Content Injection Attack Anda Harus Hati Hati Akan Hal Ini
Content Injection Attack, Anda Harus Hati-Hati Akan Hal Ini
Maret 23, 2020
Show all

Teknik SEO Pemula yang Mudah Dilakukan

Teknik SEO Pemula

Teknik SEO Pemula

Seiring berjalannya waktu, mulai banyak bisnis dan individu yang tertarik dengan Search Engine Optimization (SEO). Sebagai sebuah strategi bisnis dalam bagian digital marketing, SEO sebenarnya bisa dilakukan oleh pemula. Ada beberapa teknik SEO pemula yang mudah dilakukan, asalkan mengikuti langkah-langkahnya dengan baik. Walaupun sebenarnya untuk bisa menjadi master SEO harus memiliki knowledge yang mendalam serta wajib memiliki pengalaman yang panjang, Anda yang baru mengenal SEO tidak perlu ragu untuk mencobanya.

SEO sebenarnya bisa dilakukan oleh semua orang. Paling penting adalah mendapatkan informasi tentang SEO dari sumber yang tepat dan mau terus belajar dengan giat. Kegagalan dan keberhasilan pasti akan dirasakan dalam perjalanannya. Jadi, bagaimana teknik SEO pemula yang mudah dilakukan? Di bawah ini, semuanya akan dibahas secara rinci dan mendalam sehingga Anda tahu bagaimana memulai strategi SEO yang baik.

Pahami Konsep Dasar SEO

Langkah pertama dalam mengetahui teknik SEO pemula adalah memahami konsep dasar SEO. SEO adalah sebuah strategi yang digunakan untuk melalukan optimasi halaman website di mesin pencari atau search engine untuk mendapatkan trafik. Dengan menerapkan SEO, maka halaman website milik Anda bisa berada di halaman pertama mesin pencari Google sesuai dengan keyword yang digunakan.

SEO mencoba untuk menghindari halaman kedua dari mesin pencari. Ketika halaman website tersebut tidak bisa sampai ke halaman pertama, maka para pengguna tidak akan bisa menemukan halaman tersebut karena cukup jarang ada orang yang ingin masuk ke halaman kedua mesin pencari. Maka dari itu, dilakukanlah optimasi halaman website melalui SEO agar bisa berada di halaman pertama dan bisa mendapatkan trafik. 

Lakukan Optimasi Website

Jika Anda sudah tahu konsep dasar SEO, maka Anda harus tahu apa saja cara untuk optimasi website. Dimulai dari optimasi kecepatan website, install SSL/TLS, optimasi perangkat mobile, buat Sitemap XML dan HTML, memasang Google Analytics di website, memasang Google Search Console, dan terakhir memasang Yoast SEO untuk menunjang optimasi konten.

Buatlah Konten Sesuai Keyword

Selanjutnya, Anda wajib membuat konten sesuai keyword. Tanpa adanya keyword, proses optimasi SEO tidak akan bisa dilakukan secara lancar. Caranya adalah Anda harus melakukan riset keyword dengan beberapa tools yang tersedia, seperti Ubersuggest dan SEMrush. Kemudian dari keyword tersebut, Anda bisa membuat konten dalam bentuk artikel yang dimasukkan jumlah keyword yang ingin dioptimasi.

Baca Juga: 4 Manfaat SEO Sebagai Penambah Income

Pembuatan konten tersebut haruslah lengkap dan solutif agar bisa menjawab pertanyaan dari para pengguna internet yang membaca. Terakhir, Anda juga harus membuat judul konten yang menarik. Boleh dengan cara clickbait, tapi bukan hanya berisi omong kosong. Clickbait tersebut harus tetap relevan dengan isi artikel. 

Optimasi SEO On Page dan Off Page

Setelah membuat konten, proses optimasi SEO tidak berhenti di situ. Anda harus melakukan optimasi dari segi On Page dan Off Page. Untuk optimasi On Page, bisa menggunakan Yoast SEO. Selain itu bisa juga dengan melakukan optimasi heading, permalink, menambahkan media foto dan visual, menggunakan LSI keyword, hingga membuat link yang ada di dalam konten menjadi open in new tab.

Untuk Off Page, bisa dengan menggunakan backlink atau inbound link. Selain itu memperbaiki website dari sisi dalamnya (yang tidak bisa terlihat oleh para pengguna) juga wajib Anda lakukan.

Itulah teknik SEO pemula yang mudah dilakukan. Jangan lupa berikan komentar dan share artikel ini. Semoga informasi tentang SEO ini berguna untuk Anda.

Timotius
Timotius
Hello, I'm Timo. Working in the media industry since 2014, I want to absorb more experience in this industry and provide the best for my profession as a Content Writer.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *