Penyebab Konten Duplikat
Penyebab Konten Duplikat Dalam Website Anda
April 3, 2020
Digital Marketing Specialist Adalah
Mengenal Profesi Digital Marketing Specialist
April 6, 2020
Show all

Link Tidak Bisa Dibuka? Berikut Alasan – Alasannya

Penyebab Link Tidak bisa Dibuka

Penyebab Link Tidak bisa Dibuka

Link yang tidak bisa dibuka adalah masalah yang akan sangat mengganggu, terutama untuk SEO dan UX Anda. Tanda –  tandanya adalah munculnya pesan – pesan seperti ini: 

  • 404 Not Found
  • 403 Forbidden
  • 500 Internal Server Errors
  • Dan masih banyak lagi

Ada beberapa hal yang akan menyebabkan hal ini terjadi. Pada artikel kali ini kita akan membahas mengenai masalah ini. Dengan mengetahui apa saja masalah yang bisa menyebabkan hal ini, Anda juga bisa mengetahui solusi untuk memperbaikinya.

Masalah #1 : Kesalahan dalam Setting DNS

Salah satu masalah dari link yang tidak bisa dibuka adalah kesalahan dalam setting DNS yang bisa menyebabkan tidak bisa dibukanya website Anda. 

Solusinya adalah dengan memperbaiki DNS Anda dengan menggunakan control panel cpanel. Untuk mengubah nameserver, silahkan masuk ke domain panel Anda (bukan cpanel).

Masalah #2 : File Index Tidak ada atau Kosong

Server website akan mencoba untuk mengakses file index seperti index.html, index.htm, index.php (secara berurutan) ketika seorang user mencoba untuk mengunjungi website Anda.

Jika salah satu dari file tersebut tidak ditemukan, maka server website akan menampilkan pesan error seperti error document, No Index file, atau menampilkan daftar semua file dan folder yang ada di dalam akun Anda.

Jika file index kosong (tidak ada isinya) program browser internet yang Anda gunakan akan menampilkan halaman kosong. Jika halaman index Anda berupa index.php, maka munculnya halaman kosong bisa juga disebabkan karena adanya error dalam file index.php Anda dan server website telah di setting untuk menampilkan halaman kosong jika terjadi sebuah error. 

Solusinya adalah dengan memeriksa apakah file tersebut ada di public_html ada atau tidak, apakah ada isinya atau tidak.

Masalah #3 : Nama Domain Telah Kadaluarsa atau Expired

Domain bisa expired jika Anda tidak memperpanjang masanya, dan akan dikunci atau dialihkan ke sebuah halaman yang disebut domain parking

Setelah masa domain expired berakhir, domain tersebut akan memasuki masa deleted, dimana masih ada kemungkinan untuk di restore. Tentu saja dengan biaya yang tinggi dengan biaya yang tinggi. Jika domain terlalu lama tidak diperpanjang, maka akan tidak bisa diperpanjang lagi untuk selamanya namun beberapa domain ada yang bisa dibeli lagi oleh orang lain.

Solusi yang bisa Anda lakukan adalah segera perpanjang domain Anda, sebelum jangka waktu yang sudah ditentukan.

Masalah #4 : Traffic yang Berlebihan

Server dengan bandwidth yang terbatas dan juga kecil akan menimbulkan masalah yang merepotkan. Kelebihan traffic biasanya disebabkan oleh banyaknya pengunjung yang masuk ke dalam website. Bisa disebabkan oleh postingan atau website yang berhasil viral, sehingga traffic menuju website akan membludak, namun server tidak memiliki kemampuan untuk menampung ledakan pengunjung tersebut. Fenomena ini biasa dialami oleh situs berskala kecil.

Baca Juga: Perbaiki Broken Internal Links Demi Tingkatkan Website

Solusinya bisa dengan meningkatkan performa server agar bisa memberikan bandwith yang besar. Yang tentu saja akan memerlukan biaya yang cukup besar. Namun bila sesuai dengan budget Anda, maka tidak ada salahnya melakukan hal ini.

Kesimpulan

Beberapa masalah di atas sering menyebabkan link yang tidak bisa diakses yang tentu saja akan merusak pengalaman Anda dalam menjelajahi internet. Namun dengan mengetahui berbagai masalah tersebut Anda bisa menemukan berbagai solusi yang dapat mengatasi masalah Anda.

Apabila Anda memiliki pertanyaan atau pendapat yang berbeda silahkan bagikan pada kolom komentar, dan jangan lupa untuk share artikel ini.

Timotius
Timotius
Hello, I'm Timo. Working in the media industry since 2014, I want to absorb more experience in this industry and provide the best for my profession as a Content Writer.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *