Mengenal Manfaat Google Search Console
Desember 2, 2019
Seluk Beluk Dunia Internet Hingga di Indonesia
Desember 9, 2019
Show all

Ingin Mulai Bisnis? Gunakan 10 Marketing Tools Ini

Business Plan Accounting Marketing

Perkembangan zaman yang terus berjalan tanpa henti membuat banyak sekali terbuka peluang bisnis. Dari yang dulunya dianggap tidak mungkin, seperti transportasi online, ternyata saat ini menjadi primadona di tengah-tengah masyarakat. Kondisi ini membuat membuka bisnis sendiri bukanlah suatu hal yang menyulitkan lagi.

Tidak hanya dari keterbukaan di sisi bisnis saja, namun penggunaan teknologi untuk menopang roda bisnis juga sangatlah membantu. Saat ini, sudah banyak tersedia marketing tools yang bisa membuat bisnis Anda bisa berjalan lebih mudah dan lancar. Apa saja marketing tools yang wajib Anda tahu? Berikut penjelasannya.

  1. Hootsuite (Media Sosial)

Promosi lewat media sosial merupakan langkah marketing yang tentunya wajib dilakukan agar semakin banyak orang yang tahu tentang bisnis Anda. Sebenarnya, Anda bisa saja menaikkan postingan secara manual lewat desktop ataupun aplikasi di smartphone. Namun itu adalah cara kuno.

Untuk mengatur postingan hingga scheduling, Hootsuite adalah pilihan terbaik saat ini. Dengan fitur yang lengkap dan menunjang, Anda perlu mengeluarkan bandrol sebesar Rp400 ribu/bulan untuk paket Profesional. Namun jika bisnis Anda merupakan bisnis agensi yang mengurus media sosail dari berbagai macam klien, maka bisa menggunakan paket Team, Business, atau Enterprise dengan harga dimulia dari Rp 1,8 juta/bulan.

  1. Unsplash (Gambar)

Visual yang indah dan menarik tidak mungkin dilupakan dalam dunia marketing. Ini karena semakin bagus visual yang ditampilkan, maka bisa semakin menunjang konten yang ada di dalamnya. Untungnya kehadiran Unsplash bisa membuat Anda tidak perlu bersusah payah mencari gambar yang tepat, atau bahkan memproduksi gambar sendiri.

Di dalam bank gambar ini, Anda bisa mendapatkan banyak sekali gambar yang sesuai dengan keinginan. Anda juga bisa mendapatkan gambar secara gratis, dengan kualitas tinggi.

  1. GetResponse (E-mail Marketing)

Salah satu aktivitas marketing yang sering dilakukan adalah e-mail blasting kepada para audiens hingga klien untuk memberikan kabar terbaru tentang bisnis Anda. Untuk memudahkan aktivitas ini, GetResponse bisa Anda pakai. GetResponse bisa digunakan secara gratis pula. Jadi Anda tidak perlu lagi bingung bagaimana cara e-mail blasting yang tepat.

  1. Canva (Membuat Logo)

Ketika Anda membangun bisnis, pasti diperlukan logo perusahaan. Logo tersebut juga menjadi identitas dari perusahaan Anda pula. Daripada Anda menyuruh orang lain untuk membuat logo perusahaan tetapi takut hasilnya tidak sesuai selera, Anda bisa membuatnya sendiri menggunakan Canva.

Ya, Canva adalah website di mana Anda bisa mendesain berbagai macam gambar untuk dijadikan logo. Tidak hanya bisa digunakan untuk itu saja sebenarnya. Anda juga bisa membuat poster, kartu nama, brosur, hingga flyer. Sangat berguna, bukan?

  1. Trello (Penjadwalan)

Setiap hari, selalu ada pekerjaan yang harus dipenuhi, begitu juga untuk berbagai macam urusan yang berhubungan dengan bisnis Anda. Untungnya, ada Trello untuk penjadwalan. Dengan memasukkan jadwal di sana, masing-masing divisi di bisnis Anda bisa tahu apa saja yang harus dikerjakan, hingga meeting mingguan. Workflow menjadi lebih tertata dan masing-masing karyawan bisa tahu apa yang harus dilakukan.

  1. Facebook Pixel (Analisis Website)

Pada saat ini, memiliki website dari bisnis Anda memang diperlukan. Dengan jumlah pengguna internet yang semakin melimpah di Indonesia, maka salah satu cara untuk memberikan informasi kepada audiens adalah menggunakan website. Namun, bagaimana untuk melihat performa website Anda? Gunakan saja Facebook Pixel. Dengan diinstal layaknya plugin, Anda bisa mengetahui bagaimana statistik traffic website Anda.

  1. Yoast SEO (Menaikkan Peringkat Website)

Aktivitas content marketing tidak bisa dilepaskan dari SEO (Search Engine Optimization). Untuk bisa menaikkan ranking website Anda di mesin pencari Google, maka SEO adalah jalan keluar yang tepat. Konten artikel yang ada sebaiknya menggunakan strategi SEO yang tepat. Untuk menunjang hal itu, maka Anda bisa menggunakan Yoast SEO.

Berbentuk plugin, Yoast SEO bisa dipasang di Content Management System (CMS) website Anda. Dari sana, Anda bisa tahu bagaimana SEO di masing-masing artikel bekerja. Jika memang sudah oke, maka konten tersebut bisa segera naik. Jadi, jangan lupa pergunakan Yoast SEO.

  1. SEMRush (Pencarian Keyword)

Strategi SEO membutuhkan keyword yang bisa Anda cari menggunakan SEMRush. Penggunaan SEMRush juga berguna untuk melihat brand awareness Anda, hingga menemukan konten yang paling tepat untuk website Anda. Ide-ide konten juga diberikan SEMRush setelah Anda memasukkan keyword.

  1. Google AdWords (Promosi Iklan)

Tidak mungkin Anda tidak melakukan promosi lewat iklan, tapi pada masa modern seperti ini, promosi iklan sudah bisa dilakukan di Google dengan Google AdWords. Di dalam Google AdWords, Anda bisa mengatur sendiri keyword yang nantinya menjadi representasi dari website Anda. Jadi ketika keyword itu ditulis di mesin pencari Google, iklan Anda bisa muncul. Tidak hanya itu saja, iklan Anda akan muncul di posisi teratas halaman pertama sehingga menjadi yang paling terlihat.

Kami menyediakan jasa Google AdWords bagi Anda yang ingin melaksanakan promosi iklan untuk mengembangkan sales serta promosi.

  1. Facebook Ads (Alternatif Promosi Iklan)

Selain Google AdWords, Anda bisa menggunakan Facebook Ads untuk promosi iklan. Di Indonesia, ada lebih dari 100 juta pengguna Facebook hingga detik ini. Dengan banyaknya pengguna Facebook, maka penggunaan Facebook Ads adalah langkah yang tepat. Iklan Anda biasanya muncul di beranda dari pengguna Facebook sehingga semakin sering terlihat oleh mereka. Kami juga menyediakan jasa Facebook Ads agar Anda tidak perlu kebingungan bagaimana mengoptimalkan media sosial Facebook saat ini.

 

Itulah 10 marketing tools yang bisa Anda gunakan untuk menunjang aktivitas bisnis Anda. Sebaiknya maksimalkan masing-masing tools agar Anda bisa mendapatkan hasil yang maksimal. Pelajari tools di atas dan rasakan manfaatnya sekarang juga. Semoga informasi ini bermanfaat!

Timotius
Timotius
Hello, I'm Timo. Working in the media industry since 2014, I want to absorb more experience in this industry and provide the best for my profession as a Content Writer.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *