Internet Marketing Glossary

Istilah yang perlu anda ketahui dan mengerti sebelum memulai.
All | # A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z
There are currently 29 names in this directory beginning with the letter A.
Abandon
Sama seperti ‘Shopping cart abandonment’, yang berarti ketika seorang user tengah mengunjungi sebuah situs, menaruh beberapa item dalam keranjang mereka, kemudian mengubah pikiran mereka dan lalu meninggalkan situs tersebut.

Above The Fold
Bagian dimana sebuah halaman website secara keseluruhan terlihat pada layar, tanpa harus di-scroll ke bawah. Dalam sebuah kalimat, ‘Pastikan iklan saya muncul above the fold’.

Ad Blocker
Sebuah browser plug-in yang mencegah iklan pop-up bermunculan ketika kita tengah menggunakan internet.

Ad Network
Sebuah perusahaan dengan persediaan ruang iklan yang signifikan untuk banyak situs. Ad networks mempromosikan iklan yang tersedia untuk beberapa situs pada jaringan mereka.

Adsense
Iklan kontekstual yang dipersembahkan oleh Google, dimana penempatan iklan pada website berdasarkan dari relevansi iklan tersebut pada isi sebuah website. Si penerbit dalam situs tersebut dibayar dalam satu klik.

Adware
Biasa dikenal dengan ‘parasiteware’ atau ‘spyware’, ‘adware’ adalah sebuah program dimana iklan muncul tanpa atau diluar jendela browser. Program ini khusus dipasang secara diam-diam dengan jaringan iklan, dan biasanya munucl ketika user tengah mengunggah sesuatu yang ‘aneh’.

Adwords
Bentuk iklan ‘pay-per-click’ dimana iklan dan link muncul pada tepi halaman hasil pencarian dari Google. Tawaran pengiklan berdasarkan kata kunci. Ketika seorang user menampilkan kata kunci, maka iklan yang dipasang pengiklan pun akan muncul sesuai kata kunci. Jumlah tawaran pada kata kunci mempengaruhi berapa kali iklan tersebut akan muncul.

Affiliate
Seseorang yang memperoleh komisi untuk mengirimkan clicks, leads atau sales kepada merchant.

Affiliate Agreement
Sebuah dokumen kontraktual (re: berdasarkan perjanjian), biasanya berbentuk elektronik, diantara seorang afiliasi dengan merchant. Ini termasuk syarat dan ketentuan dari hubungan keduanya dan ini merupakan ikatan yang legal.

Affiliate Forum
Sebuah komunitas online dimana pengunjung diperbolehkan membaca dan memposting topik yang berkaitan dengan affiliate marketing.

Affiliate Link
Kode yang mengirim pelanggan anda kepada halaman penjualan seorang merchant. Kode tersebut bisa jadi sebuah HTML link atau merupakan bagian dari grafik (seperti banner). Kode itu mengidentifikasi anda sebagai seorang afiliasi yang seharusnya ditujukan untuk click atau penjualan.

Affiliate Program
Sebuah model bisnis yang membayar komisi untuk seseorang yang mengirimkan leads, clicks atau sales kepada merchant melalui sebuah link (teks atau grafik) pada sebuah website.

Affiliate Program (or Solution) Provider
Pihak ketiga yang menyediakan software, database support, affiliate ID dan link tracking, serta layanan pembayaran untuk program affiliate.

Affiliate Program Directory
Sebuah situs website yang menggambarkan dan mensortir berbagai program affiliate.

Affiliate Program Manager
Seseorang yang dipekerjakan untuk mengatur program affiliate seorang merchant.

Affiliate Solution Provider
Sebuah perusahaan atau jaringan menyediakan software dan dukungan yang dibutuhkan untuk menjalankan program affiliate.

Affiliate URL or Link
Kode HTML pada hyperlink di halaman website seorang affiliate. Ketika seorang pengunjung mengklik sebuah link pada sebuah situs, mereka akan ditandai dengan ID dari affiliate sehingga si affiliate akan mendapatkan kredit pada setiap penjualan.

Affinity Marketing
Mempromosikan produk berdasarkan informasi pembelian terakhir si konsumen.

Alexa
Sebuah website berisikan informasi perusahaan yang mengurutkan website berdasarkan dari jumlah trafik yang mereka dapatkan. Agar dapat diurutkan, bagaimanapun juga, seorang webmaster harus mengunggah toolbar Alexa, dan Alexa hanya dapat mengurutkan trafik dari browser-browser yang sudah mempunyai serta mengunggah toolbar Alexa.

Algorithm
Formula yang digunakan oleh mesin pencari untuk mengurutkan halaman website. Mereka menganalisa data dalam situs Anda untuk menentukan relevansi dan peringkat halaman Anda berdasarkan kekuatan optimisasinya.

Alt Text
Bagian dari kode HTML digunakan untuk gambar yang memungkinkan untuk penjelasan teks. Teks ini digunakan oleh mesin pencari, tapi hanya muncul kepada pengunjung jika mereka mematikan pilihan gambar.

Analytics
Data yang biasa digunakan untuk memberikan informasi detail tentang aktivitas website Anda yang bisa digunakan untuk meningkatkan pengalaman pengunjung website. Anda bisa menganalisis perilaku user, seperti halaman apa saja yang dikunjungi, berapa lama waktu yang dihabiskan untuk berada di situs tersebut dan masih banyak lagi.

Applet
Naskah yang ditulis dalam pemprograman Java yang tertanam dalam kode sebuah halaman web.

Article (Keyword Article)
Sebuah artikel yang menekankan pada satu set kata kunci untuk menaikan urutan mesin pencari untuk sebuah website.

Associate
Kata lain dari Affiliate.

Associate Program
Silahkan liat di Affiliate Program.

Attrition
Bagian dari database pelanggan yang menjadi tidak aktif. Menjurus kepada ‘attrition rate’ – sebuah tingkat dimana pelanggan menjadi tidak aktif.

Authoring Tool
Sebuah program yang biasanya digunakan untuk membangun halaman web.

Autoresponder
Sebuah perangkat lunak yang akan secara otomatis mengirim pesan email sesuai dengan jadwal yang telah diatur. Pelanggan dapat mengirimkan autoresponder sebuah email, atau memasukan informasi email mereka melalui form pada website. Anda bisa membangun dan mempertahankan daftar, mengatur secara otomatis pesan emailnya, mengirim pesan berantai, hasil pencarian, dan lain-lain. MailChimp, iContact, Constant Contact dan Aweber adalah yang paling populer.