Google Trends Indonesia
Optimasi Google Trends Indonesia Untuk Digital Marketing
Juni 29, 2020
WhatsApp Marketing
Barisan Cara Menggunakan WhatsApp Marketing
Juni 29, 2020
Show all

Mengenal Affiliate Marketing Dalam Dunia Internet Marketing

Affiliate Marketing Adalah

Affiliate Marketing Adalah

Dengan majunya teknologi internet serta beragam aplikasi dan inovasi lain yang ada di dalamnya, maka internet marketing menjadi semakin dikenal saat ini. Apalagi perubahan bisnis dari offline ke online juga kian marak. Para perusahaan sadar bahwa mereka bisa mendapatkan dampak positif dari marketing yang dilakukan di internet. Untuk bisa mengoptimalkan kinerja internet marketing, sebenarnya perlu juga unutk menggunakan affiliate marketing. Apa itu affiliate marketing? Affiliate marketing adalah aktivitas marketing dengan membayar jasa seseorang karena sudah berhasil menjual produk yang dipasarkan oleh sebuah perusahaan.

Mungkin jika Anda membaca penjelasan singkat di atas tentang affiliate marketing, Anda langsung berpikir bahwa perannya mirip seperti influencer. Ya, pada dasarnya ada kemiripan walaupun tidaklah besar. Ketika influencer memiliki pengaruh besar di dalam media sosial, tidak dengan affiliate marketing. Inilah yang membuatnya berbeda.

Selain itu, masih ada lagi pembahasan mendalam tentang affiliate marketing yang menarik dan bisa Anda jadikan medium untuk pemasaran produk. Untuk lebih lengkap lagi, simak penjelasan tentang affiliate marketing di bawah ini.

Affiliate Marketing Adalah…

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, affiliate marketing adalah aktivitas marketing dengan membayar jasa seseorang karena sudah berhasil menjual produk yang dipasarkan oleh sebuah perusahaan. Tugas dari affiliate marketer (panggilan untuk pelaku affiliate marketing) memang berusaha menjual produk atau jasa yang dipasarkan via internet tanpa perlu modal apapun. Ya, jika Anda berpikir untuk menjadi affiliate marketer harus membayar kepada perusahaan tersebut, Anda salah besar. Bisa dibilang, affiliate marketing itu bisa dilakukan secara gratis.

Menjadi affiliate marketer juga bisa membawa pundi-pundi uang yang lumayan besar juga. Jika Anda bisa menjual produk atau jasa yang dipasarkan, maka Anda akan mendapatkan komisi. Angka komisinya memang tergantung kesepakatan, namun biasanya berada di angka 20%-40% dari harga produk yang berhasil dijual. 

Pasti ada yang penasaran bagaimana caranya menjual produk atau jasa tersebut tanpa adanya pengaruh atau jumlah followers seperti layaknya influencer. Tentu saja masih ada medium lainnya yang bisa dijadikan senjata untuk promosi. Apa saja itu?

Cara Kerja Affiliate Marketing

Untuk cara kerja dari affiliate marketing sendiri, ada beberapa langkah yang harus Anda lakukan. Dimulai dari mendaftarkan diri ke website perusahaan afiliasi. Kemudian mengikuti langkah-langkah yang harus dilakukan agar bisa terdaftar serta ikut mempromosikan produk yang dijual.

Biasanya medium yang dipakai dalam promosi ada beragam. Bisa melalui blog pribadi Anda, media sosial, hingga masuk ke berbagai forum online untuk mempromosikan produk yang dipasarkan. Dalam perjalanannya, tentu saja perlu usaha besar agar produk tersebut bisa terbeli. Anda harus membuat konten yang menarik dan persuasif agar lebih banyak orang yang tertarik. 

Affiliate marketing memang terhitung jauh lebih mudah untuk dilakukan. Khususnya bagi orang yang memang ingin mendapatkan pundi-pundi uang dari internet tanpa harus membuat website atau melakukan usaha yang lebih besar lagi. Dengan bermodalkan konten menarik dan terus bergerilya di berbagai website, maka Anda bisa mendapatkan uang yang cukup besar jika berhasil menjual produk tersebut.

Baca Juga: Mengenal Internet Marketing yang Bermanfaat Saat Ini

Itulah penjelasan tentang affiliate marketing. Semoga informasi yang diberikan di artikel ini bisa memberikan manfaat sekaligus wawasan terbaru kepada Anda. Jangan lupa untuk memberikan komentar tentang artikel ini dan share artikel ini di media sosial Anda agar semakin banyak yang tahu informasi ini.

Timotius
Timotius
Hello, I'm Timo. Working in the media industry since 2014, I want to absorb more experience in this industry and provide the best for my profession as a Content Writer.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *