Mengenal Sistem Kerja e Commerce
Mencari Tahu Sistem Kerja e-Commerce
April 17, 2020
Strategi Pemasaran di Facebook
Memilih Strategi Pemasaran Di Facebook
April 20, 2020
Show all

Inilah Perbedaan e-Commerce Dan e-Bisnis

Perbedaan e Commerce Dan e Bisnis

Perbedaan e Commerce Dan e Bisnis

Jika Anda sering mendengar istilah e-commerce dalam beberapa waktu terakhir, hal itu disebabkan oleh berkembangnya bisnis di sektor tersebut. Semakin banyak orang yang sadar bahwa bisa mendapatkan pundi-pundi pendapatan dari internet. Ditambah lagi dengan munculnya berbagai macam platform e-commerce yang semakin marak. Jadinya, setali tiga uang, semuanya saling bahu membahu untuk membantu menggerakkan roda ekonomi di Indonesia. Namun sebenarnya, selain ada e-Commerce, ada juga e-Bisnis. Mungkin Anda baru pertama kali mendengar tentang e-Bisnis. Juga masih belum tahu apa perbedaan e-Commerce dan e-Bisnis.

Dari nama, mungkin terdengar sama karena mengandung kata “e” di dalamnya yang memiliki arti elektronik. Namun jika dilihat secara lebih mendalam, sebenarnya ada perbedaan yang terasa. Inilah perbedaan e-Commerce, dan e-Bisnis.

e-Commerce

Bisa dibilang e-Commerce lebih terkenal dibandingkan e-Bisnis. Tidak dapat dipungkiri, dengan banyaknya e-Commerce yang bermunculan di pasaran serta semakin maraknya edukasi mengenai belanja online, akhirnya industri ini tumbuh secara cepat. Pada dasarnya, e-Commerce adalah aktivitas jual beli barang, penggantian, dan pelayanan untuk menjual atau membeli barang. Jadi e-Commerce menjadi satu paket lengkap dalam berbelanja online karena juga meliputi transfer uang yang hampir keseluruhan prosesnya menggunakan koneksi internet.

e-Bisnis

Namun bagaimana dengan e-Bisnis? Kalau Anda sudah jauh lebih tahu tentang e-Commerce, maka sekarang saatnya Anda juga tahu apa itu e-Bisnis. Secara garis besar, e-Bisnis adalah proses bisnis yang tidak melibatkan transaksi uang. Mungkin akan terdengar aneh ketika Anda tahu fakta ini.

Namun dengan kata “elektronik” dan “bisnis” di dalamnya, secara gamblang e-Bisnis mencakup semua tranksasi yang menggunakan internet. Ya, bisa dibilang e-Commerce merupakan bagian dalam e-Bisnis juga. Namun e-Bisnis tidak hanya mencakup urusan jual beli produk saja. Tetapi juga urusan pertukaran data, menjalin relasi dengan konsumen.

Apa Perbedaannya?

Dari penjelasan di atas sebenarnya sudah terlihat jelas apa perbedaan keduanya. e-Commerce adalah bagian dari e-Bisnis. Namun memang kata “e-Commerce” lebih sering didengar masyarakat karena lebih sering dilakukan dan secara praktik lebih mudah untuk dilakukan.

Namun selain itu, ada juga perbedaannya yang paling mendasar. e-Commerce selalu berorientasi dengan uang atau pendapatan yang bisa dihitung. Jika tidak begitu, maka tentu saja bisnis online tidak akan bisa berjalan. Itu pula yang menyebabkan lebih banyak orang mengenal e-Commerce. Namun berbeda dengan e-Bisnis. Istilah ini memang lebih dekat dengan kepentingan jangka panjang tanpa melibatkan uang. Jadi, kepercayaan pelanggan, pelayanan kepada konsumen, relasi antar mitra bisnis, peraturan kerja, dan lainnya yang di luar urusan uang menjadi nilai penting di e-bisnis. Selain itu, e-bisnis juga mengurus bagaimana melakukan pemasaran produk, mengatur ketersediaan produk, dan juga manajemen pemasok.

Jadi, ketika e-Commerce fokus dengan uang, e-Bisnis fokus dengan hal-hal lain di luar uang itu. Transaksi identik dengan e-Commerce, manajerial identik dengan e-Bisnis. Itulah perbedaan e-Commerce dan e-Bisnis yang sebenarnya secara jelas menjadi satu kesatuan namun berbeda praktik pekerjaannya.

Baca Juga: Mencari Tahu Sistem Kerja e-Commerce

Sekarang Anda sudah tahu apa perbedaan e-Commerce dan e-Bisnis. Semoga informasi yang kami berikan di artikel ini bisa memberikan manfaat sekaligus wawasan terbaru kepada Anda. Dengan era teknologi yang semakin maju saat ini, Anda tentunya harus tahu informasi ini. Jangan lupa untuk memberikan komentar tentang artikel ini dan share artikel ini di media sosial Anda.

Timotius
Timotius
Hello, I'm Timo. Working in the media industry since 2014, I want to absorb more experience in this industry and provide the best for my profession as a Content Writer.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *