Konten Dan SEO: Optimisasi Dari Kreasi Menjadi Konversi
Mei 4, 2016
Kenapa Bisnis Kecil Butuh Logo Yang Kuat?
Mei 10, 2016
Show all

Keyword Research: Elemen Kunci Dari SEO & Konten Marketing

Banyak pebisnis yang mengatakan kalau SEO dan konten marketing adalah sesuatu yang dapat dipisahkan, padahal tidak. Riset kata kunci yang solid dapat dan seharusnya dapat digunakan untuk strategi konten marketing.

Bayangkan jika kamu ada di sebuah auditorium, kamu akan berbicara di depan banyak audiens. Tentunya kamu ingin memberikan yang terbaik. Namun kamu harus ingat satu hal yang paling penting, yaitu ketika kamu selesai dengan kalimat pertama, saat itulah orang-orang akan memutuskan untuk tetap tinggal atau pergi keluar dari auditorium tersebut.

Ini juga dilema yang dirasakan oleh setiap pemilik bisnis, blogger dan produser konten setiap harinya. Seorang pengunjung situs memutuskan hanya dalam beberapa detik saja sesaat ia masuk ke dalam sebuah situs, apakah ia akan lanjut membaca situs tersebut atau pergi ke situs lainnya.

Kecuali, jika kamu membuat konten yang benar-benar ditulis oleh ahlinya, seperti seorang spokeperson. Tentu akan beda hasilnya. Karena apa yang ia tulis akan berdasarkan pengalaman pribadinya dan tentu akan memenuhi kebutuhan para pengunjungnya. Riset dan analisis kata kunci adalah hal yang paling krusial dalam persiapan, perencanaan dan pembuatan sebuah konten.

Kamu dapat menggunakan mesin pencari untuk menemukan apa yang ingin dicari tau oleh orang lain, apa yang menarik bagi mereka, masalah apa yang mereka ingin selesaikan dan apa saja yang ingin mereka capai. Mengetahui siapa konsumen kamu adalah kuncinya. Riset kata kunci yang kamu lakukan haruslah berdasarkan apa yang mereka inginkan dan mengapa mereka menginginkan serta membutuhkan hal tersebut. Dari sini, kamu bisa melihat bagaimana produk atau jasa yang kamu tawarkan dapat mengatasi permasalahan mereka dan mencapai tujuan mereka.

Beberapa hal sederhana yang perlu kamu lakukan agar SEO dan konten marketing kamu menjadi satu kesatuan adalah:

  • Mengertilah akan kebutuhan konsumen kamu
  • Berkomunikasilah dengan lebih efektif
  • Rencanakan konten dengan lebih mudah
  • Carilah konten yang relevan – dan mudah diingat
  • Gabungkan kreatifitas yang kamu miliki dengan data yang kamu punya

Meskipun konten hanyalah sebagian kecil dari keseluruhan SEO, tapi ini adalah bagian yang sangat penting. Maka dari itu jangan sampai melakukan kesalahan!

CTA-CONSULTING

source: searchengineland

Dwi Nurul
Dwi Nurul
Content Marketing Strategist di Toffeedev. Sangat antusias untuk bidang marketing, public relations, and digital marketing.

2 Comments

  1. RInaldi berkata:

    Mau tanya tentang SEO situs berita. Kalo pake YOAST kan ada kolom fokus keyword yang harus diisi. Berita kan selalu update dan terkadang tak ada keyword yang memadai. Apakah boleh fokus keyword pada kolom YOAST diulang? Misal berita tentang Donald Trump. Jika ada berita tentang dia yang tidak dapat digantikan dengan keyword lain maka fokus kata kuncinya akan Donald Trump. Apakah boleh seperti itu?

    • Ryan Kristomuljono berkata:

      Pastikan keyword dalam satu website tidak saling tumpang tindih. untuk portal berita, SEO yang di terapkan sedikit berbeda. Hubungi kami dan saya akan membantu anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *