5 Strategi SEO On Page
5 Strategi SEO On Page Yang Mudah Dan Efektif
Februari 10, 2020
Mengenal Google Analytics Spam
Mengenal Google Analytics Spam yang Berbahaya
Februari 10, 2020
Show all

Mengetahui Google Voice Search Beserta Fiturnya

Mengetahui Google Voice Search Beserta Fiturnya

Mengetahui Google Voice Search Beserta Fiturnya

Raksasa teknologi Google selalu memberikan produk dan inovasi terbaiknya untuk masyarakat dunia. Bisa dibilang, hampir seluruh produk Google memberikan kemudahan tersendiri di dalam menjalani aktivitas. Dimulai dari Google Search Engine, Google Maps, hingga Google Drive yang biasa digunakan untuk bekerja. Namun Google tidak hanya berhenti di situ saja. Mereka terus melihat peluang dalam memanfaatkan teknologi sekaligus kemampuan manusia dalam berbicara. Maka dari itu, muncul Google Voice Search.

Google Voice Search atau Search by Voice adalah produk dari Google yang diluncurkan pada tahun 2012 dengan fokus utama memanfaatkan suara manusia. Bagaimana caranya? Sesuai namanya, Anda bisa menggunakan Google Search Engine dengan memberikan pesan lewat suara, bukan hanya lewat ketika tangan saja. Jadi dengan mengucapkan kalimat yang tepat berdasarkan keyword yang memang ingin Anda cari, maka secara otomatis, Voice Search langsung mencarinya.

Bagi sebagian besar orang, tentunya ini adalah terobosan yang besar. Bagaimana tidak, ketika sebelumnya semua harus diketik, sekarang hanya dengan berbicara, Anda bisa mendapatkan informasi yang dibutuhkan. Kemudahan yang ditawarkan Google Voice Search membuat penggunanya semakin banyak. Hebatnya lagi, Anda tidak hanya bisa menggunakan produk ini di laptop atau PC saja, tetapi juga di smartphone yang dimiliki. Malah sebenarnya, penggunaannya lebih ramah untuk  smartphone.

Dalam produk ini, ada berbagai macam fitur yang dalam beberapa tahun terakhir mengalami pembaruan. Apa saja fitur dari Google Voice Search?

Bisa Digunakan Oleh Puluhan Bahasa

Sebagai produk yang menggunakan suara manusia agar bisa berjalan dengan baik, Google melihat bahwa harus semakin banyak yang bisa digunakan, tidak hanya bahasa Inggris. Demi bisa memenuhi kebutuhan berbagai macam masyarakat dunia dengan bahasa yang berbeda-beda, akhirnya Google Voice Search bisa digunakan dengan puluhan bahasa. Dimulai dari Afrikaans, Amharic, Armenian, Azerbaijani, Basque, Bangla, Bulgarian, Burmese, Catalan, Czech, Danish, Dutch, English, Filipino. Lalu ada Finnish, French, Galician, Georgian, German, Greek, Gujarati, Hebrew, Hungarian, Icelandic, Italian, Indonesian, Japanese, Javanese, Kannada, Korean, Khmer. Dilanjutkan Lao, Latin, Latin American Spanish, Latvian, Lithuanian, Mandarin, Chinese, Malay, Malayalam, Marathi, Nepali, Norwegian, Persian, Polish, Portuguese, Romanian. Ada Russian, Serbian, Sinhala, Slovak, Spanish, Sundanese, Swahili, Swedish, Tamil, Telugu, Turkish, Urdu, Yue Chinese (Traditional Hong Kong), Zulu, Vietnamese.

Dengan banyaknya bahasa yang bisa menggunakan produk Google ini, maka semakin banyak pula orang yang menggunakan produk ini. Walaupun memang bahasa-bahasa di atas tidak keluar secara berbarengan, usaha Google tetap harus apresiasi. 

Baca Juga: 2 Tips dari Google untuk Meningkatkan Konten Website Anda

Sudah Terintegrasi Dengan Berbagai Produk Google Lainnya

Dengan banyaknya produk yang dimiliki Google, tentu saja ada berbagai macam produk yang bisa saling bekerja satu sama lain. Saling berkolaborasi. Itu juga yang terjadi dengan Google Voice Search. Dimulai dari Google Search Engine, Google Maps, hingga YouTube, semuanya bisa menggunakan produk ini. Dengan begitu, Anda tidak perlu kebingungan di dalam memasukkan keyword  dengan cara mengetik. Kemudahan memang selalu ditawarkan oleh Google, termasuk dengan diciptakannya Voice Search ini.

Bagi Anda memang ingin lebih mudah dalam menggunakan produk-produk Google, jangan sampai lewatkan teknologi ini. Dengan menggunakannya, Anda pasti lebih mudah juga dalam menjalani aktivitas sehari-hari. Memang harus diakui bahwa Google telah memberikan kemudahan kepada sebagian besar orang, termasuk Anda. Semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda.

Farhan Agassi
Farhan Agassi
I am Farhan Agassi, content writer at Toffeedev. technology enthusiast, and avid any kind of entertainment watcher.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *