Bagaimana Memindahkan Web lama ke Web Baru? – Ask Monday #23
September 20, 2015
Toffee Podcast #2 Bersama Denny Santoso dari DigitalMarketer.id
September 25, 2015
Show all

Kebanyakan Bisnis Tradisional Akan Gagal Dalam Pemasaran Online

Dalam beberapa tahun terakhir ini, saya banyak melakukan kerjasama dengan perusahaan tradisional untuk melakukan pemasaran online.

Yang saya maksud dengan perusahaan tradisional adalah perusahaan yang telah memulai usaha selama beberapa tahun dan menggunakan pemasaran tradisional seperti iklan radio, koran, cold calling, dsb untuk strategi marketing mereka.

Semua perusahaan yang saya temui setuju bahwa mereka perlu masuk ke pemasaran digital. Dan mereka semua juga setuju bahwa online akan meningkatkan bisnis mereka dalam beberapa tahun kedepan.

Tetapi tidak semua perusahaan siap untuk melakukan pemasaran secara digital. Bahkan mereka yang telah menggunakan jasa kami gagal untuk menjalankan strategi yang mereka telah rencanakan.

Berdasarkan pengalaman tersebut, saya ingin membagikan kepada anda alasan kenapa mereka gagal melakukannya dan bagaimana anda bisa menghindari kesalahan yang sama.

Ikut-ikutan

Ini adalah alasan utama mereka gagal. Karena kompetitor kita menggunakan Facebook, Twitter, Instagram, maka kita juga akan menggunakannya.

Setiap kegiatan dalam pemasaran digital memiliki tujuan dan maksud tersendiri. Apa tujuannya untuk bisnis anda

Cukup Website

Apakah cukup hanya dengan memiliki website? Tidak!

Kebanyakan perusahaan menghabiskan biaya pemasaran digital mereka hanya untuk website. Jangan lupa kalau masih ada strategi pemasaran yang perlu di lakukan setelah website selesai di buat.

Diberikan kepada Team IT

Tidak sedikit dari perusahaan yang saya ketemui memberikan kuasa untuk melakukan pemasaran online kepada team IT. Pertanyaannya adalah, apakah pemasaran digital ini untuk team IT atau team Marketing?

Team IT kebanyakan tidak mengerti tentang pemasaran. Dan sebaliknya, team Marketing tidak mengerti tentang IT. Ini adalah kesempatan untuk bekerjasama antara team Marketing & IT. Atau bahkan sampai membuat team sendiri.

Tidak Memiliki Pengetahuan Tentang Pemasaran Digital

Ini adalah kesalahan yang paling fatal dari perusahaan. Mereka merasa tahu tentang pemasaran digital, tetapi sebenarnya tidak.

Berdasarkan pengalaman saya, ada beberapa hal di digital yang bertolak belakang dari kegiatan pemasaran biasa. Untuk itu anda perlu memiliki pengetahuan mengenai pemasaran digital atau mendiskusikan kepada mereka yang sudah pernah melakukannya.

Merubah Desain Tapi Bukan Designer

Desain adalah ujung tombak dari pemasaran digital. Karena calon pelanggan anda akan melihat hanya melalui layar.

Tampilan yang ada mencerminkan bisnis anda. Beberapa klien kami merasa bahwa melakukan perubahan design adalah perkara mudah. “Hanya memindahkan logo dari kanan ke kiri. Itukan mudah!”. Namun kenyataannya tidak.

Ada berbagai faktor yang di perhatikan. Di team kami, kami memperhatikan User Experience berdasarkan data yang kami miliki. Apapun yang kami design, telah di buat dengan memperhatikan beberapa hal.

Apalagi bila Perubahan desain dilakukan bukan oleh team desain. Ini yang biasa menyebabkan website menjadi tidak enak untuk di lihat


 

Ini adalah beberapa alasan kenapa bisnis tradisional tidak akan berhasil di dunia digital. Untuk itu, akan lebih baik untuk meggunakan jasa konsultan pemasaran online agar mendapatkan hasil maksimum dari pemasaran yang akan di lakukan.

Salah satunya adalah menggunakan kami. Diskusikan proyek pemasaran digital anda dengan kami. Team kami akan membantu merencanakan sesuai dengan goal dari bisnis anda.

 

Ryan Kristomuljono
Ryan Kristomuljono
Internet Marketing & Website Consultant. Untuk membantu bisnis berkembang di dunia internet adalah tujuan saya dalam setiap meeting, conference, workshop, dsb. Get connected with me.

2 Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *