DesignAwards.Asia Design Of The Day
4 Aplikasi Mobile Yang Harus Dimiliki Oleh Pengusaha
Februari 17, 2016
Bagaimana Membawa Leads Yang Berasal Dari Social Media
Februari 19, 2016
Show all

Kesetiaan + Kepemimpinan = Sempurna!

Sebagai pemimpin dari bisnis kamu, sudah barang tentu kesetiaan adalah hal yang penting untuk ditanamkan dalam benak seluruh team kamu. Karena mereka adalah aset perusahaan kamu. Jika kamu adalah leader yang baik maka kamu ingin team yang sekarang kamu miliki dapat tumbuh bersama. Terdapat banyak cara bagaimana seorang leader bisa menginspirasi kesetiaan untuk team-nya. Dikutip dari Entrepreneur.com, berikut adalah beberapa hal yang harus ditanamkan oleh seorang leader agar team yang mereka punya selalu solid:

  • Kepercayaan

Jika kamu selalu bekerja di “balik pundak” karyawan kamu, jangan salahkan mereka jika resign terburu-buru. Itu merupakan kesalahanmu sendiri karena tidak bisa memberikan kepercayaan kepada team atau karyawan kamu. Kalau hal ini terus terjadi, maka karyawanmu tidak akan pernah bertahan lama, atau yang lebih buruk lagi mereka tidak mengerjakan tasks yang kamu berikan dengan baik. Pemimpin yang baik memberikan kepercayaan kepada yang lain, tanpa syarat, dengan begini bukan hanya kepercayaan kembali yang akan kamu dapatkan, tapi mereka akan bekerja lebih keras untuk memenuhi harapan seseorang yang mereka hormati.

  • Mendukung Perkembangan Para Karyawan

Baik dalam jangka pendek atau panjang, semua orang pasti membutuhkan waktu untuk berkembang menjadi lebih baik. Tidak hanya itu, setiap pertumbuhan atau perkembangan diharapkan memberikan efek positif untuk kehidupan kedepannya. Jika dalam suatu perusahaan tidak ada kesempatan untuk berkembang, sudah dapat dipastikan karyawanmu pasti akan merasa “tidak berguna”. Maka dari itu sebagai leader yang baik, ajaklah karyawanmu untuk memiliki passion yang baik dan kemampuan yang luar biasa, dengan begini maka dengan sendirinya karyawanmu menjadi setia dan ingin tumbuh bersama perusahaan yang kamu miliki.

  • Berikan Contoh

Sebagai leader yang baik, jangan pernah memerintahkan sesuatu tanpa arahan yang jelas. Berikan pengarahan yang baik kepada karyawanmu, jika perlu berikan contoh agar tasks yang kamu berikan bisa sampai dengan sempurna. Jangan sampai tugas yang kamu berikan tidak sejalan dengan pemikiran karyawanmu, yang ada tugas tidak selesai dan hubungan dengan karyawan jadi berantakan. Singkatnya, jika kamu ingin bisnis kamu sukses maka kamu harus melakukan pekerjaanmu dengan sisi suksesmu, maka orang sekitar juga akan mengerjakan sama persis dengan apa yang kamu contohkan atau perlihatkan.

  • Hubungan Personal

Maksudnya disini adalah bukan berarti harus membina suatu “hubungan” layaknya orang berpacaran. Personal disini adalah kamu sebagai leader harus bisa mendekati karyawanmu dengan cara yang profesional. Tentu saja dalam sebuah hubungan pekerjaan selalu ada batasan, tapi alangkah baiknya buatlah batasan itu menjadi sebuah tali untuk berjalan bersama. Jangan sampai boundaries semacam itu menghalangi kamu untuk mengerti atau bahkan sekedar tahu kehidupan personal karyawanmu. Tidakkah kamu tahu kalau karyawanmu juga memiliki kehidupan di luar kantormu?

  • Terbuka dan Jujur

Dengan berlandaskan kedua prinsip ini, maka hubungan kamu dengan karyawan akan menjadi jauh lebih baik dan terbuka. Tidak ada yang lebih menginspirasi kesetiaan selain kejujuran. Komunikasi yang terbuka dapat memberikan dua hal yang penting: dapat menciptakan keberanian dan kepercayaan, serta membantu menciptakan perasaan tentang keikutsertaan. Maksudnya, para karyawanmu akan menjadi lebih terbuka jika memiliki pendapat untuk disampaikan dalam sebuah diskusi. Dengan begini, rasa kesetiaan sendirinya akan muncul dalam benak masing-masing karyawan.

Para pemimpin terbaik di dunia tidak dihormati karena mereka menuntut kesetiaan – mereka menciptakan loyalitas melalui kata-kata dan tindakan mereka. Dengan everyday care dan keyakinan pribadi, kamu juga dapat membuat sebuah perusahaan yang penuh dengan karyawan yang mengabdikan diri, pekerja keras, dan tak tergoyahkan.

Dwi Nurul
Dwi Nurul
Content Marketing Strategist di Toffeedev. Sangat antusias untuk bidang marketing, public relations, and digital marketing.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *