Manfaat Artikel Bisnis Dalam Website
Pentingnya Memiliki Artikel Bisnis Dalam Website
Juni 12, 2020
Pentingnya Memiliki Website Sekolah
Pentingnya Website Sekolah Untuk Promosi
Juni 12, 2020
Show all

Mengenal Pengertian Brand Awareness Dalam Bisnis

Brand Awareness Adalah

Brand Awareness Adalah

Setiap bisnis membutuhkan beberapa aktivitas yang harus mereka lakukan setiap waktu, khususnya ketika ingin memperkenalkan produk baru. Salah satu aktivitas tersebut adalah promosi. Tidak mungkin ada bisnis yang memutuskan untuk tidak melakukan promosi. Pastinya semua melakukan aktivitas promosi karena dengan begitu, masyarakat bisa tahu brand atau produk yang dimiliki. Dalam pembahasan terkait brand, ada yang namanya brand awareness. Apa itu brand awareness? Brand awareness adalah kesadaran merek.

Ya, untuk penjelasan tentang kesadaran merek, itu adalah arti dari Bahasa Indonesia, namun untuk memperjelas arti brand awareness, ada banyak penjelasan tentang hal ini. Seperti yang sudah diketahui, ketika sebuah perusahaan ingin memperkenalkan produk mereka kepada publik, maka diperlukan promosi. Lalu ketika promosi tersebut berhasil yang dilihat dari naiknya angka penjualan, tidak cukup sampai di titik itu saja. Mereka juga ingin ada kesadaran merek yang dimiliki oleh masyarakat.

Jadi, untuk mengenal lebih dalam tentang brand awareness, simak penjelasan lengkapnya di bawah ini.

Brand Awareness Adalah…

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, brand awareness adalah kesadaran merek. Namun pengertian secara mendalamnya adalah sebuah istilah dalam pemasaran yang bisa menggambarkan seberapa besar pengakuan konsumen terhadap produk tersebut. Tentunya yang sudah ada di pasaran dan memiliki popularitas yang besar.

Ya, brand awareness itu bisa mengukur seberapa besar popularitas nama dari produk tersebut. Jadi ketika orang berpikir tentang sebuah bentuk produk, maka mereka langsung mengingat kepada nama dari produk yang ada. Jadi, nama produk tersebut tidak lagi hanya menjadi sekadar nama saja, tetapi sudah merepresentasikan bentuk produk secara keseluruhan.

Tentu saja dalam mencapai kesuksesan brand awareness yang optimal, tidak bisa didapatkan secara cepat. Perlu waktu hingga belasan tahun agar bisa menjadi sebesar sekarang. Pasti Anda sudah tahu merek apa saja yang sudah mencapai tingkatan brand awareness tertinggi. Tanpa disadari, Anda pun sudah mengakui betapa suksesnya brand awareness yang dimiliki oleh beberapa produk tersebut.

Contoh Kesuksesan Brand Awareness

Ada beberapa contoh kesuksesan dari brand awareness yang ada, seperti:

  • Aqua

Siapa yang tidak mengenal Aqua? Sebagai merek dari sebuah minuman air mineral kemasan, bisa dibilang Aqua menjadi contoh kesuksesan brand awareness yang paling besar. Sebanyak apapun merek air mineral lainnya yang muncul, ketika orang ingin membeli air mineral, maka tanpa disadari mereka akan menyebutkan Aqua. Padahal yang dijual di tempat bukanlah Aqua, melainkan merek lain. Itu adalah bukti bagaimana brand awareness sudah sangat besar sehingga bisa mempengaruhi orang tanpa mereka sadari.

  • Starbucks

Sebagai merek minuman kopi dari Seattle, Amerika Serikat, brand awareness juga terhitung sangatlah sukses. Ketika orang ingin membeli kopi di mall, maka kebanyakan dari mereka akan mengatakan Starbucks. Padahal mungkin saja mereka akhirnya tidak ke Starbucks. Namun karena brand awareness sudah sangat besar, maka yang disebutkan pertama adalah Starbucks, bukan merek lain.

Baca Juga: Seluk Beluk Brand Awareness yang Wajib Anda Ketahui

Itulah pengertian brand awareness dan bagaimana contoh kesuksesan brand awareness di tengah masyarakat saat ini. Semoga informasi yang diberikan di dalam artikel tentang brand awareness ini bisa memberikan manfaat sekaligus wawasan terbaru kepada Anda. Jangan lupa untuk memberikan komentar tentang artikel ini dan share artikel ini di media sosial Anda agar semakin banyak orang yang tahu informasi penting ini.

Timotius
Timotius
Hello, I'm Timo. Working in the media industry since 2014, I want to absorb more experience in this industry and provide the best for my profession as a Content Writer.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *