Membangun dan Mempertahankan Hubungan Baik Dengan Konsumen
Cara Mempertahankan Hubungan Baik Dengan Konsumen
Mei 14, 2020
Mengenal Perbedaan Adwords dan Adsense
Mengetahui Perbedaan Adwords dan Adsense
Mei 15, 2020
Show all

Cara Memanfaatkan Media Sosial Untuk Promosi

Memanfaatkan Media Sosial Untuk Promosi

Memanfaatkan Media Sosial Untuk Promosi

Siapa yang tidak menggunakan media sosial pada hari ini? Bisa dibilang, semua orang yang sudah menggunakan internet dalam aktivitas sehari-hari pasti punya akun media sosial. Memang, media sosial menjadi bagian penting dalam kehidupan masyarakat luas. Tidak hanya untuk bersosialisasi saja, media sosial juga cocok untuk promosi bisnis Anda. Apa saja cara memanfaatkan media sosial untuk promosi?

Pertanyaan di atas cukup sering ditanyakan karena banyak perusahaan yang sadar bahwa media sosial menyimpan potensi keuntungan besar. Tidak hanya keuntungan dari segi materi saja, tetapi juga brand awareness. Dengan kondisi ini, banyak perusahaan yang memiliki akun di beberapa media sosial. Namun sayangnya mereka masih belum bisa mendapatkan cara yang tepat dalam mengoptimalkan media sosial tersebut.

Untuk bisa mendapatkan cara memanfaatkan media sosial yang benar, Anda bisa simak penjelasan lengkapnya di bawah ini.

Pilih Media Sosial yang Tepat

Cara pertama dalam memanfaatkan media sosial untuk promosi adalah memilih media sosial yang tepat. Saat ini terdapat beberapa media sosial yang bisa dipilih, seperti Facebook, Instagram, Twitter, hingga Linkedin. Dari banyaknya pilihan, Anda bisa melihat pasar mana yang paling besar.

Tidak dapat dipungkiri, Facebook dan Instagram memiliki peluang paling besar untuk Anda mempromosikan bisnis di sana. Maka dari itu, Anda bisa memanfaatkan dua media sosial tersebut sebagai yang utama. Namun jika memang menurut Anda ada pilihan media sosial lain yang tepat, Anda juga bisa menggunakannya. Semakin banyak, maka semakin bagus juga.

Buatlah Content Plan

Setelah memilih media sosial yang tepat, saatnya membuat content plan. Dalam membuat postingan media sosial yang terstruktur, content plan memang diwajibkan. Di dalam content plan, Anda bisa membuat beragam materi post media sosial yang bisa digunakan dalam 1-2 bulan ke depan. Anda beserta tim juga bisa melakukan brainstorming sehingga bisa mendapatkan satu paket content plan yang baik. Inilah yang akhirnya membuat postingan media sosial Anda terlihat lebih rapi dan profesional.

Jangan sampai Anda melupakan content plan. Perannya sangatlah besar. Anda bisa lebih mudah dalam mengatur postingan media sosial tanpa perlu merasa kebingungan topik apa yang mau diangkat pada hari itu. Jadi sistem penjadwalan yang ada akan memberikan kemudahan yang besar. Di luar itu, postingan yang bersifat mengikuti tren yang sedang naik juga jangan lupakan. Terkadang ada masanya Anda harus membuat ide konten dadakan karena mau mengikuti tren. itu bisa Anda lakukan walau harus sedikit melupakan penjadwalan content plan yang sedang dibuat.

Jangan Lupa Gunakan Fitur Iklan Online

Untuk bisa mendapatkan pasar yang lebih besar lagi, jangan lupa untuk menggunakan fitur iklan online. Di dalam media sosial seperti Facebook, Instagram, dan Twitter sudah memiliki fitur dalam memasang iklan online. Anda bisa memanfaatkan fitur Ads yang ada di sana. Dengan menggunakannya, Anda bisa lebih mudah memasang target market yang diincar karena iklan bisa muncul untuk orang yang tepat. Anda bisa mengatur dari sisi demografi, usia, minat, tempat tinggal, dan lainnya. Jadi iklan yang Anda pasang tidak akan sia-sia.

Baca Juga: 5 Sifat Pemasaran Sosial Media yang Perlu Diketahui

Itulah cara memanfaatkan media sosial untuk promosi. Semoga informasi yang diberikan di artikel ini bisa memberikan manfaat sekaligus wawasan terbaru kepada Anda. Jangan lupa untuk memberikan komentar tentang artikel ini dan share artikel ini di media sosial Anda agar semakin banyak yang tahu informasi ini.

Timotius
Timotius
Hello, I'm Timo. Working in the media industry since 2014, I want to absorb more experience in this industry and provide the best for my profession as a Content Writer.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *