Kenali Cloud dan CDN Hosting, dan Mana Yang Cocok Untuk Kebutuhan Anda
Oktober 21, 2019
Jasa SEO Dengan Ranking yang Terjamin? Apakah Hal itu Benar Adanya?
Oktober 28, 2019
Show all

Mulai Kampanye SEO Anda dengan Langkah-Langkah Berikut Ini

SEO concept with person using a laptop on a white table

Membuat SEO yang baik, dan sukses membutuhkan beberapa faktor. SEO di tahun 2019 sangat berbeda dengan SEO di tahun 2012. Banyak hal-hal yang berubah menyesuaikan dengan perubahan algoritma yang terjadi.

Panda, Penguin, Payday, dan masih banyak perubahan yang lain telah dirasakan oleh pengiat SEO. Cara pembuatan SEO pun sudah berubah. Di bawah ini saya akan menunjukan cara membuat SEO yang baik untuk anda.

RankBrain & Keyword Ranking

RankBrain adalah sebuah mesin yang mempelajari algoritma (AI) dari Google yang digunakan untuk menyusun hasil pencarian. Ini akan menolong Google untuk memproses dan mengerti query pencarian yang akan membantu anda untuk membuat SEO.

Keyword ranking dan riset telah banyak berubah secara drastis akibat dari perubahan algoritma yang terjadi. Google lebih memahami user intent dibanding keyword, Google dapat mengidentifikasi sinonim dari sebuah keyword dengan spesifik.

Sehingga kini optimasi keyword seakan tergantikan, optimasi konten adalah hal yang lebih penting.

RankBrain akan mempelajari keyword yang baru setiap harinya. Sehingga hasil pencarian lebih user-friendly, memudahkan pengguna untuk menemukan apa yang sebenarnya ingin dicari.

Hal diatas adalah poin penting dari SEO di tahun 2019, dengan memahami poin diatas maka anda sudah siap untuk membuat kampanye SEO anda.

1. Analisa Pengaturan dari Website Anda

Hal dasar yang perlu anda ketahui adalah mengenai website anda sendiri. Bila anda tidak “mengenal” website anda, tentu anda akan kebingungan untuk mengetahui bagian apa yang harus dioptimalkan atau apa yang harus dikerjakan.

  • Apa platform dari website anda?

Apakah platform anda up-to-date atau malah outdated? Faktor ini sangat penting untuk membuat SEO. Platform yang lebih modern seperti WordPress dan HubSpot, lebih cepat, aman dan lebih mudah untuk di optimalkan.

Akan lebih murah untuk memindahkan website anda ke platform yang lebih modern dibandingkan membayar seseorang untuk mengoptimalkan platform yang outdated.

  • Bagaimana dengan desain? Apakah anda harus menggantinya?

Memutuskan untuk mengganti desain website bukanlah hal yang mudah. Bisa saja desain yang sekarang anda gunakan memiliki nilai tersendiri untuk anda atau perusahaan anda. Namun tidak didesain untuk SEO dan tidak user-friendly.

Bukan hanya keyword dan strategi saja, website yang user-friendly akan sangat mempengaruhi hasil dari SEO anda.

 

2. Membuat Topic & Keyword Research

Seperti yang kita tahu, optimasi pada topik adalah hal yang lebih penting dibanding keyword. Namun bukan berarti kita bisa menggunakan keyword yang asal-asalan. Riset keyword tetap hal yang penting.

Riset dilakukan untuk mengetahui keyword seperti apa yang sesuai dengan topik, yang akan dioptimasi.

Topik adalah hal pertama yang harus anda tentukan, anda bisa mendapatkan ide untuk topik dengan brainstorming terlebih dahulu. Dan topik biasanya hanya terdiri dari 2 suku kata.

Setelah memiliki topik, lakukan riset untuk mengetahui bagian mana dari website anda yang akan di optimasi. Bisa dengan menggunakan SEMRush atau tools lain yang bisa anda gunakan.

Perhatikan keyword apa saja yang mendapat ranking, lalu perhatikan keyword kompetitor anda. Setelah itu manfaatkan tools yang ada untuk melakukan riset. Setelah anda mendapatkan hasil dari riset, anda dapat memilih keyword apa saja yang akan anda asosiasikan dengan topik konten anda.

 

3. Bangunlah Pillar Content Strategi Anda

Bila anda tidak memanfaatkan konten dengan baik maka anda dapat kehilangan ranking yang cukup signifikan, karena saat ini konten adalah inti dari sebuah website. Sama halnya dengan algoritma Google, cara membuat konten SEO telah berubah.

Riset long-tail keyword adalah hal yang sangat penting dilakukan untuk membentuk content strategy anda. Long-tail Keyword ini akan dimanfaatkan sebagai judul dari artikel, atau bisa disebut sebagai pillar content pieces.

Pillar content adalah sebuah konten yang panjang bisa berbentuk E-book atau sebuah panduan mengenai beberapa topik spesifik yang sudah pernah dibuat ataupun konten terbaru. Idenya adalah, para pengunjung akan membaca konten ini dan menghabiskan waktu mereka untuk membacanya dan mendapatkan informasi yang lebih dari apa yang sekedar dicari.

Topic cluster digunakan untuk mendukung pillar content ini. Gunakan long-tail Keyword untuk membuat konten yang relevan yang akan merujuk kembali ke content pillar anda.

Sumber: HubSpot.com

Dengan me-link kembali konten yang anda buat menuju Pillar content yang sudah dibuat, anda seakan-akan memberitahu Google bahwa halaman dan konten yang ada disekitarnya adalah bagian vital untuk website anda dan menjelaskan apa yang anda lakukan untuk pengguna anda.

Hal ini akan membantu website anda mencapai ranking yang lebih tinggi.

4. Lakukan SEO Audit

Audit SEO adalah langkah awal dalam membuat SEO anda. Oleh karena itu sangat penting untuk memahami cara untuk melakukan audit SEO. Audit akan membantu anda untuk mengetahui bagian mana yang membutuhkan peningkatan untuk on-page SEO anda. DAn juga dapat memberikan anda informasi mengenai strength dan weakness dari off-site SEO anda.

SEMRush, Moz, and ahrefs menyediakan tools yang bisa digunakan untuk mengaudit SEO anda.

5. Tentukan dan Track Goals Anda

Jangan pernah lupa untuk menentukan ide anda dari awal. Goals adalah hal yang harus anda capai dengan strategi SEO anda. Jangan lupa juga untuk men-track Goals anda agar strategi SEO yang anda buat tidak menyimpang dan sesuai dengan Goals yang sudah anda tentukan dan juga dapat menjadi indikator apakah SEO yang anda lakukan sudah berhasil atau belum.

Hal terbaik yang bisa anda ukur adalah apa yang dilakukan orang-orang ketika sampai di website anda. Dengan melacak user behaviour maka anda dapat mengetahui apakah orang datang menuju website anda, dan apakah mereka enjoy dengan website anda.

Semua ini bisa anda interpretasikan dengan melihat jumlah kunjungan, bounce rate, dan engagement website anda. Google analytics adalah salah satu tool yang bisa anda manfaatkan.

6. Kerjakan On-Site Optimization Anda

Bila anda sudah memiliki Goals dan strategi yang sudah di set untuk di track, maka proses selanjutnya adalah mengimplementasikan hal -hal tersebut.

Pastikan situs anda bebas dari error-error yang ada. Dan pastikan anda memiliki PIllar Content,dengan begitu anda bisa memasukan sebuah internal link menuju pillar content anda. Dan lakukan optimasi konten dengan targeted keyword anda.

 

7. Kerjakan Local SEO Anda

Local SEO akan membantu bisnis lokal untuk mempromosikan bisnis dan jasa anda untuk konsumen lokal, saat mereka sedang mencari mengenai sebuah bisnis yang sesuai dengan tipe bisnis anda.

Pastikan Google My Business anda telah berjalan, dan perhatikan apakah alamat yang tertera benar dan sesuai dengan apa yang ada di website anda. Maksimalkan proses ini dengan menambahkan gambar, dan deskripsi dari bisnis anda.

 

8. Back Link

Link building adalah hal yang penting untuk SEO.

Search engine akan menggunakan link untuk menemukan halaman situs yang baru dan menolong search engine untuk menentukan seberapa baik sebuah halaman agar mendapat ranking di hasil pencarian mereka.

Pastikan situs-situs yang me-link ke website anda tidak ada yang toxic yang akan merusak website anda dalam jangka waktu yang panjang.

Tujuan akhir dari mempelajari cara membuat SEO ini adalah mengokohkan pengetahuan anda dan agar anda paham bagaimana memulai sebuah strategi SEO.

Satu hal yang harus anda perhatikan, SEO yang berhasil adalah SEO yang diatur dengan hati-hati dan selalu di optimisasi untuk hasil yang terbaik. SEO bukanlah hal yang dilakukan sekali saja.

Bagaimana apakah hal diatas dapat membantu anda untuk mengetahui cara membuat SEO? Bila anda memiliki pendapat yang lain, bagikan di kolom komentar.

Farhan Agassi
Farhan Agassi
I am Farhan Agassi, content writer at Toffeedev. technology enthusiast, and avid any kind of entertainment watcher.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *