Apa Itu SoundCloud
Apa Itu SoundCloud? Mengapa Banyak Penggunanya?
Februari 18, 2020
Black Hat SEO
Black Hat SEO, Praktik SEO yang Harus Selalu Anda Hindari
Februari 18, 2020
Show all

Penjelasan Teknik White Hat SEO Yang Disukai Google

White Hat SEO

White Hat SEO

Search Engine Optimization (SEO) menjadi bagian penting dalam dunia bisnis saat ini. Banyak potensi yang bisa didapatkan jika mengaplikasikan strategi SEO untuk setiap jenis bisnis yang ada. Sebenarnya dalam SEO ada beberapa teknik yang bisa dijalankan, yaitu White Hat, Grey Hat, dan Black Hat. Dari ketiga teknik ini, White Hat menjadi teknik yang paling dianjurkan untuk dilakukan karena tidak melanggar aturan sama sekali alias jujur. Google sendiri juga lebih suka teknik White Hat dibandingkan dua lainnya.

Dalam menjalankan teknik ini, sebenarnya ada beberapa poin yang bisa dijadikan pegangan dan harus diketahui juga oleh Anda. Dimulai dari definisi hingga keunggulan yang dimiliki oleh White Hat SEO. Berikut penjelasan lebih lengkapnya.

Definisi White Hat

Pada dasarnya, White Hat adalah teknik SEO yang memiliki fokus untuk kehadiran manusia di dalam dunia internet. Teknik ini memang fokus untuk membuat manusia bisa lebih baik nyaman dalam browsing di internet. Selain itu, seperti yang sudah dijelaskan di atas, teknik ini tidak melanggar peraturan sama sekali. Artinya, seluruh peraturan yang sudah dibuat di search engine seperti Google pastinya dipatuhi oleh teknik ini.

Pada dasarnya ada beberapa cara menggunakan teknik ini, seperti:

  • Melakukan analisis keyword
  • Membuat link building
  • Membuat konten dalam bentuk artikel serta lainnya untuk pembaca manusia (bukan bot)

Bisa dibilang tiga cara di atas menjadi cara yang dilakukan di dalam teknik ini. Dengan pembuatan konten yang relevan sesuai analisis keyword yang ada, maka peringkat website yang dioptimasi bisa berada di ranking pertama atau halaman pertama search engine. 

Baca Juga: SEOQuake, Tool SEO yang Berguna & Efisien

Keunggulan White Hat

White Hat memiliki beberapa keunggulan yang bisa dirasakan oleh Anda dalam proses penggunaannya. Keunggulannya ada empat, yaitu:

  1. Biaya yang tidak terlalu mahal. Bagi banyak orang, khususnya para pebisnis, menekan biaya pengeluaran dan mendapatkan pendapatan sebanyak-banyaknya menjadi satu nilai yang penting. Untungnya dalam melakukan teknik White Hat, dari segi biaya tidaklah begitu mahal. Tidak sebesar dua teknik lainnya. Apalagi jika Anda menggunakan teknik ini untuk jangka waktu yang lama. Pengeluaran akan bisa lebih ditekan juga. Hasilnya pun juga positif.
  2. Sesuai aturan. Dalam melakukan optimasi dengan SEO, tentunya ada aturan yang harus diikuti supaya bisa mendapatkan hasil yang maksimal. Untungnya, teknik ini sudah pasti mengikuti aturan yang ada, sesuai dari Google sendiri. Jadinya dalam perjalanan penggunaan teknik ini, hasilnya akan terlihat meyakinkan. Kredibilitas dari website Anda pun juga lebih terpercaya.
  3. Tidak memiliki risiko. Teknik yang dijalankan ini sudah pasti 100% aman dan tidak memiliki risiko. Jadi Anda tidak perlu takut jika nantinya ada pengecekan oleh mesin Google itu sendiri. Peringkat website Anda sudah pasti tetap dalam kondisi yang aman walaupun ada perubahan algoritma dari Google.
  4. Investasi jangka panjang. Pelaksanaan teknik ini bisa memberikan hasil yang konsisten untuk bertahan di peringkat pertama mesin pencari atau halaman pertama. Jadinya Anda pasti mendapatkan investasi jangka panjang di dalam perjalanan penggunaan teknik ini.

Itulah penjelasan definisi White Hat SEO serta beberapa keunggulannya. Jangan sampai bisnis Anda salah memiliki teknik SEO. Sebaiknya gunakan teknik ini demi mendapatkan hasil yang setimpal dan tahan lama. Bagi yang tertarik untuk melakukan optimasi di website Anda, klik di sini untuk informasi lebih lanjut.

Ryan Adam
Ryan Adam
SEO Specialist di ToffeeDev sejak 2019

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *