Adobe Photoshop Full
Adobe Photoshop, Aplikasi Desain Serba Guna Untuk Anda
Maret 20, 2020
Blog atau Vlog
Blog atau Vlog: Mana Yang Cocok Untuk Bisnis Anda?
Maret 23, 2020
Show all

Adobe Lightroom, Aplikasi Edit Foto Yang Pas Untuk Fotografer

Adobe Lightroom Untuk Editing Foto

Adobe Lightroom Untuk Editing Foto

Editing foto adalah kegiatan yang sangat menarik untuk dilakukan, Anda bisa menggunakan berbagai aplikasi menarik dari smartphone dan komputer Anda. Namun ada satu aplikasi yang cukup sering digunakan oleh para fotografer profesional untuk mengedit foto mereka, yaitu Adobe Lightroom.

Dengan berbagai fitur khusus dan kelebihannya, menjadikan aplikasi dari Adobe ini sebagai pilihan utama para fotografer, tapi apakah Anda sudah tahu apa itu Adobe Lightroom?

Adobe Lightroom Adalah

Lightroom adalah aplikasi buatan Adobe yang bisa digunakan untuk image organizer, serta image manipulation. Dengan aplikasi ini, Anda dapat melakukan import dan export, menyimpan, melihat, mengatur, menandai, serta mengedit, foto – foto yang sudah Anda ambil. Lightroom sangat identik dengan teknik editing warna dan pencahayaan. Hal inilah yang membedakannya dengan aplikasi editing foto keluaran Adobe lainnya, yaitu Adobe Photoshop. Dengan Photoshop, Anda bisa memanipulasi gambar hingga ke tahap komposisi, sedangkan Lightroom hanya berfokus pada warna dan pencahayaan.

Aplikasi Lightroom tersedia untuk PC serta Mobile.

Setelah Anda mengetahui apa itu Lightroom, saatnya Anda mengetahui berbagai kelebihannya.

Kelebihan Adobe Lightroom

Ada berbagai kelebihan dari Lightroom yang bisa membantu Anda dalam proses editing foto, beberapa kelebihannya adalah:

 

  • Support Format File RAW

 

Mengambil gambar dalam format RAW sangat disarankan bagi para fotografer profesional. Foto dalam format RAW akan menangkap semua data gambar yang direkam oleh sensor kamera, berbeda dengan format JPEG yang akan mengkompresi datanya. Tapi, sangat jarang aplikasi editing foto terutama pada smartphone yang mendukung format file ini.

Lightroom memberikan dukungan format RAW yang sudah tersedia sejak Juli 2016. Kita bisa mengimpor dan mengedit foto dalam format RAW lewat smartphone. Tak perlu lagi bersusah payah mengedit foto berformat RAW lewat PC.

 

  • Sinkronisasi Cloud

 

Fleksibilitas yang disediakan oleh Adobe dengan sinkronisasi cloud ini akan sangat membantu Anda. 

Anda bisa memulai editing pada smartphone dan menyelesaikan nya di PC. Anda bisa mengedit kapanpun dan dimanapun.

 

  • Editing Tool yang Komplit

 

Lightroom memiliki berbagai macam tool yang bisa digunakan untuk editing foto, mulai dari mengatur kontras, highlight, vibrance, hingga saturasi. Anda juga bisa menambahkan berbagai tekstur yang membuat foto Anda semakin menarik.

 

  • Menyimpan Preset

 

Setelah Anda menyelesaikan proses editing foto, Anda bisa menyimpan setiap langkah yang Anda lakukan dalam bentuk preset yang akan bisa diterapkan di foto – foto lainnya. Sehingga Anda tidak perlu lagi mengulang proses editing secara manual. Anda juga bisa mendownload preset yang sudah dibuat orang lain dan menerapkannya ke foto Anda. File preset ini akan berbentuk .DNG dan bisa Anda masukan ke dalam aplikasi lightroom Anda.

 

  • Web Sharing

 

Fitur ini akan memudahkan Anda untuk berbagi foto dengan orang banyak. Anda hanya cukup membuat album baru pada menu share option. Setiap perubahan yang Anda lakukan akan langsung disinkronkan. Anda hanya perlu membayar sejumlah Rp.67 ribu perbulan untuk bisa menikmati fitur premium ini.

Kesimpulan

Lightroom adalah aplikasi editing foto yang sangat cocok untuk digunakan bagi Anda yang hobi dengan fotografi ataupun Anda yang merupakan seorang fotografer profesional. Berbagai fitur dan tool yang dimiliki bisa membantu Anda untuk mengedit foto – foto Anda.

Baca Juga: Adobe Photoshop, Aplikasi Desain Serba Guna Untuk Anda

Apakah Anda sudah tau apa itu Lightroom? Apabila Anda memiliki pertanyaan atau pendapat yang berbeda silahkan bagikan pada kolom komentar, dan jangan lupa untuk share artikel ini.

Timotius
Timotius
Hello, I'm Timo. Working in the media industry since 2014, I want to absorb more experience in this industry and provide the best for my profession as a Content Writer.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *