Cara Menaikkan Followers IG Instagram Marketing
Cara Menaikkan Followers IG (Instagram Marketing)
Juni 18, 2020
Pentingnya Clear Cache Browser
Cara dan Fungsi dari Clear Cache Browser
Juni 19, 2020
Show all

Pengertian, Manfaat, dan Cara Daftar Google My Business

Penggunaan Google My Business

Penggunaan Google My Business

Sebagai raksasa teknologi dunia, Google selalu mencoba inovasi baru agar bisa dipakai oleh bisnis di luar sana. Salah satunya adalah dengan membuat fitur bernama Google My Business. Apa itu Google My Business?

Google My Business adalah sebuah fitur yang diciptakan oleh Google agar bisa mempermudah calon konsumen dalam menemukan bisnis Anda. Informasi apa saja yang biasanya ada di dalamnya dan terhitung penting? Informasi tersebut dimulai dari nama perusahaan, alamat perusahaan, kontak perusahaan, alamt e-mail, website, jam operasional, foto yang terkait perusahaan, dan review dari konsumen yang telah menggunakan jasa/produk bisnis tersebut.

Dari sedikit penjelasan dari Google Bisnisku (nama lain dari Google My Business), maka Anda sudah melihat bagaimana pentingnya memiliki hal ini. Penggunaan fitur ini memang seharusnya sudah dilakukan oleh semua perusahaan. Bagusnya lagi, Google Bisnisku tidak mementingkan seberapa besar perusahaan Anda. Asalkan memang memiliki bisnis, maka Anda bisa mendaftarkannya.

Untuk mengetahui beberapa manfaat dan tentunya cara daftar dari fitur gratis dari Google ini, simak penjelasan lengkapnya di bawah ini.

Manfaat Google My Business

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, cukup banyak manfaat yang bisa terlihat dari pengertiannya itu sendiri. Namun selain itu, masih ada beberapa manfaat lainnya yang bisa berguna bagi bisnis Anda. Dimulai dari:

  • Mudah Untuk Ditemukan

Google Bisnisku bisa membuat perusahaan Anda jauh lebih mudah ditemukan. Dengan memasukkan nama perusahaan di Google Search Engine, maka informasi terkait perusahaan Anda bisa langsung muncul. Jadi, kemudahan yang ditawarkan bisa mendatangkan konsumen baru untuk perusahaan Anda.

  • Menjadi Pusat Informasi

Selain bisa mudah untuk ditemukan, keberadaan informasi yang ada di dalamnya bisa menjadi pusat informasi terkait bisnis Anda. Apalagi dari sekian banyak informasi yang ada, semuanya itu terhitung penting. dari nama perusahaan, alamat perusahaan, kontak perusahaan, alamt e-mail, website, jam operasional, foto yang terkait perusahaan, dan review dari konsumen yang telah menggunakan jasa/produk perusahaan Anda. Tidak ada yang tidak penting.

  • Meningkatkan Kepercayaan

Jika perusahaan Anda mudah ditemukan di dalam Google Search Engine karena sudah masuk Google Bisnisku, maka membuat konsumen menjadi lebih percaya. Apalagi dengan segala bentuk informasi yang ada membuat kenyamanan berbelanja menjadi lebih terjamin.

Cara Daftar Google My Business

Untuk bisa mendaftarkan perusahaan Anda di dalam Google Bisnisku, ada beberapa langkah yang harus Anda lakukan:

  1. Masuk ke dalam https://www.google.co.id/intl/id/business/
  2. Klik “Mulai Sekarang/Start Now” lalu masuk ke halaman login akun Gmail Anda
  3. Anda harus mengisi form berisi data bisnis yang nantinya muncul di dalam Google Bisnisku
  4. Jika sudah, lanjut mengisi alamat perusahaan Anda
  5. Anda harus mengisi kategori bisnis/usaha Anda
  6. Tahap selanjutnya masukkan kontak yang bisa dihubungi (nmor telepon hingga website)
  7. Jika sudah semuanya, Anda tinggal klik “Selesai/Done”
  8. Langkah terakhir adalah Anda diminta untuk verifikasi via e-mail yang sudah dikirimkan ke akun Gmail Anda
  9. Google bisa memberikan konfirmasi dalam bentuk kartu pos agar bisa lebih meyakinkan

Baca Juga: Memanfaatkan Google Trend SEO Untuk Trafik Website

Itulah pengertian, manfaat, dan cara daftar Google My Business. Semoga informasi yang diberikan di artikel ini bisa memberikan manfaat sekaligus wawasan terbaru kepada Anda. Jangan lupa untuk memberikan komentar tentang artikel ini dan share artikel ini di media sosial Anda agar semakin banyak yang tahu informasi ini.

Timotius
Timotius
Hello, I'm Timo. Working in the media industry since 2014, I want to absorb more experience in this industry and provide the best for my profession as a Content Writer.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *