Plugin SEO WordPress Terbaik
Rekomendasi Plugin SEO WordPress Terbaik
April 13, 2020
Perbedaan E Commerce dan Marketplace
Ayo Mengenal Perbedaan E-Commerce dan Marketplace
April 13, 2020
Show all

Inilah Tips Agar Tetap Fokus Saat Kerja dari Rumah

Tips Kerja Dari Rumah

Tips Kerja Dari Rumah

Yuk kita kerja dari rumah atau biasa disebut work from home di saat pandemi virus corona (COVID-19) menyebar dengan cepat. Pemerintah kita juga sudah memberikan himbauan untuk bekerja dari rumah. Hashtag #dirumahaja juga populer untuk mendukung meluasnya kemungkinan penyebaran virus corona.

Namun ada banyak godaan serta gangguan yang bisa memecah fokus kita ketika bekerja dari rumah, mulai dari internet, tv, bahkan kasur. Hati – hati jangan sampai terlena dan membuat kerjaan kita menjadi terbengkalai. 

Bekerja dari rumah memiliki beberapa kebebasan, seperti leluasanya waktu kerja, pakaian dan lokasi kerja, hingga bekerja ‘senyamannya’, misalnya berpakaian ala kadarnya tanpa harus pakaian kantor yang menuntut tampil rapi, plus kerja versi Anda. Namun seperti yang sudah dikatakan diatas, jangan sampai hal ini membuat kita kehilangan fokus.

Ada beberapa tips untuk tetap bisa fokus saat kerja dari rumah, berikut beberapa tips tersebut.

Tips Untuk Fokus Saat Kerja Dari Rumah

Banyaknya godaan ketika bekerja di rumah tentu akan bisa memecah fokus, namun ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk tetap bisa fokus, beberapa diantaranya adalah:

1. Disiplin dan Atur “Free Time” Anda 

Menjadi disiplin adalah cara terbaik untuk tetap bisa menjaga fokus ketika kerja dari rumah. Walaupun tidak ada orang yang mengawasi dan juga jam bekerja yang ditentukan, Anda harus bisa mengatur jam kerja sendiri. Hindari untuk melakukan hal – hal yang bisa mendistraksi Anda, batasi waktu bebas Anda. Bebasnya mengatur waktu adalah tantangan terbesar Anda. Akan ada waktu dimana Anda sangat ingin bermalas – malasan, tapi Anda kehilangan banyak waktu berharga yang bisa digunakan untuk mengerjakan banyak hal. 

Tentukan jam kerja seperti biasanya. Pastikan Anda lebih tegas dan disiplin terhadap diri Anda sendiri, sehingga semua pekerjaan bisa diselesaikan dengan baik, sesuai dengan deadline.

2. Buat Jadwal Prioritas Tugas 

Buatlah jadwal yang jelas untuk pekerjaan Anda dan selesaikan dengan baik, dan pisahkan antara pekerjaan rumah dengan pekerjaan kantor Anda. Misalnya, kerja mulai seperti biasa seperti jam kantor, jam 9 pagi – 5 sore. Disaat jam istirahat yakni jam 12 siang, Anda bisa istirahat, membeli makan siang atau masak sendiri. Jangan lupa selesaikan pekerjaan rumah Anda terlebih dahulu sebelum memulai pekerjaan kantor agar bisa lebih fokus.

3. Hidup Sehat dan Jaga Kebersihan

Walaupun tidak pergi ke kantor di pagi hari, usahakan untuk menghindari bangun siang. Jangan lupa untuk sarapan agar hidup Anda tetap teratur dan seimbang. Jangan lupa olahraga dengan teratur.

Mencuci tangan dengan bersih bisa menjadi cara simpel Anda dalam menjaga kesehatan, makan-makanan yang bergizi, sayur – sayuran dan buah – buahan juga penting, jangan sampai lupa untuk minum air putih yang cukup agar kondisi badan tetap fit saat bekerja di rumah.

4. Ruang Kerja yang Nyaman

Ruang kerja khusus atau ruang kerja yang nyaman di rumah akan sangat membantu Anda untuk tetap bisa fokus pada pekerjaan tanpa terganggu dengan berbagai hal lainnya. Namun, apabila kamu tidak punya ruang kerja sendiri, buatlah tempat kerja yang nyaman di sudut ruangan atau tempat yang Anda sukai, Bisa membuatmu lebih kreatif dan juga efektif.

5. Jangan  Menunda Pekerjaan

Dengan waktu yang panjang dan leluasa untuk bekerja, bukan berarti akan ada pilihan untuk menunda – nunda pekerjaan. Anda harus bisa bekerja dengan disiplin sepanjang waktu, dan semua pekerjaan bisa selesai dengan tepat waktu.Jangan sampai menunda pekerjaan, hal ini bisa merugikan diri Anda dan berefek buruk untuk karir. 

Baca Juga: 7 Tips Kerja Remote Khusus untuk Anda

Itulah beberapa tips kerja dari rumah yang bisa Anda gunakan, Apabila Anda memiliki pertanyaan atau pendapat yang berbeda silahkan bagikan pada kolom komentar, dan jangan lupa untuk share artikel ini.

Timotius
Timotius
Hello, I'm Timo. Working in the media industry since 2014, I want to absorb more experience in this industry and provide the best for my profession as a Content Writer.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *