DesignAwards.Asia Design Of The Day

Internet Marketing Glossary

Istilah yang perlu anda ketahui dan mengerti sebelum memulai.
All | # A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z
There are currently 278 names in this directory
Abandon
Sama seperti ‘Shopping cart abandonment’, yang berarti ketika seorang user tengah mengunjungi sebuah situs, menaruh beberapa item dalam keranjang mereka, kemudian mengubah pikiran mereka dan lalu meninggalkan situs tersebut.

Above The Fold
Bagian dimana sebuah halaman website secara keseluruhan terlihat pada layar, tanpa harus di-scroll ke bawah. Dalam sebuah kalimat, ‘Pastikan iklan saya muncul above the fold’.

Ad Blocker
Sebuah browser plug-in yang mencegah iklan pop-up bermunculan ketika kita tengah menggunakan internet.

Ad Network
Sebuah perusahaan dengan persediaan ruang iklan yang signifikan untuk banyak situs. Ad networks mempromosikan iklan yang tersedia untuk beberapa situs pada jaringan mereka.

Adsense
Iklan kontekstual yang dipersembahkan oleh Google, dimana penempatan iklan pada website berdasarkan dari relevansi iklan tersebut pada isi sebuah website. Si penerbit dalam situs tersebut dibayar dalam satu klik.

Adware
Biasa dikenal dengan ‘parasiteware’ atau ‘spyware’, ‘adware’ adalah sebuah program dimana iklan muncul tanpa atau diluar jendela browser. Program ini khusus dipasang secara diam-diam dengan jaringan iklan, dan biasanya munucl ketika user tengah mengunggah sesuatu yang ‘aneh’.

Adwords
Bentuk iklan ‘pay-per-click’ dimana iklan dan link muncul pada tepi halaman hasil pencarian dari Google. Tawaran pengiklan berdasarkan kata kunci. Ketika seorang user menampilkan kata kunci, maka iklan yang dipasang pengiklan pun akan muncul sesuai kata kunci. Jumlah tawaran pada kata kunci mempengaruhi berapa kali iklan tersebut akan muncul.

Affiliate
Seseorang yang memperoleh komisi untuk mengirimkan clicks, leads atau sales kepada merchant.

Affiliate Agreement
Sebuah dokumen kontraktual (re: berdasarkan perjanjian), biasanya berbentuk elektronik, diantara seorang afiliasi dengan merchant. Ini termasuk syarat dan ketentuan dari hubungan keduanya dan ini merupakan ikatan yang legal.

Affiliate Forum
Sebuah komunitas online dimana pengunjung diperbolehkan membaca dan memposting topik yang berkaitan dengan affiliate marketing.

Affiliate Link
Kode yang mengirim pelanggan anda kepada halaman penjualan seorang merchant. Kode tersebut bisa jadi sebuah HTML link atau merupakan bagian dari grafik (seperti banner). Kode itu mengidentifikasi anda sebagai seorang afiliasi yang seharusnya ditujukan untuk click atau penjualan.

Affiliate Program
Sebuah model bisnis yang membayar komisi untuk seseorang yang mengirimkan leads, clicks atau sales kepada merchant melalui sebuah link (teks atau grafik) pada sebuah website.

Affiliate Program (or Solution) Provider
Pihak ketiga yang menyediakan software, database support, affiliate ID dan link tracking, serta layanan pembayaran untuk program affiliate.

Affiliate Program Directory
Sebuah situs website yang menggambarkan dan mensortir berbagai program affiliate.

Affiliate Program Manager
Seseorang yang dipekerjakan untuk mengatur program affiliate seorang merchant.

Affiliate Solution Provider
Sebuah perusahaan atau jaringan menyediakan software dan dukungan yang dibutuhkan untuk menjalankan program affiliate.

Affiliate URL or Link
Kode HTML pada hyperlink di halaman website seorang affiliate. Ketika seorang pengunjung mengklik sebuah link pada sebuah situs, mereka akan ditandai dengan ID dari affiliate sehingga si affiliate akan mendapatkan kredit pada setiap penjualan.

Affinity Marketing
Mempromosikan produk berdasarkan informasi pembelian terakhir si konsumen.

Alexa
Sebuah website berisikan informasi perusahaan yang mengurutkan website berdasarkan dari jumlah trafik yang mereka dapatkan. Agar dapat diurutkan, bagaimanapun juga, seorang webmaster harus mengunggah toolbar Alexa, dan Alexa hanya dapat mengurutkan trafik dari browser-browser yang sudah mempunyai serta mengunggah toolbar Alexa.

Algorithm
Formula yang digunakan oleh mesin pencari untuk mengurutkan halaman website. Mereka menganalisa data dalam situs Anda untuk menentukan relevansi dan peringkat halaman Anda berdasarkan kekuatan optimisasinya.

Alt Text
Bagian dari kode HTML digunakan untuk gambar yang memungkinkan untuk penjelasan teks. Teks ini digunakan oleh mesin pencari, tapi hanya muncul kepada pengunjung jika mereka mematikan pilihan gambar.

Analytics
Data yang biasa digunakan untuk memberikan informasi detail tentang aktivitas website Anda yang bisa digunakan untuk meningkatkan pengalaman pengunjung website. Anda bisa menganalisis perilaku user, seperti halaman apa saja yang dikunjungi, berapa lama waktu yang dihabiskan untuk berada di situs tersebut dan masih banyak lagi.

Applet
Naskah yang ditulis dalam pemprograman Java yang tertanam dalam kode sebuah halaman web.

Article (Keyword Article)
Sebuah artikel yang menekankan pada satu set kata kunci untuk menaikan urutan mesin pencari untuk sebuah website.

Associate
Kata lain dari Affiliate.

Associate Program
Silahkan liat di Affiliate Program.

Attrition
Bagian dari database pelanggan yang menjadi tidak aktif. Menjurus kepada ‘attrition rate’ – sebuah tingkat dimana pelanggan menjadi tidak aktif.

Authoring Tool
Sebuah program yang biasanya digunakan untuk membangun halaman web.

Autoresponder
Sebuah perangkat lunak yang akan secara otomatis mengirim pesan email sesuai dengan jadwal yang telah diatur. Pelanggan dapat mengirimkan autoresponder sebuah email, atau memasukan informasi email mereka melalui form pada website. Anda bisa membangun dan mempertahankan daftar, mengatur secara otomatis pesan emailnya, mengirim pesan berantai, hasil pencarian, dan lain-lain. MailChimp, iContact, Constant Contact dan Aweber adalah yang paling populer.

B2B (Business to Business)
Sebuah perusahaan yang menjual produk atau jasa kepada bisnis atau usaha. Bandingkan dengan B2C.

B2C (Business to Consumer)
Sebuah perusahaan yang menjual produk atau jasa kepada konsumen. Bandingkan dengan B2B.

Backend
Sebuah istilah umum yang menjurus kepada bagian administrasi dari sebuah website yang tidak terlihat oleh pengunjung, seperti pemprograman dibalik sebuah situs.

Bandwidth
Sejumlah informasi pada bits-per-seconds yang bisa dikirim melalui koneksi internet.

Banner Ad
Sebuah grafik iklan, mirip dengan billboard, ditampilkan pada halaman web.

Beta
Sebuah versi uji coba pada produk, dirilis sebelum waktu peluncuran resmi.

Bid
Menjurus kepada harga pengiklan untuk iklan pay for a pay per click.

BIT (aka ‘Binary Digit’)
Unit terkecil dalam data komputerisasi, yang muncul sebagai sebuah angka satu atau bahkan nol.

Bits per Second (bps)
Ukuran tentang seberapa cepat bits (data) dapat dipindahkan melalui sebuah perangkat. Sebagai contoh, pada tahun 1990 modem secepat 56,6 bps dapat dikatakan super cepat.

Blog
Sebuah gabungan kata ‘web blog’, sebuah blog adalah jurnal online. Orang-orang “blogging’’ ketika mereka menulis blog mereka, dan jika mereka cukup baik dalam menulis, mereka bisa menjadi ‘blogger’ professional. Postingan blog menyediakan sebuah cara buat Anda untuk menambahkan konten yang berisi ke dalam website secara rutin, itulah yang dicintai oleh mesin pencari. Ketika sudah teroptimisasi dengan baik, maka peringkat postingan blog Anda akan baik juga di mesin pencari.

Bot
Istilah khusus untuk robot.

Bounce
Ketika sebuah email tidak bisa dikirim, itu disebut ‘bounced’. Terdapat dua jenis bounces: Keras dan lunak. Sebuah bounce yang keras terjadi ketika sebuah alamat email tidak pernah dibuat atau tidak pernah ada; sebuah bounce yang lunak terjadi ketika email tidak dapat dikirim karena kotak masuk email sedang penuh, atau tidak lagi ada.

Browser
Perangkat lunak yang mengijinkan penggunanya untuk berselancar pada beberapa situs selama ia terkoneksi dengan internet. Browser yang paling terkenal dan sering digunakan belakangan ini adalah Safari, Chrome, Mozilla, Opera, etc.

Cache
Sebuah jenis memory yang spesifik pada browser yang menahan gambar dan teks yang terakhir diunggah.

Call-to-Action (CTA)
Sebuah 'prompt' (tertulis atau lisan) yang memberitahukan pembaca/pemirsa apa yang selanjutnya dilakukan. Sebagai contoh, 'hubungi kami sekarang', 'Unggah laporan gratis kami', 'Isilah form untuk mendapatkan quote gratis', dan lain-lain. Disarankan agar Anda memasukkan sebuah CTA secara jelas terlihat dalam setiap halaman website Anda, video Anda dan metode marketing online lainnya.

Cascading Style Sheets (CSS)
Sebuah format markup yang mirip dengan HTML yang biasa digunakan untuk memisahkan design dari konten dalam halaman web.

CGI
Merupakan singkatan dari ‘Common Gateway Interface’, dimana ini adalah sebuah istilah untuk program yang mengirimkan dan memproses informasi kembali serta diantara server dan sebuah halaman web.

CGI - Bin
Sebuah direktori atau program CGI pada server website.

Chat Room
Sebuah jenis website dimana banyak pengguna dapat berkomunikasi satu sama lain melalui digital ‘chat’. (Bisa juga disebut sebuah forum).

Churn
Seperti dalam ‘customer churn’. Lihat pada Attrition.

Citation (Local)
Menyebutkan nama perusahaan Anda, bisa ditambahkan dengan alamatnya dan nomor telepon pada lain tempat di sekitaran web. Untuk tujuan SEO Lokal, kutipan itu dapat dilihat sebagai sumber informasi yang dapat dipercaya tentang bisnis Anda. Mereka memvalidasi atau mengesahkan bisnis Anda di mata mesin pencari. Sehingga semakin banyak kutipan yang Anda punya, semakin sering juga bisnis Anda terlihat atau muncul di Daftar Bisnis Lokal pada hasil pencarian.

Click Stream
Sebuah istilah trafik yang merajuk pada pola pengguna melalui website, atau melalui internet secara umum.

Click-through
Istilah lain untuk sebuah klik pada link affiliate Anda.

Click-through Rate (CTR)
Sebuah persentase dari clicks untuk iklan yang berkesan. Sebagai contoh, 5% CTR berarti bahwa lima klik menghasilkan seratus iklan berkesan.

Click-through Rate or Click-through Ratio (CTR)
Angka klik sebenarnya yang Anda terima ketika Anda menampilkan sebuah iklan affiliate atau link. Biasanya digambarkan dengan persentase.

Client
Sebuah program perangkat lunak yang menampilkan berbagai informasi. Sebagai contoh, email program Outlook adalah sebuah email ‘client’.

Cloaking
Ketika konten atau HTML code dari sebuah halaman web diblok dari si pengguna.

Cobranding
Ijin untuk menempatkan logo anda, nama perusahaan, dan fitur brand lainnya pada sebuah produk atau situs.

Comment Code
Tag HTML yang digunakan untuk memblokir bagian dari kode. Terkadang sering juga disebut ‘commented out’.

Commision
Pendapatan dibuat dari penjualan affiliate.

Content Marketing
Proses pembuatan dan penerbitan konten online yang sangat membantu untuk para pembaca, juga untuk meningkatkan kredibilitas, kepercayaan, dan autoritas bisnis Anda. Ini berfokus pada 'menarik' leads baru melalui konten yang mereka temukan secara online daripada hsrus bersusah payah melakukan penjualan dengan 'mendorong' atau mengirimkan pesan-pesan iklan.

Contextual Link
Sebuah link affiliate yang lebih terlihat seperti konten/isi daripada sebuah iklan. Link yang kontekstual biasanya merupakan bagian dari sebuah artikel atau salinan informasi web lainnya.

Contextual Merchandising
Menggabungkan produk yang relevan dengan konten Anda.

Continous Relationship Marketing
Lihat pada Customer Relationship Marketing atau CRM.

Conversion
Sebuah penjualan, atau ketika seorang pengunjung selesai melakukan aksi atau dalam hal ini transaksi.

Conversion Rate
Persentasi dari clicks yang menghasilkan dalam penjualan atau leads.

Cookie
Sebuah potongan informasi yang dikirim sebuah webpage dan disimpan pada komputer pengunjung. Cookies bisa ‘bertahan’ tanpa batas, tapi dalam hal pemasaran afiliasi, selama cookie si merchant aktif, afiliasi masih daoat membuat penjualan jika si pengunjung datang kembali dan memesan dari situs tersebut, bahkan jika dalam tiga bulan setelah mereka meninggaln situs afiliasi tersebut. Cookies juga biasanya digunakan untuk mengingat informasi pribadi si pengunjung.

Cookies
Kode tertulis untuk komputer prospek setelah mengklik pada link affiliate. Cookies adalah sebuah jalan dalam mengidentifikasi mana affiliate yang harus dibayarkan komisinya.

Copy
Teks atau kata-kata.

Cost per Acquistion (CPA)
Sejumlah uang yang dibayar untuk mendapatkan konsumen.

Cost per Click (CPC)
Harga setiap ‘click’ pada sebuah PPC (Pay Per Click) link iklan.

Cost per Lead (CPL)
Komisi yang terstruktur dimana seorang afiliasi dibayar berdasarkan berapa banyak leads yang dapat mereka kelola untuk si merchant.

Cost per Sale (CPS)
Berapa banyak yang dibayarkan untuk menghasilkan masing-masing penjualan. Kadang-kadang ini juga sering disebut dengan Cost per Order.

Cost per Thousand (CPM)
Sejumlan uang yang Anda bayar untuk 1.000 iklan banner yang berkesan pada situs orang lain.

Creative
Alat promosi pengiklan yang digunakan untuk menarik pengguna, baik dengan cara menyalin atau grafik design. Iklan dan salinan penjualanan adalah ‘creative’ dan terkadang orang-orang yang memproduksi mereka disebiut juga sebagai ‘Creatives’.

Customer Acquisition
Memperoleh konsumen baru. Tujuan umum dari sebuah marketing.

Customer Relationship Management (CRM)
Sebuah ikatan dari marketing dan pelayanan konsumen yang dapat mengikuti jejak konsumen dari mulai perolehan hingga penahanan, menggunakan analisis data dan marketing promotions untuk mencoba meraih Life Time Value dari masing-masing konsumen.

Customer Retention
Teknik pemasaran biasanya digunakan untuk menjaga konsumen tetap aktif dan menangkis attrition dari konsumen.

Data Mart
Sebuah subset dari informasi yang berisikan data gudang, atau database yang lebih sedikit didesign secara khusus untuk melayani informasi yang dibutuhkan pada sebuah aplikasi.

Data Warhouse
1) Sebuah informasi infrastruktur yang memungkinkan bisnis ke akses dan menganalisa secara detail data dan trend. 2) Sebuah toko terpisah di transaksional data yang menyediakan pandangan yang terintegrasi dari konsumen. (Biasa dikenal dengan Customer Information Repository).

Datafeed
Proses otomatis sebagian besar, biasanya difasilitasi dengan sebuah database, RSS dan XML, dimana informasi diunggah ke dalam sebuah website, biasanya dari website yang lain.

Deep Linking
Sebuah link yang akan datang ke sebuah website yang langsung mengantar pengunjung kemanapun tapi halaman awal situs tersebut (atau halaman index); yaitu ke sub halaman tanpa harus ke situsnya.

Demographics
Umur, jenis kelamin, status pernikahan, banyaknya keluarga, pendidikan, lokasi geografis dan pekerjaan dari seorang audiens. Itu juga termasuk ke dalam ‘demographic’.

Digital Good (Digital Payload)
Segala produk yang dapat dikirimkan melalui unggahan dari internet (contoh: ebooks, program perangkat lunak, mp3 files, web hosting).

Disclaimer
Sebuah pernyataan dari istilah sebuah website atau publikasi yang digunakan, termasuk informasi hak cipta atau pengarahan.

Display Ad
Biasanya sebuah grafik atau banner.

Domain Name
Sebuah alamat website, biasa disebut juga URL. Sebagai contoh, AffiliateClassroom.com.

Doorway Page
Sebuah halaman yang tersedia sebagai entry point yang harus dilalui pengunjung sebelum kepada konten utama sebuah website. Sering disebut juga ‘landing page’ dan sering digunakan sebagai taktik optimisasi mesin pencari.

Download
Mentransfer sebuah file dari sebuah website atau server ke komputer Anda.

Email Link
Sebuah link afiliasi dalam sebuah email.

Email Signature
Sebuah pesan singkat yang mengakhiri setiap email yang terkirim secara individual. File tanda tangan email Anda bisa berisi link afiliasi, link situs yang relevan, penawaran gratis, dan pesan iklan. Lihat juga di Signature File.

Encryption
Sebuah jalan untuk mengacak atau menuliskan dengan kode berbagai informasi sehingga itu tidak akan bisa diakses oleh pihak ketiga selama proses transfer dari komputer ke server. Seluruh keranjang belanjaan memerlukan encryption.

EPC
Upah rata-rata per 100 klik. Dihitung dari komisi yang didapat dibagi dengan angka 100 kali klik.

Estimated Ad Position
Penilaian posisi iklan anda untuk sebuah kata kunci atau frase khusus pada estimasi biaya per klik.

Estimated Average CPC
Estimasi biaya per klik yang akan kamu bayarkan untuk kata kunci tersebut.

Estimated Clicks per Day
Ini merupakan tebakan terbaik yang dibuat oleh Google untuk berapa kali iklan kamu akan di klik selama periode 24 jam.

Estimated Cost per Day
Ini merupakan sebuah bentuk berdasarkan estimasi angka dari berapa kali klik biaya estimasi per klik.

Ezine
Sebuah majalah elektronik atau newsletter, biasanya dikirim melalui email.

Facebook
Jaringan sosial online paling terkenal dengan total pengguna lebih dari 1,2 Milyar pengguna aktif bulanan, Facebook adalah media sosial yang paling sering digunakan belakangan ini. Tidak hanya digunakan untuk bersosialisasi secara personal dengan keluarga dan teman, tetapi juga digunakan oleh milyaran pebisnis dari seluruh dunia untuk membangun serta menjaga hubungan dengan konsumen maupun prospek.

Fat Affiliate
Seorang afiliasi yang menyediakan pengalaman pengguna yang menyenangkan dengan konten yang berkualitas tinggi. Lawan dari ini adalah ‘thin affiliate’, sebuah frase yang dipopulerkan oleh Google. (Lihat juga di Thin Affiliate).

File Transfer Protocol (FTP)
Cara paling populer untuk mengirimkan data yang lebih besar antara komputer, server dan website.

Firewall
Sebuah penghalang teknologi antara sebuah jaringan komputer dan Internet, yang biasa digunakan untuk memblokir pengunjung atau program yang tidak diinginkan. Firewalls dapat menyulitkan proyek pengembangan web, unggahan dan tugas Internet lainnya.

First Tier
Pada program afiliasi yang multi-tier (banyak tingkatan), pada tingkatan ini menunjukkan individual yang menerima komisi dari afiliasi yang mereka rekrut.

Flame
Sebuah komentar yang menghina. Dapat digunakan sebagai kata benda atau kata kerja.

Flash
Sebuah plug-in bebas yang mengijinkan untuk animasi dan interaksi. Dibuat oleh Macromedia.

Forum
Sebuah komunitas online bagi pengguna yang membaca dan menuliskan komentar tentang topik umum yang sama dan menarik.

Frames
Sebuah design website kuno yang mengijinkan sebuah browser untuk menunjukkan banyak halaman web - masing-masingnya berada di dalam ‘frame’ yang berbeda - di dalam jendela browser yang sama.

Frequency Marketing
Sebuah program marketing yang menghadiahkan pelanggannya berdasarkan seberapa banyak mereka beli. Biasanya juga disebut sebagai Program Kesetiaan (Loyalty Program).

Frequently Asked Questions (FAQ)
Sebuah halaman web yang menjawab pertanyaan yang paling sering ditanyakan mengenai produk Anda.

Geo-Targeting
Proses menargetkan atau menyediakan konten berbeda untuk para pengunjung berdasarkan dari letak geografis mereka. Hal ini dapat dicapai dengan baik melalui PPC atau pencarian alami.

GIF (Graphic Interchange Format)
Sebuah format file yang digunakan untuk gambar. File ini muncul dengan akhiran ‘.gif’.

Glurge
Sebuah item baru yang salah dan berlebihan yang beredar melalui email. Berasal dari Snapes.com, sebuah situs yang mengumbar kebohongan tentang kehidupan perkotaan dan rumor secara online.

Google
Mesin pencari nomor satu di dunia. Proses ketika mencari di mesin pencari secara online untuk mendapat informasi juga sering disebut, 'Google' atau 'Googling' sesuatu (ini membuktikan betapa terkenalnya Google). Google juga dikenal sebagai website yang memiliki fitur dan tools lainnya, seperti Gmail, Maps, YouTube, Google+, Google Alerts, dan masih banyak lagi.

Google Alerts
Sebuah alat yang mengijinkan Anda untuk mendapat notifikasi email yang berkaitan dengan berbagai topik atau kata kunci yang Anda atur dalam sebuah aplikasi. Sebagai contoh, Anda bisa mengatur tanda-tanda yang memberitahukan Anda tentang berbagai mention atau komentar tentang bisnis Anda.

Google Maps
Layanan pemetaan Google, yang menawarkan jalanan peta, dan berbagai informasi secara detail mengenai sebuah alamat yang berada di dalamnya.

Google+
Sebuah situs jaringan sosial, yang dimiliki oleh Google, yang menawarkan berbagai fitur dan kegunaan sosial yang mirip dengan situs seperti Facebook.

Gross Sales
Total pendapatan dari seluruh penjualan selama periode waktu khusus.

Guarantee
Sebuah pernyataan, dalam tulisan, melalui perjanjian pembuat untuk memperbaiki atau menggantikan sebuah product yang rusak atau tidak memuaskan.

Guerilla Marketing
Sebuah gaya marketing yang mempunyai tujuan untuk mendapatkan ROI yang maksimal dari modal yang kemungkinan paling sedikit, biasanya melalui promosi yang inkonvensional, gratis dan harga yang rendah.

Hard Goods
Barang yang dapat dihitung seperti perabotan, pakaian, dan mainan yang tidak dapat dikirimkan melalui unggahan internet.

Heuristic
1) Sebuah metode yang mengidentifikasi pengunjung situs; 2) Sebuah analisis dari kegunaan sebuah website.

Hit
Sebuah istilah yang digunakan untuk ukuran traffic pada website. Sebuah ‘hit’ adalah permintaan tunggal untuk file tunggal pada server website. Masing-masing gambar pada sebuah halaman, kemudian, akan dihitung sebagai satu ‘hit’ ketika diminta. Hasilnya, ‘hits’ bukanlah cara yang baik untuk mengukur traffic. Sebagai gantinya, lihatlah berapa banyak pengunjung unik yang datang ke situs Anda.

Home Page
Sebuah halaman indeks pada website Anda. Ini juga merupakan halaman pertama yang terlihat setelah mengetik pada domain name.

Host
Server yang mempunyai sebuah halaman website di dalamnya, dan mengatur permintaan dari halaman-halaman tersebut yang berasal dari manapun dalam Internet. Website tersebut biasanya diselenggarakan oleh ISP.

HTML (Hypertext Markup Language)
HTML adalah sebuah kumpulan kode yang memberitahukan browser Anda untuk muncul pada halaman web. Ketika Anda masuk untuk sebuah program afiliasi, merchant Anda atau penyedia program afiliasi akan mengirimkan Anda kode HTML untuk digunakan pada link Anda.

HTTP (Hyper-Text Transfer Protocol)
Protokol transfer file digunakan oleh server melalui internet.

Hybrid Model
Sebuah model komisi yang menggabungkan metode pembayaran yang berbeda, atau model marketing atau bisnis yang meminjam dari dua atau lebih metode yang standar.

Hyperlink
Sebuah bagian teks atau grafik yang akan membawa seorang pengguna kepada sebuah halaman ketika dia mengkliknya. Jika teks, hyperlink ini bisa juga disebut ‘anchor text’.

Hypertext
Sebuah link yang dapat diklik di halaman web manapun. Juga biasanya disebut sebagai ‘anchor text’.

Image Map
Sebuah gambar pada halaman web yang memiliki hyperlink banyak, dan terpisah di dalamnya. Sebagai contoh, sebuah image map dari U.S. akan mengijinkan seseorang untuk mengklik di 50 negara berbeda dan membuka 50 halaman berbeda.

Impression
Sebuah contoh dari link iklan Anda yang muncul pada sebuah browser.

In-House
Sebuah tugas yang diatur dalam sebuah perusahaan, daripada melalui outsourcing. Di marketing afiliasi, in-house berarti bahwa program afiliasi telah berhasil dijalankan oleh perusahaan tersebut, bukannya melalui sebuah jaringan afiliasi.

Inbound Link
Sebuah link dalam website yang langsung mengarah ke website Anda. Sebagai contoh, seorang pengguna mengklik inbound link akan meninggalkan situs tersebut dan datang ke situs Anda melalui inbound link tersebut.

Incentivized Traffic
Pelancong website yang telah dikompensasi untuk mengunjungi sebuah situs atau mengambil tindakan yang jelas, termasuk signing up untuk program PPL (pay per lead).

Indexing
Penerimaan sebuah peringkat dimana di dalamnya terdapat mesin pencarian besar, yang dapat mengantarkan traffic ke website.

Internet
Sebuah jaringan dari server yang membuat World Wide Web.

Internet Service Provider (ISP)
Perusahaan yang mengijinkan Anda untuk menyambungkan komputer Anda dengan Internet.

Interstitial Ads
Iklan yang muncul antara dua halaman konten. Atau juga biasanya dikenal sebagai pop-ups atau iklan transisi.

Intranet
Sebuah jaringan pribadi pada komputer yang dapat berbicara satu sama lain, biasanya di dalam sebuah perusahaan atau organisasi.

Invisible Web
Sebuah kumpulan istilah untuk semua website yang tidak terindeksi oleh mesin pencari.

IP Adress
Versi digital dari domain name Anda. Sebuah alamat IPadalah sebuah nomor unik yang berisikan empat angka yang dipisah oleh titik: Sebagai contoh, 134.2.16.237. Setiap server di Internet memiliki sebuah alamat IP yang unik. Untuk web hosting, banyak situs yang bisa membagikan satu alamat IP, walaupun situs-situs besar akan mempunyai miliknya sendiri.

Javascript
Sebuah bahasa pemprograman yang dapat menjalankan skrip tanpa menghubungi server, ini sangat bagus untuk meningkatkan kecepatan dimana itu juga dapat memproses informasi. Javascript bisa digunakan untuk kalkulator online, mengirim form, menyesuaikan halaman dan banyak lagi.

Joint Venture
Sebuah kerjasama bisnis yang biasanya berdasarkan proyek yang ada, seringnya melibatkan satu marketer dengan sebuah produk untuk dipromosikan dan marketer lainnya yang mempunyai daftar orang yang mungkin tertarik dengan produk tersebut.

JPEG (Joint Photograph Experts Group)
Sebuah format yang biasa digunakan untuk gambar. JPEGs biasanya diakhiri dengan akhiran ‘.jpg’.

JV Broker
Seseorang yang membuat individu atau bisnis lain secara bersama-sama untuk masuk ke dalam hubungan joint venture.

JV Partner
Mengacu juga kepada bisnis atau individu yang bergabung di joint venture dan mereka juga mempunyai produk atau ingin mempromosikan produk.

Keyword
Istilah pencarian yang dimasukan oleh pengguna pada kolom mesin pencari. Sebagai contoh, seseorang yang ingin menemukan sebuah situs yang menjual cetakan kertas (printer paper) maka ia akan menuliskan ‘printer paper’ pada kolom mesin pencari.

Keyword Density
Rasio antara kata kunci yang dicari dengan total keseluruhan kata yang muncul pada halaman web Anda. Jika kata kunci Anda hanya ditemukan, katakan, sekali, dalam sebuah halaman yang mempunyai 20.000 kata, maka ia mempunyai kepadatan sebesar 0,05%.

Keyword Research
Sebuah pekerjaan yang menuntut untuk menemukan kata kunci yang optimal untuk menarik traffic ke sebuah situs web.

Lifetime Commission
Program afiliasi yang menulis cookies jangka panjang (2 tahun atau lebih), atau yang menggunakan tracking data konsumen internal mereka, untuk menjamin bahwa afiliasi akan memperoleh komisi secara berkelanjutan. Umumnya, dengan program lifetime commission, ID afiliasi Anda akan dibuat secara permanen untuk konsumen, sehingga Anda mendapatkan komisi pada keseluruhan pembelian konsumen di masa mendatang.

Lifetime Value of a Customer (LTV)
Jumlah dolar yang diproyeksikan, yang konsumen anda percayai untuk dihabiskan dengan Anda.

Link Popularity
Jumlah situs yang diindekskan untuk menghubungkan atau ‘langsung menuju’ ke sebuah website.

LinkedIn
Sebuah situs jaringan sosial yang menghubungkan orang-orang yang profesional dengan orang lain yang serupa.

Linkrot
Lambatnya proses link ke situs lain menjadi kurang dan kurang akurat dari waktu ke waktu sebaga situs yang berpindah-pindah; sebuah masalah khusus dengan situs afiliasi yang mempromosikan penawaran jangka pendek.

Linux Hosting
Solusi hosting ini diciptakan oleh sistem operasi Linux, ini dibuat untuk memudahkan penggunaan dan dapat dipercaya.

Listserv
Sebuah daftar surat pada alamat email.

Local Business Listings / Online Directories
Berdasarkan dari kategori (dan biasanya lokasi), terdapat beberapa situs pengajuan dimana bisnis yang ada bisa mendaftarkan website mereka. Ketika seorang konsumen lokal sedang mencari tipe produk atau jasa Anda secara online, kemungkinan beberapa direktori akan muncul dengan hasil sebuah daftar bisnis yang menawarkan produk atau jasa tersebut. Direktori biasanya muncul pada mesin pencari paling atas, itu juga menyediakan link untuk kembali ke website Anda.

Local Search
Mesin pencari yang melibatkan penggunaan letak geografis pada kata kunci. Tipe pencarian ini biasanya untuk orang-orang yang mencari bisnis, produk dan jasa lokal. Sebagai contoh, 'perbaikankomputer di Oackland' vs 'perbaikan komputer'. Hasil yang muncul biasanya di bagian 'Local Pack' dalam halaman pencarian, yang berisi daftar lokal bisnis yang dibarengi sebuah jarum peta.

Log File
Rekaman dari sebuah server website menjaga setiap permintaan yang diterima. Digunakan untuk laporan traffic. Lihat juga di Server Logs.

Loyalty Program
Sebuah program marketing (atau program CRM) yang menghadiahkan konsumen berdasarkan seberapa banyak mereka beli. Juga biasa disebut program Frequency atau Reward.

Manual Approval
Ketika seorang merchant memerlukan sosok seseorang untuk mengulas aplikasi afiliasi yang prospek sebelum mereka diterima untuk program afiliasi.

Merchant
Sebuah bisnis Internet yang menjual barang atau jasa.

Meta Tags
HTML tags pada header sebuah halaman web, digunakan oleh mesin pencari untuk mendapat penjelasan sebuah halaman dan kata kunci.

Microsite
Sebuah 1-3 halaman website yang ditujukan khusus untuk menjual sebuah produk, meminta pelanggan, atau dengan kata lain mendapatkan prospek untuk mengambil langkah dengan segera. (Lihat juga pada Mini-site).

Mini-Site
Sebuah website dengan topik yang sangat terfokus dan informasi yang sangat khusus. Mini-sites mulai sebagai halaman penjualan tunggal, tapi belakangan ini situs semacamnya biasa disebut microsites (lihat di atas). Sekarang, mini-site yang optimal berisikan paling tidak 10 halaman konten yang ditargetkan - ulasan produk, spesifikasi, FAQs, rekomendasi, dll. - sama halnya dengan halaman penjualan. Banyak ‘mini-sites’ yang faktanya cukup besar - sebagian berisikan ratusan halaman konten.

Mobile Application
Biasanya dikenal sebagai 'aplikasi mobile', ini adalah perangkat lunak yang dibuat secara spesifik untuk mengijinkan fungsi aplikasi internet pada smartphone dan perangkat mobile lainnya.

Mobile Marketing
Proses katering untuk pengguna mobile internet. Ini juga akan meyakinkan bahwa website Anda telah dioptimisasi untuk penggunaan mobile, menggunakan pesan teks marketing untuk menghasilkan bisnis yang berulang, menggunakan aplikasi mobile untuk memberikan kenyamanan kepada konsumen Anda dan menggunakan kode QR untuk mengirimkan pengguna mobile secara cepat ke beberapa tujuan online.

Mouseover
Ketika seorang pengguna memindahkan mouse mereka atau kursor menuju kepada item khusus dalam sebuah halaman web. Sebuah Javascript rollover, ketika sebuah gambar berubah warna ketika Anda menggeser mouse ke gambar tersebut, maka itu disebut dengan mouseover.

Mousetrapping
Ketika seorang pengembang web menggunakan trik untuk membuat sulit user agar tidak mungkin meninggalkan sebuah situs, seperti menunjukkan pop-up tiada henti atau menonaktifkan tombol ‘kembali’.

Mp3
Sebuah format file paling terkenal untuk file suara/audio.

Multi-Level Marketing
Juga biasa disebut Network Marketing. MLM menggerakkan produk melalui sekumpulan distributor independen yang membeli produk dengan harga secara besar-besaran melalui perusahaan MLM, kemudian menjual kembali produk tersebut dengan harga eceran, dan mensponsori orang lain untuk melakukan hal yang sama saat mereka mendapat persentase dari penjualan sponsor mereka.

MySQL
Sebuah tipe database yang bisa diintegrasikan ke dalam sebuah website dan dapat mengumpulkan informasi.

NAP (Name, Address, Phone)
Sebuah 'jejak' dari bisnis online Anda, yang digunakan oleh mesin pencari untuk memvalidasikan bisnis Anda dengan refensi-silang alamat dan nomor telepon Anda. NAP yang kuat menghasilkan peringkat pencarian lokal lebih tinggi.

Navigation
Design dan struktur dalam sebuah situs yang mengijinkan penggunanya untuk pindah dari satu halaman ke halaman lainnya.

Newbie
Seseorang yang baru memasuki marketing afiliasi atau baru masuk ke dunia Internet.

Niche
Sebuah industri atau grup khusus pada produk di dalam sebuah industri yang membagikan karakteristik yang sama dan sering mempunyai audiens yang sama.

Opt-in
Ketika seseorang masuk ke dalam dunia online, biasanya untuk mendapat newsletter melalui email.

Opt-out
Ketika seseorang berhenti berlangganan dari newsletter melalui email atau jenis lainnya dalam komunikasi.

Organic (Natural) Search Engine Results
Daftar website yang tampil pada 'organic results section' setelah seorang pengguna mengetik sebuah kata kunci pada mesin pencari. Ada beberapa website yang secara alami teroptimalkan untuk muncul pada hasil sebuah kata kunci (mereka bukanlah bagian dari daftar lokal atau bagian iklan berbayar).

Outbound Link
Sebuah link yang menunjukkan dari situs Anda menuju situs lainnya, atau sebuah link yang membawa si pengguna ke situs yang baru. Lihat pada Inbound Link.

Partner Program
Lihat pada Affiliate Program.

Pay Per Click (PPC)
Sebuah program dimana afiliasi dibayar dalam sekali klik ke situs web merchant. Pengembalian Pay per Click itu sangat rendah, biasanya kurang dari $.50 per klik dan terkadang serendah $.01 per klik. Ini sangat bagus bagi webmasters yang memiliki traffic yang luar biasa padat.

Pay Per Impression
Sebuah istilah periklanan yang berarti pengiklan membayar untuk iklan mereka dari seberapa banyak ketertarikan (atau views) yang diterima.

Pay Per Lead (PPL)
Sebuah program dimana seorang afiliasi membayarkan komisi untuk tiap-tiap lead yang memenuhi syarat melalui link afiliasi Anda. Merchant sering mempunyai kriteria spesifik yang digunakan untuk mendapatkan lead yang qualified. Umumnya, yang prospek akan mengambil beberapa tindakan selama berada berada di situs merchant tersebut, seperti mengisi aplikasi, berlangganan ke sebuah ezine atau daftar penawaran, memasukkan undian, meminta contoh gratis atau mengunggah software atau PDFs.

Pay Per Sale (PPS)
Program afiliasi yang paling umum, ketika Anda menerima komisi untuk setiap penjualan produk atau jasa melalui link afiliasi Anda.

Pay-Per-Click Affiliate
Seorang afiliasi yang menampilkan sebagian besar iklan mereka melalui pay per click.

Pay-Per-Marketing Performance
Sebuah istilah umum yang meliputi keseluruhan industri afiliasi marekting dan seluruh tipe dalam program afiliasi, biasanya program yang berdasarkan komisi.

Paypal
Sebuah sistem pembayaran online yang mengijinkan siapapun untuk membayar dan menerima pembayaran untuk produk dan jasa melalui internet dengan kartu kredit, kartu debit dan transfer bank.

Performance Pricing Model
Sebuah model iklan dimana pengiklan membayar berdasarkan tampilan dari sebuah iklan, yang bisa diukur dari banyaknya klik, angka penjualan, angka leads, atau tindakan lainnya.

Permission Marketing
Sebuah teknik marketing yang meminta informasi dari konsumen sedikit demi sedikit dari waktu ke waktu agar meningkatkan kepercayaan dalam hubungan tersebut.

Personalization
Mengubah sebuah pesan dengan ‘mengubah’ teks, grafik dan layout dasar pada masing-masing informasi spesifik tiap konsumen.

PHP
Hypertext Processors, sebuah bahasa pemprograman yang membantu mengintegrasi operasi database menjadi website. PHP bisa ditanamkan ke dalam HTML dan mengijinkan webmasters untuk membuat konten yang dinamis.

Plug-in
Sebuah modul software kecil yang menambahkan beberapa fitur ke bagian yang lebih besar dari sebuah software. Plug-in umumnya adalah ActiveX dan Adobe Acrobat.

Podcast
Sebuah file multimedia, biasanya sebuah program audio atau file yang di sebarluaskan melalui Internet menggunakan RSS feeds atau Atom-syndication.

Pop-Under Ad
Sebuah jendela browser baru yang muncul di bawah jendela browser utama dan termasuk iklan.

Pop-Up Ad
Sebuah jendela browser baru yang muncul tiba-tiba dan termasuk iklan.

Portable Document Format (PDF)
Sebuah jenis file yang menjaga format design (teks dan gambar) sebuah dokumen dari komputer manapun yang menjalankan program Adobe reader (juga dikenal dengan sebutan Adobe Acrobat Reader). Format file yang biasanya digunakan untuk ebooks.

Portal
Sebuah website atau halaman dimaksudkan untuk menjadi sebuah titik masuk untuk informasi dalam jumlah besar. Banyak perusahaan telah berusaha membuat portal yang mencakup semua topik yang tersedia di Internet.

Posting
Pesan yang ditambahkan ke newsgroup, forum atau papan pesan.

PPC Campaign
Sebuah kampanye iklan yang mulai ketika seorang pengiklan atau webmaster memilih untuk menggunakan pay per click untuk mempromosikan situs mereka.

Privacy Policy
Sebuah pernyataan resmi yang ada di sebuah website yang menjelaskan bagaimana informasi pribadi seorang pengunjung digunakan dan dilindungi.

Profit
Sejumlah uang yang diperoleh dari penjualan Anda setelah biaya.

Promotion
Sebuah kampanye marketing, atau pesan marketing secara personal.

Qualified Leads
Lihat di Pay Per Lead.

Quick Response Code (QR Code)
Sebuah kode berbentuk bar berwarna hitam dan putih yang bisa discan dengan sebuah perangkat mobile. Sekali discan, pengguna bisa langsung menuju ke tujuan online yang dipilih, seperti website Anda, sebuah video, kupon, survey dan masih banyak lagi.

Reach
Berapa banyak sebuah pasar akan diekspos untuk iklan berbayar, promosi atau teknik marketing.

Real Simple Syndication (RSS)
Sebuah bahasa markup XML-based digunakan untuk konten sindikasi. Banyak blog yang mendukung RSS.

Reciprocal Links
Sebuah link pertukaran antara dua situs yang sama-sama setuju untuk menaruh sebuah outbound link ke situr partner mereka dalam situs mereka.

Referral Fees
Komisi dibayarkan oleh pengiklan untuk pengiriman penjualan atau lead penjualan.

Referral Link
Lihat pada Affiliate Link.

Referral Program
Lihat pada Affiliate Program.

Repeat Visitor
Seorang pengunjung website yang kembali lagi pada sebuah website setelah kunjungan pertama mereka.

Reputation Management
Proses dari memantau, menjajaki dan menerima tentang apa yang orang katakan tentang online bisnis Anda. Ini juga melibatkan kesadaran akan terbentuknya branding dan membangun sebuah reputasi online yang positif di sekitar bisnis Anda melalui review dari pelanggan, isi yang bagus dan masih banyak lagi.

Reseller Program
Terkadang digunakan sebagai persamaan kata untuk program afiliasi. Bagaimanapun, program penjual sebenarnya biasanya terstruktur sebagai hubungan pedagang besar B-to-B (business-to-business). Banyak merchant yang menuntut penjual untuk masuk ke program mereka, dan menuntut sebuah hubungan bisnis yang transparan. Penjual kemudian menjual produk dengan harga yang sangat kurang, tapi sering juga harus menyediakan penunjang produk.

Residual Earnings
Program afiliasi yang membayar komisi seumur hidup. Sehingga seorang afiliasi membuat komisi pertama dan setiap pembelian selanjutnya yang konsumen buat.

Residual Income
Sebuah program yang membayarkan komisi pada pembayaran berulang. Hal ini biasanya bersifat keanggotaan, berlangganan, atau biaya bulanan untuk pelayanan seperti web hosting.

Retargeting / Remarketing
Proses meningkatkan perubahan oleh marketing kepada orang lain yang sudah pernah mengunjungi website atau halaman Facebook Anda. Ini biasanya selesai dengan membuat iklan re-marketing (pemasaran ulang), yang kemudian secara berkala muncul pada browser pengunjung ketika mereka masuk ke website. Tujuan utamanya adalah mendapat pelanggan bagus yang menunjukkan ketertarikannya dengan website Anda, yaitu dengan kembali lagi mengunjunginya.

Return On Investment (ROI)
Uang yang diperoleh dari pendapatan iklan Anda. Sebagai contoh, komisi $2 diperoleh dari sebuah klik yang bernilai $1 adalah 200% laba dari investasi.

Revenue-sharing Program
Lihat pada Affiliate Program.

Review Sites
Website dimana pelanggan pergi dengan meninggalkan ulasan mengenai perusahaan, produk dan jasa. Pelanggan yang mencari untuk melakukan pembelian seringkali mengunjungi website seperti ini untuk mendapat banyak informasi. Beberapa website ulasan yang terkenal di bisnis lokal adalah Yelp, Google My Business, Yahoo Local dan lain-lain.

Robots
Sebuah program yang ditulis oleh mesin pencari (atau perusahaan sejenis) yang mengikuti link melalui internet, semoga mengindeks setiap halaman yang datang atau berlalu lalang.

ROI (Return On Investment)
Sebuah metode untuk mengukur keuntungan yang sebenarnya dari kampanye penjualan yang diberikan.

Run-of-Network (RON)
Ketika sebuah iklan muncul melalui sebuah jaringan iklan.

Run-of-Site (ROS)
Ketika sebuah iklan muncul di setiap halaman sebuah website.

Scripts
Satu set instruksi pemprograman yang dieksekusi oleh program lainnya tanpa memerlukan interaksi dari pengguna.

Search Engine
Ketika mencari sebuah informasi secara online, kebanyakan orang akan pergi ke website mesin pencari favorit seperti Google, Yahoo, atau Bing. Ketika sampai di web tersebut, mereka mengetik kata kunci yang betul-betul menggambarkan apa yang sedang mereka cari. Kemudian, muncullah daftar beberapa website (hasil pencarian) yang cocok dengan kata kunci di halaman tersebut.

Search Engine Results Page (SERP)
Halaman dari beberapa website yang muncul ketika seorang pengguna mengetik kata kunci yang jelas ke dalam kolom mesin pencari. Masing-masing mesin pencari mempunyai sebuah algoritma yang menentukan urutan halaman yang muncul.

Second Tier
Dalam program afiliasi dua-tingkat, tingkat yang kedua melambangkan afiliasi direkrut oleh seorang afiliasi yang sudah ada di program afiliasi (tingkat pertama). Setiap kali tingkatan yang kedua membuat penjualan, tingkat pertama memperoleh komisi tambahan.

Secure Server
Seorang web server dengan penyandian khusus yang mengijinkan kartu kredit dan informasi sensitif lainnya untuk ditransfer secara aman selama pembelian. Anda bisa memutuskan jika sebuah server aman dengan memeriksa alamat webnya. Semua server yang aman dimulai dengan https:// bukan yang standar yaitu http://.

SEO (Search Engine Optimization)
Sebuah praktek membuat perubahan ke sebuah website sehingga lebih sering muncul di mesin pencari. Termasuk pengembangan inbound links ke situs tersebut.

Server
Komputer fisik atau perangkat keras yang menyimpan data dari sebuah website dan mengatur permintaan dari komputer lain untuk data tersebut.

Server Logs
Catatan server yang menjaga permintaan setiap data, kapan itu diminta, siapa yang meminta, dan lainnya. Log-log ini digunakan untuk membuat laporan traffic.

Shopping Cart
Perangkat lunak terintegrasi menjadi sebuah website yang bertindak sebagai sebuah keranjang belanjaan ‘virtual’, menjaga rekaman jejak dari apa yang seorang pengunjung ingin beli dalam sebuah website.

Sig File
Lihat pada Signature File.

Signature File
Sama dengan email signature, ini biasanya menjurus kepada pesan singkat yang mengikuti tanda tangan Anda dalam postingan sebuah forum. Lihat juga di Email Signature.

Skyscrapper
Sebuah bentuk dari iklan grafis. Ada dua ukuran standar skyscrapper: 120 x 600 dan 160 x 600.

Social Media
Media sosial mengijinkan berbagai bisnis untuk menciptakan kesadaran akan brand mereka dan berkomunikasi dengan konsumen lama maupun calon konsumen melalui profile mereka di berbagai situs seperti Facebook, Linkedin, Twitter, Google+ dan lainnya. 'Pemasaran' media sosial memerlukan untuk menggunakan berbagai platform tersebut untuk memberikan berita terbaru dan informasi yang membuat pelanggan tertarik, sekaligus juga sebagai promosi untuk produk dan jasa Anda.

Spam
Email iklan yang tidak diinginkan, email sampah, atau sampah postingan di forum. Saat ini, istilah tersebut juga menjadi terlalu jauh (dan secara salah) digunakan untuk penerimaan email yang TIDAK DIINGINKAN dari berbagai sumber. Setiap email yang Anda kirimkan ke daftar email berbayar (“Mail to 1 Million People for Only $199”) juga dihitung sebagai spam.

Spyware
Sebuah program yang secara sembunyi-sembunyi dipasang pada sebuah komputer selama pengunggahan gratis yang mengikuti aktifitas online si pengguna dan melaporkan itu kepada pihak ketiga.

SQL (Structured Query Language)
Sebuah bahasa pemprograman database yang umumnya digunakan untuk website.

SSL (Secure Sockets Layer)
Sebuah protokol digunakan untuk mengaktifkan enkripsi, komunikasi sesungguhnya melalui internet. Semua server yang aman menggunakan protokol ini.

Storefront
Sebuah website e-commerce.

Streaming
Teknologi yang mengijinkan data besar dari audio dan video dimainkan secara terus menerus selama mereka mengunggah. Streaming memperbolehkan file tersebut bermain langsung saat yang lain mengambil beberapa menit untuk benar-benar mengunggah.

Sub-Affiliate
Afiliasi yang Anda punya menjurus kepada program afiliasi dua-tingkat. (Lihat juga pada Two-tier).

Super Affiliates
Sebuah istilah yang secara langsung ditujukan untuk menggambarkan 1% perolehan afiliasi. Sekarang ini terlalu jauh ditujukan kepada siapapun yang membuat hidup yang baik dari program afiliasi.

Surround Session
Sebuah teknik periklanan dimana seorang pengunjung melihat iklan dari satu-satunya pengiklan selama kunjungan mereka ke sebuah situs.

Target Audience
Audiens yang ditujukan untuk iklan sebuah produk atau jasa, biasanya ditetapkan dalam sebuah istilah demografi spesifik dari audiens dan perilaku online atau offline mereka.

Teleseminar
Sebuah seminar dimana partisipannya, seperti pembicara dan pendengarnya, tidak berkumpul pada satu tempat fisik, melainkan pada lokasi yang terpisah jauh. Seminar ini biasanya dilakukan melalui telepon dan bisa juga disiarkan secara langsung atau direkam dan dibuat tersedia untuk diunggah.

Text Ad
Sebuah iklan yang isinya hanya teks saja.

Text Link
Sebuah link ditampilkan sebagai teks saja, tanpa ada gambar diatasnya (seperti banner).

Text Message Marketing (SMS)
Sebuah bentuk populer dari marketing mobile yang melibatkan daftar pelanggan mobile, dan kemudian menindaklanjuti mereka melalui pesan teks untuk memberikan informasi atau mempromosikan acara yang Anda buat dan penawaran spesial.

Thin Affiliate
Sebuah frase yang diciptakan oleh Google unttuk menggambarkan sebuah situs afiliasi yang berisikan konten nilai palsu. atau yang tidak sebenarnya. Halaman arahan yang dirancang semata-mata untuk mengirimkan traffic ke situs merchant, halaman tidak berisikan apa-apa melainkan link afiliasi, atau situs miskin-konten yang dirancang untuk mendapatkan klik AdSense adalah jenis umum dari situs ‘thin affiliate’. (Lihat juga di Fat Affiliate)

Third-party Ad Server
Jaringan atau perusahaan yang mengatur pelayanan iklan, biasanya sebuah jaringan iklan.

Third-party Credit Card Processing
Sebuah perusahaan yang menerima pemesanan kartu kredit atas nama perusahaan lain (biasanya seorang pengecer), membuat akun merchant yang tidak perlu. Sebuah cara yang tidak murah untuk mengaktifkan sebuah website untuk e-commerce.

Third-party Tracking Software
Software yang terletak di server lain selain punya Anda yang mengikuti dan merekam kunjungan ke website Anda.

Title Tags
Penting untuk SEO, title tag adalah kata-kata pada judul situs Anda, yang mesin pencari gunakan untuk membantu menentukan topik situs Anda sehingga itu dapat diurutkan pada hasil pencarian. Tag-tag ini muncul pada bagian paling atas dari browser, sama halnya dengan halaman hasil pencarian. Ini sangat penting untuk menggunakan kata kunci yang relevan pada title tag situs Anda untuk hasil terbaik.

Tracking
Merekam informasi tentang penjualan, leads, klik atau tindakan lain yang diambil oleh seorang pengunjung dalam sebuah halaman web. Biasanya diakhiri dengan cookies, link unik atau URL unik.

Tracking Method
Bagaimana sebuah program afiliasi merekam penjualan, leads, atau klik.

Tracking URL
Sebuah url website dengan kode yang tertanam di dalamnya yang mengikuti dan merekam tindakan pengguna.

Two-tier
Sebuah model pembayaran afiliasi dimana Anda bisa mengacu kepada afiliasi lain dan menerima komisi tambahan yang sedikit dalam penjualan mereka. Anda adalah tingkatan pertama, sub-afiliasi Anda adalah yang kedua. Marketing afiliasi dua-tingkat kadang dibandingkan dengan MLM (Multi-Level Marketing). Tetapi program afiliasi dua-tingkat menghindari sistem pembayaran yang rumit dari MLM, sama seperti sebagian dari aspek shadier dari marketing ‘pyramid’.

Uniform Resource Locator (URL)
Alamat dari sebuah website.

Unique User
Sebuah istilah traffic website yang berarti seorang pengunjung yang unik, terkadang ini mengacu kepada hal seperti: ‘Saya mendapat 50.000 pengunjung unik ke situs saya setiap bulan’.

Unique Visitor
Lihat pada Unique User.

Upload
Mentransfer sebuah file dari komputer Anda ke server. Halaman web biasanya diubah pada komputer si pengguna, kemudian ‘diupload’ ke web server.

Upsell
Ketika seorang marketer menjual lebih banyak produk yang mahal ke seorang pelanggan yang biasanya membeli sesuatu dari marketer tersebut.

Usability
Area pada design sebuah website yang difokuskan tentang bagaimana mudahnya para pengunjung dapat menggunakan atau menavigasikan sebuah website.

User Session
Semua tindakan yang diambil seorang pengguna website dalam satu kali kunjungan. Biasanya digunakan untuk konteks pemprograman dan aplikasi web.

Video Marketing
Proses pembuatan dan penerbitan video online untuk mempromosikan bisnis Anda, dan juga mendidik serta menginformasikan audiens Anda. Sebuah kampanye video marketing melibatkan sebuah rencana yang konsisten untuk meletakkan video online tersebut agar dapat menarik lebih banyak lagi pelanggan dan penjualan.

Viral Guide
Sebuah dokumen informatif pada topik khusus yang didistribusikan melalui Internet untuk membanty membawa pengunjung ke sebuah situs, membangun kredibilitas untuk webmaster, dan mempromosikan produk.

Viral Marketing
Iklan yang disebarluaskan dengan caranya sendiri (seperti virus). Viral marketing diselesaikan dengan penawaran produk gratis dengan nilai yang tinggi. Ini biasanya terkirim secara digital, dengan ijin untuk menyalin dan membagikan produk ke orang lain.

Virus
Sebuah program jahat yang menginterupsi proses dari sebuah komputer. Virus dapat menghancurkan data atau memperlambat sebuah proses pada komputer. Mereka bisa didapatkan melalui unggahan gratis, atau dengan membuka lampiran email yang diakhiri dengan format ‘.exe’.

Web Templates
Design yang sudah ada yang dapat membantu dalam membuat layout sebuah situs atau halaman web.

Webcasting
Sebuah presentasi secara online yang menggunakan real-time atau pra-rekaman suara, video atau animasi melalui internet.

Webmaster
Seseorang yang membangun dan menjaga serta mempertahankan sebuah website.

Website
Kumpulan dari halaman HTML yang diatur di bawah satu domain name.

WordPress
WordPress adalah platform blog yang paling terkenal dan mempunyai sistem manajemen konten; bagaimanapun juga, ini sudah lebih dari sekedar blog dan sekarang biasa digunakan sebagai platform sebuah website untuk jutaan usaha/bisnis.

XML (eXtensible Markup Language)
Sebuah versi yang lebih berkembang dari HTML, yang mengijinkan untuk tag/label yang maju untuk info struktur, transfer data dan membuat aplikasi.

Yelp
Sebuah situs ulasan lokal dimana yang punya usaha terkoneksi langsung dengan konsumennya. Banyak juga konsumen lokal yang membuat ulasan dan pendapat tentang perusahaan yang pernah berbisnis dengannya.; ini juga merupakan sumber yang besar jika ingin melihat apa yang orang lain katakan tentang bisnis lokal.

YouTube
Sebuah platform untuk membagikan video, yang dimiliki oleh Google, dan sudah menjadi peringkat kedua di dunia sebagai situs yang sering dicari oleh pengguna. Anda bisa mempublikasikan kata kunci yang berkaitan dengan video yang Anda unggah agar mendapat lebih banyak viewer.