkan setiap satu minggu sekali. Biasanya di dalam meeting, pembahasan yang selalu ada adalah bagaimana pekerjaan yang sedang dilakukan serta rencana apa saja yang harus dikerjakan. Dalam meeting, tentu saja ada beberapa poin yan harus Anda ketahui agar meeting bisa berjalan dengan lancar tanpa perlu terasa bertele-tele atau malah ngaret. Jadi, apa saja tips meeting dengan klien? Simak penjelasan lengkapnya di bawah ini.

Jangan Sampai Telat

Tipikal orang Indonesia dikenal sebagai masyarakat yang suka datang telat. Tentu saja ini merupakan kebiasaan yang buruk dan harus dihilangkan secepat mungkin. Apalagi jika harus meeting dengan klien. Anda sebaiknya jangan sampai telat. Waktu klien adalah waktu yang berharga. Begitu juga dengan Anda sendiri. Pastinya masih ada pekerjaan lain yang harus dikerjakan.

Maka dari itu, jika memang sudah ditentukan jadwal meeting-nya, sebaiknya hormati jadwal tersebut dengan datang setidaknya 15 menit sebelum waktu mulai. Dengan cara seperti itu, maka meeting bisa dimulai tepat waktu serta jadwal Anda hari itu bisa tetap terjaga tanpa harus merasakan telat atau ngaret.

Siapkan Materi Presentasi

Dalam setiap meeting, pastinya Anda harus memiliki materi presentasi untuk dibahas bersama klien. Sebaiknya Anda sudah membuat materi presentasi pada H-1 meeting agar ketika sampai di hari H, semuanya sudah siap dan Anda tinggal berangkat ke tempat meeting saja.

Dalam membuat materi presentasi sendiri, ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Dimulai dari bagaimana membuat bentuk presentasi yang baik, apa saja informasi yang harus dimasukkan di dalam materi, hingga mengikuti kemauan klien mengenai materi presentasi tersebut. Jadinya ketika Anda mulai melakukan presentasi pada saat meeting, semua yang dibutuhkan sudah ada di dalamnya.

Bersikap Profesional

Bisa dibilang poin ini menjadi nilai yang sangat penting tapi sayangnya sering dilupakan oleh banyak orang. Meeting dengan klien membuat Anda harus bersikap profesional. Apa saja bentuknya? Dari sopan santun, pakaian yang digunakan, dan cara berbicara. Masih banyak orang di luar sana yang tidak bisa menunjukkan sisi profesionalitas mereka di depan klien karena mereka tidak tahu bagaimana caranya. Tentu saja hal ini bisa menjadi nilai plus jika mampu bersikap profesional. Namun jika tidak mampu, maka itu menjadi nilai negatif juga.

Bisa saja klien menganggap Anda tidak bersikap profesional sehingga membuat citra perusahaan tempat Anda bekerja menjadi buruk. Sebaiknya hindari segala bentuk hal yang tidak profesional. Mulailah memperbaiki diri Anda agar bisa lebih baik ke depannya.

Baca Juga: 5 Peraturan Rapat Online yang Harus Dipatuhi

Itulah rekomendasi tips meeting dengan klien yang bisa Anda lakukan saat ini juga. Beberapa pojn di atas sudah sebaiknya Anda lakukan agar bisa menjadi pekerja yang profesional. Jangan lupa untuk share artikel ini dan berikan komentar Anda. Semoga informasi yang ada di artikel ini bisa memberikan manfaat untuk Anda.

Timotius
Timotius
Hello, I'm Timo. Working in the media industry since 2014, I want to absorb more experience in this industry and provide the best for my profession as a Content Writer.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *