Cara Membuat Instagram Bisnis
Cara Membuat Instagram Bisnis dengan Mudah
Juni 30, 2020
Reseller atau Dropshipper
Reseller atau Dropshipper? Mana yang Lebih Untung Besar?
Juni 30, 2020
Show all

Mengenal Zero Waste Marketing Untuk Meningkatkan Bisnis

Zero Waste Marketing Adalah

Zero Waste Marketing Adalah

Dalam bisnis, terdapat banyak teori dan analisa yang tentunya bermanfaat. Apalagi untuk mengembangkan atau meningkatkan bisnis Anda. Untuk bisa mendapatkan teori yang tepat, tentunya Anda harus tahu terlebih dahulu terkait kegunaannya. Salah satu ilmu yang bisa Anda terapkan dalam bisnis adalah zero waste marketing. Apakah Anda pernah mendengar tentang hal ini? Bagi yang belum tahu, zero waste marketing adalah beragam usaha marketing yang dibuat untuk meraup konsumen lebih banyak.

Dari penjelasan singkat ini, mungkin Anda berpikir bahwa zero waste marketing itu tidak ada bedanya dengan teknik marketing lainnya. Namun jika Anda tahu penjabaran lengkapnya, Anda akan merasa bahwa cara ini jauh lebih tepat, khususnya dalam industri saat ini. Jadi, apa itu zero waste marketing? Bagaimana penerapannya? Untuk menjawab dua pertanyaan tersebut, simak penjelasannya di bawah ini.

Zero Waste Marketing Adalah…

Seperti yang sudah dituliskan di atas, zero waste marketing adalah beragam usaha marketing yang dibuat untuk meraup konsumen lebih banyak. Namun dengan kata “zero waste”, ada perbedaan yang bisa dibuat dari cara ini. 

Jika sebelumnya Anda harus terus membuat konten marketing yang ditujukan untuk beragam konsumen potensial serta untuk meraup leads lebih besar, sebenarnya cara tersebut sudah kuno. Ya, banyak sekali konten marketing yang dibuat dan akhirnya malah tidak memberikan efek apa-apa. 

Mengapa bisa begitu? Alasan utamanya adalah bisnis lain juga melakukan hal yang sama. Semakin banyak konten yang ada di internet, malah konsumen bisa lebih bingung serta tidak merasa mendapatkan yang tepat. Mereka sudah malas untuk mencari informasi lebih dalam akibat banyaknya konten yang ada.  Inilah yang membuat konten marketing perlu diubah

Untuk itu, ada empat poin yang menjadi inti dari zero waste marketing, yaitu:

  • Membuat konten untuk konsumen yang sudah tertarik dengan bisnis Anda
  • Kolaborasi dengan orang yang tepat
  • Gunakan blog untuk memperluas networking
  • Hubungi leads yang sudah lama tidak ada kabarnya

Itulah empat poinnya. Sekarang bagaimana cara penerapannya?

Membuat Konten yang Sesuai Target

Dalam membuat konten yang sesuai target, Anda harus tahu terlebih dahulu apa yang mereka butuhkan. Dengan begitu, Anda bisa menjadikan konten tersebut sebagai solusi dari masalah yang sedang dialami oleh konsumen potensial. Dari sana, mereka akan melihat bahwa produk atau jasa Anda bisa membantu mereka menyelesaikan masalah yang ada. 

Buatlah Konten Berdasarkan Pengalaman Para Ahli

Dalam membuat konten, Anda juga bisa melakukan wawancara dengan para ahli yang memang sesuai konten. Misal Anda ingin membuat konten tentang kelebihan memiliki website bisnis. Maka Anda bisa mewawancarai seorang digital marketer yang sudah tahu bagaimana dampak positif dari memiliki website bisnis. Dengan adanya komentar dari ahlinya, maka konsumen akan lebih percaya isi konten tersebut.

Jangan Lupa Kontak Leads yang Sudah Lama Tidak Ada Kabar

Ya, Anda jangan lupa untuk menjalin hubungan kembali dengan leads yang sudah tidak ada kabarnya. Dari kembali menjalin hubungan, maka leads tersebut bisa kembali menyadari kehadiran bisnis Anda. Merekapun bisa mulai kembali tertarik menggunakan produk yang Anda pasarkan.

Baca Juga: Mengenal Affiliate Marketing Dalam Dunia Internet Marketing

Itulah penjelasan tentang zero waste marketing. Semoga informasi yang diberikan di artikel ini bisa memberikan manfaat sekaligus wawasan terbaru kepada Anda. Jangan lupa untuk memberikan komentar tentang artikel ini dan share artikel ini di media sosial Anda agar semakin banyak yang tahu informasi ini.

 

Timotius
Timotius
Hello, I'm Timo. Working in the media industry since 2014, I want to absorb more experience in this industry and provide the best for my profession as a Content Writer.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *