Kelebihan Digital Marketing Dibandingkan Traditional Marketing
Kelebihan Digital Marketing Dibandingkan Traditional Marketing
April 23, 2020
Penggunaan Digital Marketing di Indonesia
Melihat Penggunaan Digital Marketing Di Indonesia
April 23, 2020
Show all

Melihat Tren Perilaku Konsumen Digital Hari Ini

Melihat Tren Perilaku Konsumen Digital

Melihat Tren Perilaku Konsumen Digital

Kemajuan teknologi membuat orang sadar bahwa mereka harus bisa beradaptasi dengan cepat. Jika tidak mampu beradaptasi dengan teknologi baru secara cepat, maka mereka akan ketinggalan zaman dan tidak mampu merasakan kemudahan yang ditawarkan. Dunia digital memang menawarkan kemudahan. Inilah mengapa ada tren perilaku konsumen digital yang mulai muncul dalam beberapa waktu terakhir.

Ketika berbicara mengenai teknologi digital, hanya dengan satu smartphone di genggaman saja, Anda sudah bisa melakukan apa saja. Memesan makanan, membeli suatu barang, membayar tagihan, bekerja, berkomunikasi dengan lebih intens, hingga mencari informasi. Itulah mengapa banyak orang yang sadar bahwa mereka harus bisa memanfaatkan teknologi digital pada hari ini.

Sebenarnya bagaimana tren perilaku konsumen digital sekarang? Apakah Anda menjadi salah satunya yang merasakan hal ini? Simak ulasan lengkapnya di bawah ini.

Ingin Transaksi Cepat dan Aman

Seperti yang sudah dituliskan di atas, teknologi digital pada saat ini membuat semua orang bisa melakukan segalanya hanya dengan smartphone, termasuk melakukan transaksi. Ya, dengan fitur mobile banking yang sudah bisa dilakukan oleh semua bank, maka menjadi lebih mudah ketika sedang ingin membayar sesuatu.

Namun mereka juga tetap ingin melakukan transaksi yang aman juga. Untungnya, dengan kemajuan teknologi yang ada, transaksi via internet atau mobile banking sudah terjamin keamanan dan kerahasiaan data dari konsumen. Jadi sudah tidak perlu lagi takut dalam hal ini. Paling penting adalah transaksi bisa dilakukan secara cepat dan aman.

Lebih Butuh Teknologi Daripada Branding

Berbicara mengenai branding, ada perusahaan teknologi yang membuat branding bahwa mereka selalu mengeluarkan inovasi-inovasi untuk pertama kalinya dan belum pernah digunakan oleh perusahaan lainnya. Namun walau dengan branding seperti ini, masih banyak orang yang percaya bahwa mereka lebih membutuhkan teknologi yang terbaik dibandingkan hanya bermodalkan branding saja.

Inilah mengapa banyak perusahaan teknologi baru yang terus mendapatkan konsumen tanpa harus takut melawan perusahaan dengan branding kuat. Perusahaan baru tersebut yakin terhadap poin ini.

Ingin Terus Memaksimalkan Smartphone

Pada awalnya, orang membuatuhkan setidaknya dua perangkat teknologi di dalam menjalani aktivitas sehari-hari. Namun dengan kemajuan teknologi, perilaku konsumen sudah mulai berubah. Banyak yang percaya bahwa hanya dengan bermodalkan smartphone saja tetap bisa melaksanakan aktivitas. Untungnya, banyak perusahaan yang juga percaya kepada poin ini. Mereka akhirnya membuat aplikasi yang bisa digunakan di smartphone secara maksimal tanpa harus menggunakan bantuan perangkat teknologi lainnya. Pada akhirnya, dari sisi industri dan konsumen sama-sama terbantu dengan tren perilaku konsumen digital ini.

Menggunakan Produk Teknologi Bantuan

Siapa yang suka membeli produk teknologi bantuan seperti smartwatch, perangkat rumah cerdas (smart home devices), dan lainnya? Walaupun sebenarnya sudah cukup dengan apa yang dimiliki sekarang seperti smartphone, tetap saja keinginan untuk membeli produk teknologi bantuan seperti itu cukup besar. Industri teknologi pun juga terus merilis produk-produk lainnya. Dengan perilaku konsumen yang ingin terus update dengan teknologi terbaru, akhirnya mereka memutuskan untuk menggunakan produk teknolog bantuan.

Sekarang Anda sudah melihat secara jelas bagaimana tren perilaku konsumen digital hari ini. Mungkin Anda merasakan salah satu poin di atas. Tentu saja itu bukanlah suatu hal yang salah. Teknologi membuat kita menjadi lebih mudah dalam menjalani aktivitas dan perilaku di atas menjadi hal yang wajar.

Baca Juga: Kelebihan Digital Marketing Dibandingkan Traditional Marketing

Semoga informasi yang diberikan di artikel ini bisa memberikan manfaat sekaligus wawasan terbaru kepada Anda. Jangan lupa untuk memberikan komentar tentang artikel ini dan share artikel ini di media sosial Anda agar semakin banyak yang tahu informasi ini.

Timotius
Timotius
Hello, I'm Timo. Working in the media industry since 2014, I want to absorb more experience in this industry and provide the best for my profession as a Content Writer.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *