Inilah yang Harus Anda Ketahui Mengenai HTTP dan HTTPS Untuk SEO
Januari 13, 2020
Instagram
5 Cara Optimasi Instagram
Januari 20, 2020
Show all

Kenali Trend Strategi Content Marketing di 2020!

strategi content marketing 2020

Berdasarkan riset dari SEMRush, yang melakukan riset pada Google search query dan tweets dengan hashtag #ContentMarketing di antara bulan Januari hingga September 2019. Akan sangat tidak mungkin membangun strategi pemasaran berdasarkan asumsi saja. Agar tetap dapat mengikuti tren, seorang content marketing selalu memonitor berbagai channel untuk mengetahui berbagai trend dan berita terhangat. Simak mengapa strategi content marketing di 2020 sangat penting!

Important Notes From the Research

  • Pertumbuhan Digital

#DigitalMarketing adalah salah satu hashtag yang paling sering ditemukan dalam tweet mengenai marketing. Hashtag ini sudah digunakan sebanyak 71% dari keseluruhan total tweet, sementara #Marketing muncul sebanyak 52%.

Hashtag #OnlineMarketing juga cukup populer, dengan muncul sebanyak 18%.

Pertumbuhan offline marketing sudah tidak memiliki momentum untuk maju, sementara asosiasi antara digital marketing dan content marketing menjadi sebuah indikator untuk perkembangan dari industri ini.

  • Strategi itu Penting

Sesuai dengan fakta bahwa topik content strategy dibahas sebesar 29% dari keseluruhan total tweet yang sudah di analisa, lalu “content marketing strategy” menjadi keyword terpopuler kedua yang berhubungan dengan “content marketing” memberikan kita sebuah fakta bahwa industri ini sangat paham pentingnya strategi content marketing.

34.8.% traffic dari website masih datang melalui hasil pencarian organic, sehingga mengoptimasi konten untuk mesin pencarian akan menolong untuk meningkatkan reach dari konten Anda. Sehingga setiap strategi konten marketing yang baik akan membutuhkan SEO.

  • Jangan Lupakan Distribusi

Bahan-bahan untuk membuat content strategy terdiri dari:

  • Mencari ide untuk content
  • Membuat sekaligus mengoptimasi konten
  • Terakhir, mendistribusikannya

Dengan banyaknya postingan yang dipublish, memilih channel distribusi yang terbaik dan cocok dengan content Anda akan menentukan berhasil atau tidaknya strategi content marketing yang dijalankan.

Salah satu channel yang baik untuk menyampaikan konten Anda ke publik adalah media sosial. Dibuktikan dengan hashtag #SocialMedia, #SMM, serta #SocialMediaMarketing digunakan berbarengan dengan #ContentMarketing.

Salah satu channel yang lain adalah influencer marketing dan email marketing.

  • Dasari dengan Data dan Fakta

Setiap channel yang Anda gunakan harus digunakan dan dianalisa untuk memulai atau meningkatkan strategi content marketing Anda.

Seperti yang sudah dibuktikan dengan popularitas beberapa hashtag seperti #BigData (10%) dan #analytics (7%).

  • Leveraging Advanced Technology

AI dan machine learning adalah contoh dari topik terhangat saat ini, bila diterapkan untuk membuat konten, hal ini akan memudahkan Anda untuk terhubung dan engage dengan audiens Anda dengan cara yang lebih dipersonalisasi.

Oleh karena itu AI ad didalam 10% tweet yang di analisis seta #machinelearning muncul sebanyak 7%.

  • Kekuatan Visual

Visual content akan membantu Anda menarik perhatian, karena hampir 90% informasi yang ditransmisi ke otak adalah visual.

Visual konten mendapat peringkat ke 9 untuk topic yang paling sering didiskusikan dalam riset ini. 68% dari tweet yang berhubungan dengan content marketing mengandung visual. 1% mengenai infographic, 3% video dan 1% GIF.

Temuan ini sesuai dengan trend pencarian dimana “video content marketing” muncul pada top 20 dari popular search queries yang berhubungan dengan content marketing.

  • Growth Hacking

#GrowthHacking ditemukan sebanyak 16% dari tweet yang sudah dianalisa.

Ini menandakan adanya sebuah interest dimana content marketing dilihat sebagai sebuah pendekatan dalam Growth Hacking untuk startup.

Ini sepenuhnya sesuai dengan gagasan menumbuhkan bisnis dengan cepat dengan anggaran terbatas, dan dapat membawa startup serta perusahaan lain mendapatkan pengunjung ke website mereka sebesar 55%, dan membantu mengurangi biaya akuisisi hingga 62% dibandingkan dengan pemasaran tradisional.

  • Layanan E-Commerce

Kebanyakan pemilik website E-commerce melakukan segala macam marketing secara mandiri, dan mereka akan memanfaatkan segala kesempatan untuk mendapatkan konversi.

Mungkin inilah alasan mengapa E-commerce mendapatkan 9% dari seluruh tweet yang diteliti. Menjadi industri yang paling banyak didiskusikan dalam  riset ini.

Tools Agar Strategi Menjadi Sukses

Ada banyak tool yang tersedia untuk content marketing, dan kebanyakan memiliki fungsi yang menangani pencarian ide hingga pengukuran performa.

Content strategist, marketers, dan penulis pasti selalu mencoba untuk mengimprove efficiency melalui bermacam solusi, oleh karena itu tool menjadi sangat penting bagi mereka.

  • Outsourcing

Memiliki staff internal untuk merancang strategi content marketing adalah hal yang cukup menguntungkan, karena akan lebih mudah untuk mengontrol setiap pekerjaaan yang dilakukan.

Namun tidak semua perusahaan memilikinya, seiring berjalannya waktu permintaan pasar untuk agensi-agensi yang dapat menangani content marketing semakin banyak.

Ini terbukti dengan bertambahnya volume pencarian untuk “content marketing agency” dan “content marketing services”.

  • Industry Expert

Content marketing memiliki komunitas yang cukup kuat dan diisi oleh ahli-ahli.

Beberapa nama seperti @MikeSchiemer, @evankirstel, @jeffbullas, dan masih banyak nama lainnya.

Berikut adalah hasil riset yang dilakukan SEMrush mengenai tren strategi content marketing di 2020, Gunakan hasil riset ini untuk merancang content marketing Anda dengan lebih baik untuk kedepannya.

Apabila Anda memiliki pertanyaaan atau pendapat yang berbeda silahkan bagikan pada kolom komentar, dan jangan lupa untuk share artikel ini.

Farhan Agassi
Farhan Agassi
I am Farhan Agassi, content writer at Toffeedev. technology enthusiast, and avid any kind of entertainment watcher.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *