Hindari Cloaking di SEO
Jangan Lakukan Cloaking di SEO Jika Anda Tidak Ingin Rugi
Maret 30, 2020
Google PageSpeed Insights Adalah
Google PageSpeed Insights: Jawaban Untuk Performa Website
Maret 30, 2020
Show all

Hashtag Marketing, Strategi Bermanfaat Untuk Bisnis Anda

Hashtag Marketing

Hashtag Marketing

Siapa yang bisa memprediksi seberapa cepat perkembangan media sosial saat ini dengan berbagai hal – hal baru yang sangat menarik. Bahkan Anda bisa memanfaatkan berbagai macam hal  tersebut untuk kegiatan pemasaran Anda. salah satu hal yang bisa Anda manfaatkan adalah hashtag. Hal ini biasa disebut sebagai Hashtag marketing

Strategi ini bisa digunakan untuk meningkatkan brand awareness dari bisnis Anda. Dan pastikan bahwa Anda tidak hanya fokus pada yang populer saja, karena akan ada banyak tren yang akan datang dari para konsumer dan juga influencer.

Untuk bisa mendapatkan hasil yang maksimal, yang pertama kali Anda lakukan adalah menentukan tujuan Anda. Apakah Anda akan menggunakan hashtag untuk menemukan konten atau untuk meningkatkan brand awareness Anda?

Berikut adalah beberapa tipe hashtag marketing yang bisa Anda gunakan untuk bisnis Anda.

Tipe Hashtag Marketing Untuk Anda

Strategi ini memiliki beberapa macam tipe yang bisa membantu Anda untuk mencapai goals yang sebelumnya sudah ditentukan. Beberapa diantaranya adalah:

  1. Branded hashtag

Dalam memulai proses hashtag marketing, yang pertama kali harus Anda miliki adalah Hashtag khusus untuk brand Anda. Hashtag tersebut haruslah pendek, mudah diingat dan memiliki nama dari brand Anda dalam beberapa bentuk. Jika Anda kesulitan menemukan hashtag yang cocok untuk brand Anda, lakukan riset terlebih dahulu. Mungkin pelanggan Anda mungkin sudah menggunakan hastag tanpa sepengetahuan Anda. Branded hashtag Anda harus bisa digunakan secara berkelanjutan di berbagai postingan Anda.

  1. Community Hashtag

Hashtag ini bisa Anda gunakan untuk membangun hubungan dengan konsumen – konsumen Anda. Tetap masukan brand Anda dan tambahkan kata – kata yang bisa menunjukkan komunitas Anda. para konsumen bisa menggunakan hashtag ini untuk bisa menemukan orang – orang yang memiliki minat yang sama dengan mereka.

Baca Juga: Search Engine Marketing: Pengertian & Fungsi Untuk Bisnis

Hashtag ini juga bisa digunakan untuk menemukan konten – konten yang dibuat oleh konsumen Anda, yang tentu saja bisa semakin memperluas brand awareness Anda

  1. Campaign Hashtag

Tipe hashtag marketing ini akan digunakan dalam kampanye – kampanye yang sudah Anda rancang, entah itu kampanye pemasaran atau sebuah kontes yang memiliki periode waktu tertentu. Tetap sematkan nama brand Anda dan tambahkan slogan khusus dari kampanye Anda.

  1. Event Hashtag

Sesuai dengan namanya, hashtag ini akan digunakan selama periode sebuah event berlangsung. Hashtag ini bisa membantu Anda dalam menciptakan sebuah conversation seputar event yang diselenggarakan. Dan meningkatkan awareness dari event yang Anda selenggarakan.

  1. Trending Hashtag

Tipe ini akan memanfaatkan tren hashtag yang sedang trending, bila Anda menemukan timing yang tepat, efek dari hashtag ini bisa sangat membantu brand exposure Anda.

Namun, ada beberapa kelemahan besar dalam strategi ini. Strategi ini mengharuskan Anda untuk lebih memberikan perhatian lebih. Akan sangat beresiko jika Anda langsung terjun mengikuti tren yang sedang berlangsung tanpa mengetahui mengapa tren tersebut viral, jadi pastikan Anda sudah benar – benar memahami tren sebelum memanfaatkannya.

Kesimpulan

Semakin berkembangnya media sosial dari segi teknologi dan juga pengguna, akan membuka berbagai potensi yang bisa Anda manfaatkan untuk bisnis Anda. terutama hashtag marketing. Dengan strategi ini Anda bisa membangun brand awareness dengan cepat dan baik, sekaligus meningkatkan engagement dengan konsumen Anda.

Apabila Anda memiliki pertanyaan atau pendapat yang berbeda silahkan bagikan pada kolom komentar, dan jangan lupa untuk share artikel ini.

Timotius
Timotius
Hello, I'm Timo. Working in the media industry since 2014, I want to absorb more experience in this industry and provide the best for my profession as a Content Writer.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *