Facebook Untuk Bisnis
CARA MEMAKSIMALKAN FACEBOOK UNTUK BISNIS
Januari 20, 2020
SEO ALT
Penjelasan Lengkap Image SEO Dengan Alt Text
Januari 21, 2020
Show all

Pengertian SEO On Page, Teknik Penting Kontent!

ON PAGE SEO

ON PAGE SEO

Strategi SEO semakin sering digunakan pada saat ini karena bisa menaikkan pengunjung di website bisnis Anda. Semakin banyak pengunjung ke dalam website, maka brand awareness dan leads juga bisa didapatkan. Inilah yang membuat para pebisnis sadar bahwa SEO bisa membawa bisnis ke level yang selanjutnya.

Di dalam strategi SEO, terdapat banyak komponen yang harus dikerjakan, salah satunya adalah SEO On Page. Mungkin banyak yang belum tahu apa pengertian SEO On Page itu sendiri. Padahal di dalam mengaplikasikan SEO di dalam website, pengerjaan SEO On Page sangatlah penting karena banyak hal yang harus diperhatikan.

Sebenarnya apa pengertian SEO On Page itu? Lalu apa saja yang harus dikerjakan di dalam SEO On Page agar bisa menaikkan pengunjung ke dalam website? Bagi yang penasaran atau baru pertama kali mengenal SEO On Page, simak penjelasannya di bawah ini.

Baca Juga : 5 Tren Konten Terbaik Untuk 2020

Definisi SEO On Page

SEO On Page adalah usaha melakukan optimasi di on page alias bagian di dalam website yang paling banyak dilihat oleh para pengunjung website. Jika Anda masuk ke dalam sebuah website lalu melihat isinya tidak menarik, maka Anda pasti tidak mau berlama-lama browsing website tersebut. Itulah yang ingin dihindari dengan melakukan pengerjaan SEO On Page.

SEO On Page memiliki empat tujuan setelah dikerjakan yaitu bisa bermanfaat untuk pengunjung website, bisa memudahkan pengunjung saat melakukan eksplorasi, pengunjung bisa nyaman eksplorasi di dalamnya, serta mesin pencari bisa mengerti struktur website tersebut. Dengan banyaknya manfaat dari SEO On Page, maka perlu perhatian khusus untuk mengerjakannya.

Poin-Poin Utama SEO On Page

Untuk bisa tahu lebih dalam tentang SEO On Page, Anda harus tahu poin-poin utama yang harus dikerjakan. Ada 10 poin yang harus dikerjakan dan semuanya memiliki peran yang sama-sama penting agar bisa mendapatkan seluruh manfaat yang telah dituliskan sebelumnya di atas.

Konten

Konten menjadi bagian yang sangat penting untuk keberadaan website. Jika tidak ada konten, maka tidak akan ada yang bisa dibaca di dalam website tersebut. Untuk itulah Anda harus membuat konten yang berkualitas. Dari segi copywriting hingga artikel yang digunakan, semuanya harus dilakukan dengan pengerjaan yang benar. Ambil konten yang memang diinginkan oleh masyarakat, bisa memberikan solusi, dan gaya penulisan yang harus baik juga. Di luar itu, jangan melakukan penjiplakan juga karena bisa dideteksi oleh Google sehingga memperburuk peringkat website Anda di Google.

Keyword

Strategi SEO tidak akan berjalan tanpa adanya keyword atau kata kunci. Dalam pembuatan konten, tentu saja harus didasari oleh keyword yang sedang banyak dicari oleh orang. Dengan begitu, konten tersebut juga bisa mendapatkan banyak pembaca. Jangan lupa untuk menaruh keyword di meta description, judul dan URL sehingga bisa mendapatkan optimasi yang lebih baik.

Judul

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, judul harus mengandung keyword. Namun jangan lupa untuk membuat judul yang menarik sekaligus menjual sehingga semakin banyak orang yang mau meng-klik link website Anda.

URL

Pembuatan URL untuk konten harus menggunakan rangkaian kata yang simpel. URL juga harus bisa deskripsikan isi dari konten tersebut. Kalau bisa jangan lupa memasukkan keyword agar lebih baik pula.

Meta description

Meta description harus diisi dengan keyword. Selain itu, gunakan rangkaian kata yang efektif dan bisa menggambarkan isi konten. Semakin bisa menarik perhatian orang, semakin bagus pula karena biasanya, sebelumnya mau meng-klik link website tersebut, kebanyakan orang memilih untuk membaca meta description terlebih dahulu.

Media gambar

Gunakan gambar yang berkualitas tinggi, tidak pecah, dan bisa menjelaskan isi dari konten tersebut. Jangan lupa untuk memasukkan alt text yang mengandung keyword agar gambar tersebut juga bisa dioptimasi.

Outbound link

Outbound link adalah memberikan link dari website yang ditaruh di dalam konten. Website tersebut pun harus yang terpercaya sehingga konten yang ada dipandang sebagai konten yang juga bisa dipercaya.

Internal link

Selain outbound link, Anda juga perlu menambahkan internal link yang bisa memudahkan navigasi. Pengunjung juga bisa lebih mudah dalam mencari konten-konten yang berhubungan lainnya.

Social sharing

Penggunaan media sosial semakin penting pada saat ini. Inilah yang harus Anda lakukan dengan konten yang ada di dalam website. Mudahkan pengunjung untuk bisa membagikan konten tersebut ke media sosial mereka. Selain itu jangan lupa juga bagikan konten tersebut di media sosial bisnis Anda sehingga semakin banyak orang yang bisa melihatnya.

Kecepatan website

Pastinya semua orang benci dengan website yang lambat saat berpindah-pindah halaman. Jangan sampai website Anda seperti itu karena alih-alih mendapatkan pengunjung yang banyak, yang ada malah orang malas untuk berlama-lama berada di website Anda. Ada beberapa faktor yang menentukan kecepatan website, seperti ukuran halaman yang terlalu besar, kualitas hosting yang dipakai, hingga  jumlah file .js dan .css di <head>.

Itulah pengertian SEO On Page yang efektif untuk menaikkan pengunjung. Dengan memperhatikan seluruh poin yang ada, website Anda bisa mendapatkan nilai SEO yang lebih baik. Semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda!

Rinaldo Linville
Rinaldo Linville
An Optimizer who also deeply passionate in music. Oh, I also likes coffee!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *