Belajar Marketing Funnel
Pengertian dan Belajar Marketing Funnel 
Juni 29, 2020
Affiliate Marketing Adalah
Mengenal Affiliate Marketing Dalam Dunia Internet Marketing
Juni 29, 2020
Show all

Optimasi Google Trends Indonesia Untuk Digital Marketing

Google Trends Indonesia

Google Trends Indonesia

Google adalah raksasa teknologi dunia yang telah memberikan inovasi dalam bentuk barisan produk yang sangat bermanfaat. Anda pasti selalu menggunakan produk dari Google setiap harinya. Dimulai dari Google Search Engine, Gmail. Google Maps, dan lainnya. Namun selain itu, masih ada produk Google lainnya yang berguna, khususnya untuk digital marketing, yaitu Google Trends Indonesia.

Sesuai namanya, Google Trends adalah salah satu inovasi dari Google yang bisa menyajikan data cukup lengkap tentang tren pencarian di berbagai negara, termasuk di Indonesia sendiri. Dengan begitu, Anda bisa tahu isu-isu apa saja yang sedang naik daun di setiap negara. Tentu saja keberadaan Google Trends sangat membantu dalam digital marketing. Mengapa bisa begitu?

Bagi yang belum tahu, salah satu strategi dalam digital marketing adalah SEO (Search Engine Optimization). Dengan SEO, maka Anda bisa menaikkan traffic ke dalam website dan juga menaikkan brand awareness produk yang dipasarkan. Untuk bisa mendapatkan hasil seperti itu, Anda harus tahu bagaimana caranya menarik traffic ke dalam website. Tentu saja caranya adalah menggunakan SEO yang dibentuk dalam bentuk konten.

Untuk pembahasan di dalam kontennya sendiri, Anda harus memilih yang memang sedang banyak dicari di Google. Itulah yang akhirnya membuat Google Trends menjadi penting untuk dioptimalkan. Sebenarnya bagaimana caranya melakukan optimasi Google Trends Indonesia untuk digital marketing? Untuk menjawab pertanyaan tersebut, simak penjelasan lengkapnya di bawah ini.

Masuk ke Dalam Website Google Trends

Untuk mengawalinya, Anda harus masuk ke dalam website Google Trends Indonesia. Perlu diingat, untuk bisa menggunakan Google Trends, Anda harus memiliki akun Gmail terlebih dahulu. Jika sudah, Anda akan disajikan beragam data yang terkait tentang tren saat ini. Ada beragam pilihan data yang ditampilkan. Dimulai dari featured stories yang saat ini sedang fokus dengan Coronavirus dan recently trending yang memberikan data tren yang sedang banyak dicari pada saat itu.

Gunakan Fitur Search

Untuk bisa mencari topik yang bermanfaat dan bisa Anda bahas di website bisnis Anda, maka gunakan fitur Search. Ketika Anda mencari sebuah kata kunci di sana, maka Anda bisa mendapatkan data-data menarik lainnya yang bisa melihat bagaimana tren tersebut hari ini.

Anda bisa melihat data dari 1 tahun lalu hingga memiliki custom range. Kemudian Anda bisa melihat data tren dari kata kunci tersebut di berbagai provinsi di Indonesia. Jadi Anda bisa melihat daerah mana saja yang memang lebih tertarik terhadap kata kunci itu. 

Ditambah lagi, Anda bisa melihat data penunjang lainnya yaitu related topics dan related queries. Jadi, Anda bisa mendapatkan ide-ide tambahan dari data tersebut. Secara garis besar, Anda bisa lebih mudah mendapatkan kata kunci yang paling tepat serta pembahasannya apa untuk dibuat dalam bentuk konten.

Baca Juga: Mengenal Seluk Beluk Google Trends yang Berguna

Itulah bagaimana cara optimasi Google Trend Indonesia untuk digital marketing. Jadi, mau untuk SEO, media sosial, dan medium marketing lainnya, bisa jauh lebih terbantu dengan adanya Google Trends. Tentunya produk ini bisa Anda gunakan secara gratis. 

Semoga informasi yang diberikan di artikel ini bisa memberikan manfaat sekaligus wawasan terbaru kepada Anda. Jangan lupa untuk memberikan komentar tentang artikel ini dan share artikel ini di media sosial Anda agar semakin banyak yang tahu informasi ini.

Timotius
Timotius
Hello, I'm Timo. Working in the media industry since 2014, I want to absorb more experience in this industry and provide the best for my profession as a Content Writer.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *