Promosi Kesehatan Dalam Pandemi
Pentingnya Promosi Kesehatan di Tengah Pandemi
Juni 23, 2020
Pentingnya Review Produk
Seberapa Berharga Review Produk Dalam Bisnis Online?
Juni 23, 2020
Show all

Jenis-jenis Promosi Dalam Dunia Bisnis

Jenis jenis Promosi

Jenis jenis Promosi

Menjalankan sebuah bisnis tentunya memerlukan berbagai macam hal agar bisa berjalan maksimal. Salah satunya adalah promosi. Tujuan utama dari promosi adalah membuat semakin banyak orang yang kenal terhadap produk yang dijual. Kemudian mereka mau membelinya. Tentu saja pada akhirnya, fokus kepada angka penjualan menjadi tujuan utama. Dalam menjalankan promosi, ada jenis-jenis promosi di dunia bisnis.

Ya, jika Anda berpikir bahwa hanya ada satu atau dua jenis promosi, maka Anda salah besar. Sebenarnya ada beberapa jenis promosi yang bisa memberikan dampak positif dalam masuk ke dalam pasar. Jadi, apa saja jenis promosi yang tersedia dan bisa Anda terapkan di dalam dunia bisnis? Untuk informasi lebih lengkap, simak penjelasan di bawah ini.

Promosi Tatap Muka

Jenis promosi yang pertama adalah promosi tatap muka. Promosi ini terhitung masih sering dilakukan dan sering ditemui juga. Jika Anda sering berkunjung ke mall dan melihat beberapa orang yang menawarkan produk dari sebuah bisnis, maka itu adalah promosi tatap muka. Mereka biasanya tidak lupa memberikan brosur agar Anda lebih mudah mengetahui apa saja yang mereka jual. Fungsi brosur itu juga menjadi pengingat untuk Anda agar jika memang tertarik, maka bisa langsung menemui mereka di sana.

Promosi tatap muka dengan mengobrol langsung kepada calon konsumen memang terhitung ampuh. Banyak bisnis yang masih merasakan dampak positif dari promosi ini. Sebut saja bisnis properti dan otomotif.

Promosi Periklanan

Selain promosi tatap muka, ada juga promosi periklanan. Dari namanya sendiri, sudah bisa ditebak bagaimana bentuk promosi ini. Jika Anda sering melihat atau membaca iklan yang menawarkan sebuah produk, itulah bentuk dari promosi periklanan. Cukup banyak bentuk dari promosi periklanan, seperti iklan tv, iklan radio, iklan online, papan reklame, brosur, dan lainnya. Walaupun sudah dilakukan sejak puluhan tahun lalu, jenis promosi ini masih relevan.

Promosi Penjualan

Kemudian ada promosi penjualan yang punya penerapan berbeda. Promosi penjualan fokus untuk mengajak pembeli membeli produk yang dijual dengan diiming-imingi produk lainnya. Bisa dalam bentuk barang, potongan harga, hingga pelayanan ekstra lainnya. Inilah yang bisa membuat para pembeli tertarik untuk produk yang dijual.

Promosi Publisitas

Terakhir ada promosi publisitas. Kalau Anda melihat ada iklan di koran, majalah, ataupun stasiun TV yang memiliki bentuk layaknya wawancara atau artikel, sebenarnya itulah bentuk dari promosi publisitas. Promosi ini memang tidak serta merta langsung membahas tentang produk tersebut dengan tulisan yang besar dan nampak sekali hard selling. Promosi publisitas lebih mencoba pendekatan soft selling, tapi tetap membawa konsumen untuk membeli produk tersebut. Untuk bisnis yang menggunakan promosi publisitas, cukup banyak yang menggunakannya. Salah satunya adalah bisnis properti. Pasti Anda sering melihat ada acara TV yang membahas tentang apartemen atau perumahan tertentu. Itulah contoh dari promosi publisitas.

Sekarang, Anda sudah tahu jenis-jenis promosi dalam dunia bsinis. Untuk memilih mana yang paling cocok untuk bisnis Anda saat ini, Anda bisa membahasnya dengan tim agar bisa mendapatkan promosi yang paling maksimal dan optimal.

Baca Juga: 5 Manfaat Promosi yang Memberi Dampak Positif

Semoga informasi yang diberikan di artikel ini bisa memberikan manfaat sekaligus wawasan terbaru kepada Anda. Jangan lupa untuk memberikan komentar tentang artikel ini dan share artikel ini di media sosial Anda agar semakin banyak yang tahu informasi ini.

Timotius
Timotius
Hello, I'm Timo. Working in the media industry since 2014, I want to absorb more experience in this industry and provide the best for my profession as a Content Writer.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *