CONFIRMED : Google Ads Sudah Tak Lagi Muncul Di Sebelah Kanan Mesin Pencari
Februari 22, 2016
4 Cara Berkomunikasi Dengan Baik Disaat Gugup
Februari 24, 2016
Show all

Kenapa Inbound Marketing Cocok Untuk Bisnis Anda

Apakah anda menganggap bisnis anda memiliki target market terbatas (“niche”)? Apabila iya, maka inbound marketing solusi tepat untuk anda! Pikirkan hal ini: apabila anda berada dalam industri “niche”, bentuk pemasaran outbound berskala besar (Iklan TV, billboards, iklan koran) akan mencapai 99% orang-orang yang tidak sesuai dengan bisnis anda. Disisi lain, Inbound Marketing akan menarik orang-orang yang tertarik dengan bisnis anda, dimanapun mereka berada. Bahkan, beberapa perusahaan yang saya lihat sukses menggunakan inbound marketing datang dari industri yang sangat “niche”.

Berikut adalah enam poin yang akan membuat anda percaya bahwa bisnis anda harus menggunakan inbound marketing.

1) Anda Ditemukan Karena Keahlian Anda

Sebagai bisnis, anda memiliki keahlian yang sangat berharga untuk prospek dan pelanggan anda. Oleh karena itu, anda tidak ingin berbicara kepada semua prospek; anda ingin berbicara kepada prospek yang berada di industri yang tepat dan role dan memiliki masalah yang anda akan selesaikan. Terutama bila anda berada di industri niche, kemungkinan besar hanya ada beberapa tempat yang bisa di kunjungi untuk mendapatkan informasi tersebut. 71% dari purchasing B2B menggunakan internet untuk mendapatkan informasi. Bukankah anda ingin kalau mereka menemukan anda?

Dengan membuat konten yang secara spesifik membahas topik mengenai industri niche anda, pembeli yang mencari bantuan akan menemukan anda. Dan melakukan optimasi terhadap konten untuk kata kunci yang digunakan oleh prospek dan pelanggan akan membantu anda berada di hadapan orang yang tertarik dengan produk anda.

2) Anda Dapat Terhubung Dengan Calon Pelanggan di Social Media

Ditemukan oleh orang yang tepat tidak terbatas hanya dari mesin pencari — Ini berkembang ke banyak kanal online lainnya, termasuk social media. Baik anda menggunakan Facebook, Twitter, LinkedIn, atau social media lain, situs ini memungkinkan untuk terhubung langsung dengan target audiens anda. Dan semakin sempit audiens anda, semakin mudah untuk membuat hubungan dengan mereka di social media. Ambil keuntungan dari situs ini untuk membangun hubungan di luar website dan di luar interaksi langsung atau melalui telpon.

Untuk membantu anda mengukur apakah social media ini cocok dengan bisnis anda atau tidak, tanya kepada diri anda sendiri pertanyaan berikut:

  • Siapa pengguna dari jejaring sosial ini?
  • Apakah mereka berpotensi menjadi calon pelanggan, atau apakah mereka memiliki pengaruh terhadap calon pelanggan anda?
  • Tipe konten seperti apa yang mereka inginkan dan biasa mereka bagikan?
  • Bagaimana cara konten di dapatkan oleh orang-orang dalam jaringan tersebut?
  • Bisakah anda membuat konten untuk bisnis anda yang akan meningkatkan popularitas dari jejaring sosial baru?
  • Berapa banyak waktu dan resource yang dibutuhkan untuk ikut berpartisipasi dalam jejaring sosial ini?
  • Apakah anda bisa melihat ROI yang menjanjikan?

3) Anda Dapat Menarik Pelanggan Kapanpun & Dimanapun Mereka Berada

Kecuali anda adalah sebuah bisnis lokal, kemungkinan jumlah pelanggan potensial dalam radius 10km dari kantor anda relatif kecil. Tetapi bila anda memperluas lingkarannya – menjadi satu propinsi, negara atau seluruh dunia – angka tersebut akan meningkat. Dengan inbound marketing, anda dapat membangun keberadaan online dengan lebih mudah untuk menarik calon pelanggan dimanapun mereka berada. Ditambah lagi, inbound marketing tahan lama. Anda dapat bersantai di hari sabtu, menulis blog, dan prospek mungkin membacanya di hari selasa pagi satu tahun berikutnya.

4) Anda Dapat Bersinar Sebagai Pemimpin Berpengaruh

Anda memiliki keahlian khusus, dan membagikan kepada prospek menunjukkan bahwa anda adalah seorang ahli dan membangun kepercayaan mereka terhadap anda sebagai penyedia jasa atau produk, Blog Bisnis memungkinkan anda untuk menunjukkan keahlian bahkan sebelum mereka berbicara dengan anda – dan anda juga membagung hubungan dengan mereka. Ini juga memungkinkan anda menjadi perusahaan media anda sendiri, membagikan keahlian untuk orang lain yang melihat anda sebagai ahli dan pemimpin berpengaruh.

Membagikan keahlian anda bukan hanya membantu prospek anda tetapi juga wartawan dan blogger lain yang mungkin akan menulis atau terhubung dengan anda.

5) Anda Mendapatkan Calon Pelanggan Berkualitas Tinggi

Agar inbound marketing benar-benar berhasil, anda memerlukan lebih dari pengunjung berkualitas ke situs anda. Anda perlu mengetahui siapa pengunjung situs anda dan dapat mengidentifikasi serta membangun hubungan dengan prospek berkualitas. Oleh karena itu, salah satu bagian penting dalam inbound marketing adalah membuat penawaran yang menarik pelanggan potensial anda. Saat anda memiliki penawaran berharga dan tertarget di dalam landing page website, orang-orang yang mengisi form tersebut adalah mereka yang benar-benar tertarik dengan bisnis anda.

6) Anda Bisa Mengukur SEMUANYA

Bisnis niche biasanya memiliki budget terbatas (walaupun sebenarnya, bisnis apa yang tidak?). Berita baiknya adalah, inbound marketing memiliki keuntungan lain karena dapat sangat di ukur. Mulai dari mengetahui dari mana mereka masuk kedalam website hingga strategi pemasaran mana yang mendapatkan pelanggan sebenarnya. Inbound marketing memungkinkan anda mengukur semua aktivitas untuk mengerti mana yang memberikan hasil dan mana yang tidak. Semuanya untuk membuat anda dapat mengambil keputusan yang lebih baik di masa depan dan mengetahui dimana anda akan menginvestasikan waktu dan uang di masa depan untuk mendapatkan hasil yang lebih baik.

Apakah anda di bisnis niche? Apakah anda sudah menggunakan inbound marketing?

Ryan Kristomuljono
Ryan Kristomuljono
Internet Marketing & Website Consultant. Untuk membantu bisnis berkembang di dunia internet adalah tujuan saya dalam setiap meeting, conference, workshop, dsb. Get connected with me.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *