Rekomendasi Podcast
5 Rekomendasi Podcast Menarik dan Menghibur
Maret 10, 2020
YouTube Premium Adalah
Youtube Premium: Nikmati Youtube Dengan Kualitas Premium
Maret 16, 2020
Show all

Mengenal Layanan E-mail MSN Hotmail Bersejarah

MSN Hotmail

MSN Hotmail

Layanan e-mail menjadi bagian penting di dalam melakukan aktivitas sehari-hari. Untuk urusan kerjaan, tugas, dan lainnya, bisa dilakukan lewat e-mail. Rasanya tidak mungkin Anda tidak membuka e-mail dalam satu hari, khususnya ketika sudah berkecimpung di dunia kerja. Ada berbagai macam layanan e-mail yang tersedia, seperti Gmail ciptaan Google, Yahoo Mail ciptaan Yahoo, dan juga MSN Hotmail milik Microsoft.

Dari tiga nama yang telah disebutkan, MSN Hotmail menjadi yang paling tua, tepatnya dirilis pada tahun 1996. Sayangnya seiring berjalannya waktu, MSN Hotmail telah ditinggalkan penggunanya. Pengguna internet lebih memilih memiliki e-mail di Gmail atau Yahoo Mail. Namun bagi para pengguna internet era awal hingga awal 2010-an, MSN Hotmail menjadi layanan e-mail pilihan pertama. Bagi yang belum tahu tentang apa saja fitur MSN Hotmail serta sejarah dari layanan e-mail milik Microsoft ini, simak penjelasannya di bawah ini.

Sejarah MSN Hotmail 

MSN Hotmail diciptakan oleh Sabeer Bhatia dan Jack Smith. Layanan e-mail ini pertama kali diluncurkan pada bulan Juli 1996 dengan nama HoTMaiL. Dalam perjalanannya, akhirnya namanya berubah dengan menambahkan kata MSN di depannya. Sebenarnya Hotmail bukanlah ciptaan Microsoft. Faktanya, Hotmail diakuisisi oleh Microsoft pada tahun 1997 dengan harga fantastis yaitu $400 juta.

Sebagai layanan e-mail dari raksasa teknologi ternama, banyak orang yang akhirnya memutuskan menggunakan MSN. Apalagi pada masa itu, internet secara perlahan-lahan mulai dikenal di seluruh dunia, salah satunya Indonesia. Banyak sekali orang Indonesia yang menggunakan Hotmail. Bagi yang merasakan kebesaran Friendster dan Facebook, banyak yang menggunakan Hotmail sebagai e-mail yang didaftarkan.

Baca Juga: Ingin Mulai Bisnis? Gunakan 10 Marketing Tools Ini

MSN Hotmail memiliki dua domain utama yaitu @hotmail.com dan @rocketmail.com. Untuk fitur-fitur yang dihadirkan pun juga menarik dan mendukung aktivitas. Ada beberapa fitur yang menarik, seperti:

  • Tampilan aktif yang bisa mempermudah melihat file berbentuk gambar atau video.
  • Sudah terintegrasi dengan Office Web Apps yang mampu melakukan pengeditan untuk file dari produk Microsoft lainnya: Microsoft Word, PowerPoint, dan Excel.
  • Bisa mengelompokkan e-mail yang memiliki percakapan yang sama, jadi tidak perlu bingung mencari rangkaian e-mail.
  • Adanya fitur Quick View yang bisa menyaring e-mail sesuai lampiran dokumen, foto, atau waktu pengiriman.

MSN Hotmail Hari Ini

Walaupun dalam sejarahnya Hotmail memiliki pengguna paling banyak, bahkan di atas Gmail dan Yahoo Mail, namun Microsoft memutuskan untuk mengubah namanya menjadi Windows Live Hotmail. Ketika popularitasnya sudah mulai meredup, raksasa teknologi ini kembali mencari cara bagaimana memaksimalkan layanan e-mail mereka. Akhirnya, demi bisa menunjang semua pengguna Microsoft Windows, Windows Live Hotmail menjadi bagian dari Microsoft Outlook, bukan lagi berdiri sendiri. Integrasi yang dilakukan membuat layanan ini lebih mudah untuk dipakai.

Itulah penjelasan tentang sejarah MSN Hotmail yang banyak digunakan pada zamannya. Memang saat ini MSN telah hilang dari peredaran, namun ketika layanan e-mail ini masih ada, keberadaannya sangat membantu banyak orang. Mampu terintegrasi dengan aplikasi lainnya, memiliki nama domain yang berbeda, banyak fitur yang mendukung, hingga bisa digunakan untuk MSN Messenger.

Jangan lupa untuk memberikan komentar tentang MSN Hotmail ini dan share artikel ke media sosial Anda agar semakin banyak yang tahu tentang layanan e-mail bersejarah ini. Semoga informasi yang kami berikan di artikel ini bisa memberikan manfaat untuk Anda dan mampu menambah pengetahuan Anda tentang dunia internet.

Timotius
Timotius
Hello, I'm Timo. Working in the media industry since 2014, I want to absorb more experience in this industry and provide the best for my profession as a Content Writer.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *